Jangan Asal Cemburu, Bahas Mantan ke Pacar Nggak Selamanya Buruk kok

Relationship | Sabtu, 11 April 2020 15:00
Jangan Asal Cemburu, Bahas Mantan ke Pacar Nggak Selamanya Buruk kok

Reporter : Novi Hardita Larasati

Meskipun sudah jadi mantan, tapi dia juga pernah singgah di hati kan?

Saat menjalani hubungan, mungkin kamu pernah sesekali membahas masa lalu kepada pacarmu yang sekarang. Tapi, mungkin ada juga sebagian yang merasa cemburu saat disela-sela obrolannya memabahas tentang mantan.



Padahal membicarakan mantan nggak selalu menjadi sinyal buruk di antara kamu dan pasangan. Faktanya, membicarakan mantan bisa membantu membangun pondasi yang kuat dalam hubungan baru.

Tak hanya itu saja, para peneliti juga mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengubah kekecewaan di masa lalu adalah dengan membagikan ke pasangan baru kamu.

2 dari 3 halaman

 Ilustrasi Pasangan NgobrolIlustrasi Pasangan Ngobrol © freepik.com/rawpixel-com

Dalam sebuah hubungan, kesalahan nggak hanya berpihak pada pasangan kamu yang terdahulu. Ada sebab ada akibat, ada asap ada api. Seperti itulah hubungan kamu dengan pasanganmu.

Dia melakukan kesalahan, kamu juga pasti melakukan kesalahan, tapi dengan membicarakan masa lalu, kamu akan mengingat kesalahan pasangan terdahulu. Kamu pun pasti cenderung mengingat kesalahan apa saja yang sudah kamu lakukan, bukan? Nah dari sanalah kamu akan berjanji untuk tak mengulangi kesalahan-kesalahan di masa lampau.

Tak hanya itu, setiap pengalaman hubungan, pastinya dapat membentuk karakter seseorang. Namanya juga hubungan baru, kamu dan pasangan tentu lagi sama-sama belajar mengenal sifat satu sama lain. Sehingga dengan membicarakan mantan tentu bisa membantumu berkomunikasi dengan pasangan baru kamu tentang bagaimana kamu “ tumbuh” menjadi sosok yang sekarang. Dari situlah, pasangan jadi belajar dan memahami kamu sosok yang seperti apa.

Oleh karena itu, sebaiknya, kamu dan pasangan fokus dalam diri kalian masing-masing dan aspek positif apa yang saja yang sudah kamu almai pasca putus cinta, dibandingkan melarang pasangan berbicara dengan mantannya.

3 dari 3 halaman

Idealnya, sebuah hubungan mampu membicarakan apa pun secara bebas dan itu hal yang sangat penting. Tentu saja nggak semua pembahasan yang berkaitan dengan mantan bisa kamu ceritakan ke pasangan baru kamu, salah satunya adalah bagian yang berkaitan dengan seksual.

 Ilustrasi pasangan ngobrol di tamanIlustrasi pasangan ngobrol di taman © nathancobb.com

Kamu cukup menjelaskan apa yang terjadi dengan kamu dan mantan dan hal-hal apa saja yang sudah kamu pelajari, karena setiap pasangan akan berbeda, maka itu penting bagi kamu untuk mengukur rasa tahu dan kenyamanan pasangan kamu.

Nah, setelah membicarakan mantan dengan pasangan dan sama-sama belajar dari masa lalu, hal terbaik yang bisa kalian lakukan adalah terus mengenal satu sama lain, membentuk “ ikatan” baru, dan jangan biarkan hubungan kalian terbawa suasana masa lalu, apalagi membiarkan hubungan kalian jalan di tempat.

Join Diadona.id