Jangan Mikir Indahnya Aja, Siap-Siap Hadapi 5 Hal Ini di Tahun Pertama Menikah

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 17 November 2020 18:40
Jangan Mikir Indahnya Aja, Siap-Siap Hadapi 5 Hal Ini di Tahun Pertama Menikah
Apa aja sih yang bakal kamu hadapi di tahun pertama pernikahan?

Pernikahan kerap digambarkan sebagai sesuatu yang indah dan penuh cinta. Segala hal dengan vibes warna pink hati selalu digunakan untuk menggambarkan jalannya rumah tangga.

Nggak sepenuhnya menyalahkan, namun penggambaran tersebut hanyalah sebagian. Lebih jauh lagi, pernikahan adalah sesuatu yang perlu banyak persiapan matang dan keterbukaan dengan pasangan.

Jangan terlalu tenggelam dalam gambaran keindahan pernikahan di tahun pertama. Coba seimbangkan dengan beberapa pemikiran untuk mempersiapkan kondisi-kondisi yang akan kamu dan pasangan temui.

Untuk itu, berikut ini adalah ulasan tentang lima hal yang akan kamu hadapi di tahun pertama pernikahan.

1 dari 6 halaman

Kebiasaan buruk pasangan

Sudah merasa mengenal pasanganmu secara utuh karena sudah melewati masa pacaran bertahun-tahun? Jangan keburu puas. Ketika akhirnya hidup bersama, kamu akan menemukan banyak kejutan tak terduga yang nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Hidup bersama dalam pernikahan akan membuka banyak kebiasaan, bahkan kebiasaan buruk sekalipun. Kamu nggak akan pernah tau kalau ternyata pasanganmu sering mengigau waktu tidur atau nggak pernah mengeringkan kaki setelah keluar dari kamar mandi.

2 dari 6 halaman

Miskomunikasi

" Aku dan pasangan ini udah klop banget. Kita kompak, partner in crime lah. Nggak mungkin miskom deh kalau menikah nanti!"

Well, maaf kalau akan mengecewakan, tapi kenyataannya jalnnya komunikasi dalam pernikahan akan jauh berbeda dengan semasa pacaran. Kamu akan berhadapan dengan pasangan lebih intens dari sebelumnya. Sejak membuka mata sampai mau tidur lagi, kamu bakal ketemu terus dengan pasangan. Beda dengan semasa pacaran yang paling mentok ketemunya dua hari sekali, belum kalau LDR. Hm.

3 dari 6 halaman

Masalah keuangan

Di masa sekarang, banyak pasangan muda yang sudah mulai melek finansial. Nggak sedikit dari mereka juga menyiapkan keuangan rumah tangganya sejak masa pacaran. Namun jangan langsung berpuas diri karena itu baru langkah awal.

Nantinya ketika berada di dalam pernikahan, kamu akan dihadapkan pada perencanaan keuangan yang lebih kompleks karena harus mencakup seluruh kebutuhan keluarga. Mulai dari kebutuhan harian, bulanan, sampai berbagai kebutuhan tak terduga.

4 dari 6 halaman

Urusan ranjang

Diakui atau tidak, hubungan intim antara pasangan merupakan salah satu pilar keharmonisan dalam rumah tangga. Lebih dari urusan nafsu belaka, urusan ranjang menjadi penting karena akan menambah keterikatan pasangan.

Nggak menutup kemungkinan saat di awal pernikahan ada salah satu pihak yang masih merasa canggung untuk melakukan hubungan intim. Oleh karena itu, hal-hal seksual juga termasuk dalam topik yang perlu dibahas bersama agar tak menimbulkan permasalahan ke depannya.

5 dari 6 halaman

Mengatur waktu

Manajemen waktu jadi hal mudah saat kamu berstatus sebagai single karena kamu hanya akan bertanggung jawab pada kebutuhanmu sendiri. Lagi mau pacaran tinggal kasih kabar, mau sendiri tinggal diam aja di rumah, mau keluar sama teman juga tinggal keluar untuk nongkrong.

Hal seperti ini lah yang perlu diatur ulang ketika kamu berada dalam hubungan pernikahan. Perlu adanya perbincangan masalah manajemen waktu karena kini kamu dan pasangan sudah menjelma menjadi diagram venn yang saling beririsan. Ada banyak urusan yang bersinggungan sehingga kamu dan pasangan perlu menyeimbangkan porsi waktu bersama.

6 dari 6 halaman

Bukan bermaksud untuk membuyarkan bayangan indahnya pernikahan. Namun keindahan tersebut nggak akan tercipta sendirinya. Untuk mewujudkan keindahan itu, tentu kamu dan pasangan memerlukan banyak persiapan, terutama di tahun pertama yang menurut orang jadi waktu paling rentan.

Dengan persiapan yang matang, tentu akan lebih mudah untuk kamu mewujudkan pernikahan ideal. Iya kan?

Selamat berunding dengan calon teman hidupmu ya!

Beri Komentar