Hubungan Seks yang Memuaskan Ternyata Bisa Bantu Suami Istri Tidur Lebih Nyenyak loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 10 Agustus 2020 18:30
Hubungan Seks yang Memuaskan Ternyata Bisa Bantu Suami Istri Tidur Lebih Nyenyak loh!
Nggak bisa tidur? Mending bercinta dulu deh..

Bicara soal hubungan seks, sebenarnya hal ini cukup rumit dan nggak memiliki tolok ukur yang pasti. Maka nggak mengherankan jika sampai saat ini, masih banyak dilakukan penelitian mengenai hubungan seks itu sendiri.

Tapi tau nggak sih, banyak yang bilang hubungan seks adalah obat tidur terbaik. Sehingga banyak ahli yang menyarankan agar pasangan menyempatkan berhubungan seks sebelum tidur, agar nantinya bisa tidur lebih nyenyak loh!

1 dari 3 halaman

Mengutip dari Pop Sugar, bercinta sebelum tidur ternyata bisa membantu tubuh jadi lebih rileks, sekaligus mengurangi adanya stres. Dengan demikian, seseorang bisa terlelap lebih cepat.

Robert Glatter, seorang asisten profesor di Lenox Hill Hospital, New York, AS mengungkapkan bahwa orgasme memiliki peranan penting dalam membuat tubuh menjadi rileks. Saat pasangan berhasil mencapai orgasme, tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang bisa menghambat pelepasan kortisol.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pasangan Tidur Nyenyak © Diadona

Dengan kata lain, saat hormon cinta dilepaskan, maka hormon stres akan tertahan sementara waktu. Saat oksitosin -si hormon cinta- memenuhi tubuh, tubuh akan merasakan sebuah sensasi kenikmatan dan kepuasan.

3 dari 3 halaman

Seiring dengan pelepasan hormon oksitosin, tubuh akan memproduksi hormon hipofisis yang bisa menimbulkan rasa rileks dan mengantuk. Bisa dibilang, hormon ini sekaligus jadi proses 'cooling down' usai tubuh merasakan fase panas saat bercinta.

Terlebih lagi pada perempuan, kadar estrogen akan meningkat usai bercinta. Memungkinkan perempuan bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas serta terhindar dari berbagai gangguan.