Jadi Salah Satu Bahasa Cinta, Emang Seberapa Penting sih Sentuhan Fisik dalam Sebuah Hubungan?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 22 Oktober 2020 19:15
Jadi Salah Satu Bahasa Cinta, Emang Seberapa Penting sih Sentuhan Fisik dalam Sebuah Hubungan?
Biasa aja atau emang penting banget?

Setiap pasangan pasti memiliki bahasa cintanya masing-masing. Salah satu bahasa cinta yang cukup banyak ditemukan adalah sentuhan fisik.

Meski nggak semua pasangan menjadikan sentuhan fisik sebagai bahasa cintanya, nyatanya kontak fisik dengan pasangan justru penting banget loh dalam sebuah hubungan. Kira-kira kenapa sentuhan fisik itu penting? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Sentuhan fisik memengaruhi emosi dan perasaan

Ilustrasi Pasangan Bermesraan © Diadona

Seringkali nggak disadari, saling memberikan sentuhan fisik dengan pasangan ternyata bisa meningkatkan kadar endorfin. Dari sentuhan-sentuhan ringan semacam ini, rasa kepedulian dan kesenangan akan terbentuk secara mendalam.

Sentuhan fisik menimbulkan kesenangan bahkan kesejahteraan secara fisik dan emosional, sehingga bisa dilakukan untuk mengekspresikan kata-kata yang nggak bisa terucapkan.

2 dari 3 halaman

Sentuhan fisik memengaruhi kebahagiaan dan kesehatan

Ilustrasi Pasangan Bermesraan © Diadona

Banyak tidaknya kontak fisik yang terjadi di dalam hubungan ternyata memainkan peranan penting dalam kebahagiaan dan kesehatan pasangan. Kurangnya sentuhan fisik bisa menimbulkan kecemasan, kemurungan, kebosanan, depresi, bahkan perasaan kesepian yang menyakitkan.

Namun sebaliknya, sentuhan fisik yang rutin dilakukan akan membuat hubungan menjadi lebih sehat dan langgeng. Rasa sakit dan stres bisa teratasi, bahkan sentuhan fisik disebut-sebut bisa memerangi penyakit loh!

3 dari 3 halaman

Kendati demikian, sentuhan fisik memang tidak selalu digemari oleh semua pasangan. Untuk itu perlu dikomunikasikan, sentuhan-sentuhan fisik seperti apa yang memang dirasa perlu dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan.

Nggak selalu soal seks kok, bisa lewat belaian, pegangan tangan, atau mungkin pelukan. Lakukan sentuhan fisik secara sederhana dan ciptakan keintiman bersama pasangan dengan cara kalian sendiri..

Beri Komentar