Hubungan Makin Serius, Beberapa Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Berniat Menemui Calon Mertua

Relationship | Jumat, 16 Oktober 2020 18:15
Hubungan Makin Serius, Beberapa Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Berniat Menemui Calon Mertua

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Pertemuan pertama jangan sampe aneh-aneh ya..

Setiap hubungan percintaan memang seringkali dijalani dengan serius. Biasanya nih, bukti keseriusan itu akan semakin terlihat nyata, manakala si dia berniat mengenalkanmu ke orang tuanya.

Respon pertama pasti senang, tapi juga gugup di waktu yang sama. Kamu pasti kepikiran gimana pertemuan pertama nantinya, karena bagaimana pun juga hal ini pasti berdampak pada hubungan kalian selanjutnya.

Nah, sebelum menemui calon mertua untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih. Yuk, ikuti beberapa saran berikut ini, supaya pertemuanmu dengan calon mertua bisa berjalan mulus.

2 dari 5 halaman

1. Gunakan pakaian yang pantas

 Ilustrasi Memilih Pakaian untuk KencanIlustrasi Memilih Pakaian untuk Kencan © shutterstock.com/g/DeanDrobot

Hal pertama yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan. Karena bagaimana pun juga, penampilan adalah hal pertama yang terlihat dan kadangkala masuk dalam kriteria penilaian.

Sebisa mungkin hindari pakaian yang super ketat atau bahkan mungkin kurang bahan ya. Gunakan pakaian yang sopan, nyaman, tapi tetap sesuai dengan karaktermu.

2. Datang tepat waktu

Saat janjian untuk bertemu dengan calon mertua, sebisa mungkin jangan sampai terlambat ya. Entah kamu datang sendiri atau bersama pasanganmu, datanglah sesuai waktu yang disepakati.

Jangan biarkan calon mertua menunggu terlalu lama atau bahkan memberi kesan yang buruk di awal pertemuan.

3 dari 5 halaman

3. Cari tahu soal calon mertua

 Ilustrasi MengobrolIlustrasi Mengobrol © shutterstock.com/g/Roman Samborskyi

Sebelum memutuskan untuk bertemu, nggak ada salahnya kok untuk cari tahu soal calon mertua. Bisa dari teman-teman pacarmu, atau lebih baik tanya langsung ke pacarmu deh.

Hal ini penting banget, supaya kamu nggak salah bersikap loh..

4. Hormati kebiasaan calon mertua

Setiap orang pasti punya kebiasaan masing-masing yang kadang belum tentu cocok dengan kita. Begitu pula dengan calon mertua, kadangkala mereka juga punya kebiasaan yang mungkin belum bisa kamu pahami.

Itulah sebabnya di awal pertemuan, kamu harus mewanti-wanti munculnya hal ini ya. Bersikaplah tetap sopan dan hormati perilaku calon mertua jika memang masih dalam batas wajar.

4 dari 5 halaman

5. Membawa buah tangan

 Ilustrasi Memberi Buah Tangan untuk Calon MertuaIlustrasi Memberi Buah Tangan untuk Calon Mertua © shutterstock.com/g/Dragon Images

Yang satu ini boleh banget loh buat dipraktekkin. Bukan buat 'suap' sih, tapi lebih ke bentuk kepedulian terhadap calon mertua.

Nggak perlu juga bawa yang mahal-mahal atau mewah-mewah, cukup dengan buah atau kue yang sudah lazim dilakukan pasangan pada umumnya. Akan lebih baik jika kamu mengkomunikasikan ini dengan pasangan, siapa tau ada pantangan-pantangan ya kan?

6. Jadi diri sendiri

Di awal pertemuan, jadilah dirimu apa adanya. Jangan bersikap terlalu baik, tapi kenyataannya malah pura-pura.

Jaga sikap dan tetap apa adanya aja. Pura-pura menjadi orang lain bukannya malah melelahkan ya?

5 dari 5 halaman

7. Jangan terlalu banyak mengumbar kemesraan

 Ilustrasi Pertemuan KeluargaIlustrasi Pertemuan Keluarga © freepik.com

Bukan hanya sikapmu yang harus apa adanya, tapi sikap kalian sebagai pasangan pun sebaiknya juga nggak perlu berlebihan. Pasalnya, saat bertemu dengan calon mertua, kamu pasti akan ditanya soal hubungan percintaan tersebut.

Cukup ceritakan sewajarnya dan tunjukkan gesture yang memang aman-aman aja. Terlalu mengumbar gaya pacaran bahkan bermesraan di depan orang tua bisa jadi malah bikin ilfeel loh..


Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menemui calon mertua untuk pertama kalinya. Anyway, semoga bisa menginspirasi dan pertemuan pertamamu bisa berjalan lancar ya!

Join Diadona.id