Intip Manfaat Tak Terduga dari Ciuman di Pagi Hari, Bisa Bikin Panjang Umur loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 21 Maret 2021 09:15
Intip Manfaat Tak Terduga dari Ciuman di Pagi Hari, Bisa Bikin Panjang Umur loh!
Seberapa banyak sih manfaat ciuman bareng pasangan?

Bagi pasangan suami istri, mengawali hari dengan berciuman adalah salah satu cara untuk menjaga keharmonisan dan keromantisan hubungan. Entah sekadar kecupan ringan atau bahkan lumatan yang dalam, ciuman memang bermanfaat bagi hubungan rumah tangga.

Namun ternyata, ciuman di pagi hari punya beragam manfaat tidak terduga loh. Sebuah penelitian bahkan menyebut jika ciuman di pagi hari ternyata bisa memperpanjang umur.

Selain bikin panjang umur, 6 manfaat ini akan kamu rasakan jika rutin berciuman dengan pasangan di pagi hari. Check this out!

1 dari 4 halaman

1. Timbul perasaan rileks

Ilustrasi Pasangan Berciuman © Diadona

Manfaat pertama dari ciuman di pagi hari yakni menimbulkan perasaan yang lebih rileks. Saat berciuman dengan pasangan di pagi hari, timbul zat yang mempunyai efek 200 kalo lipat dari morfin. Zat inilah yang pada akhirnya membuta tubuh dan perasaan terasa lebih rileks.

2. Menyehatkan jantung

Kedua, ciuman dengan pasangan di pagi hari bisa menyehatkan jantung loh! Ketika sedang berciuman, aliran darah di dalam tubuh akan lebih lancar dan detak jantung jadi lebih teratur. Hal ini secara tidak langsung membuat tekanan darah lebih terkontrol dan jantung jadi lebih sehat.

2 dari 4 halaman

3. Bikin lebih bahagia

Ilustrasi Berciuman © Diadona

Ciuman bibir ternyata bisa menghadirkan sensasi fisik yang mendorong otak untuk meningkatkan dopamin. Dopamin adalah sebuah neurotransmitter yang berhubungan dengan kesenangan. Jadi, ciuman bisa mengurangi rasa tegang sekaligus menimbulkan kebahagiaan bagi pelakunya.

4. Memperkuat otot wajah

Tahu nggak sih, ciuman ternyata bisa melatih otot dan bikin kamu awet muda loh! Sebab saat berciuman, 24 otot wajah dan 100 otot lainnya bekerja bersamaan. Cara ini sekaligus menjadi alternatif latihan mengencangkan wajah dan leher, bahkan merangsang produksi kolagen untuk membuatmu tampak lebih muda.

3 dari 4 halaman

5. Membakar kalori

Ilustrasi Berciuman © Diadona

Tak banyak yang tahu, ciuman ternyata bisa membakar 6-26 kalori setiap menitnya loh! Saat berciuman, kinerja tubuh akan meningkat lewat produksi hormon adrenalin. Akibatnya, jantung berdegup kencang dan napas menjadi lebih berat sama seperti efek sehabis olahraga ringan.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ciuman di pagi hari ternyata juga bisa menjaga daya tahan tubuh, lantaran perpindahan bakteri melalui air liur yang bisa mencegah serangan penyakit. Pasangan yang berbagi mikro biota saliva, membuat antibodi mampu melawan bakteri asing sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.