Jangan Panik, Ini 5 Cara Simpel Atasi Kecemasan Jelang Hari Pernikahan

Relationship | Selasa, 30 Maret 2021 09:15
Jangan Panik, Ini 5 Cara Simpel Atasi Kecemasan Jelang Hari Pernikahan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Jaga pikiran tetap positif sampai hari pernikahan tiba..

Menjelang hari pernikahan, biasanya banyak calon pengantin yang merasa gugup. Takut ini takut itu, tiba-tiba semua hal terasa kurang sempurna padahal sudah dipersiapkan.

Kecemasan semacam ini wajar terjadi kok. Apalagi jika hari pernikahan kian mendekat, perasaaan cemas dan ragu akan berkolaborasi menghasilkan pikiran-pikiran negatif.

Namun tak perlu kuatir, hal semacam ini bisa diatasi kok. Melansir dari Times of India, berikut ada 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecemasan jelang hari pernikahan. Seperti apa caranya, simak selengkapnya ya!

2 dari 7 halaman

1. Akui dan terima perasaan tersebut

 Ilustrasi Perempuan MerenungIlustrasi Perempuan Merenung © shutterstock.com/domesq

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni akui dan terima perasaan tersebut. Jangan menyangkal supaya kamu lebih bisa menerima kenyataan dan situasi yang terjadi.

Buka pikiran, jujurlah pada diri sendiri, dan terima keraguan yang kamu alami. Baru perkirlah secara dewasa untuk menyelesaikan kecemasan yang kamu rasakan.

3 dari 7 halaman

2. Jalani perawatan tubuh

Cara kedua untuk mengatasi kecemasan jelang hari pernikahan yakni dengan rutin melakukan perawatan tubuh, agar kesehatan psikologis semakian meningkat. Kamu perlu beristirahat dari perencanaan-perencanaan pernikahan yang sudah kamu susun.

Coba deh luangkan satu hari untuk menonton serial yang bagus, masak makanan enak, pergi ke salon, atau bahkan sekadar olahraga untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

4 dari 7 halaman

3. Lakukan relaksasi

 Ilustrasi MeditasiIlustrasi Meditasi © shutterstock.com/id/g/ImYanis

Teknik meditasi seperti yoga, pernapasan dalam, relaksasi otot dan hal-hal serupa itu bisa kamu lakukan untuk meredakan ketegangan di area bahu. Cara ini akan membantu pikiran dan tubuh jadi lebih rileks, sehingga kecemasan jelang hari pernikahan bisa sedikit diminimalisir.

Dengan melakukan relaksasi, pikiran-pikiran negatif yang mengganggu tubuh bisa kamu hempaskan. Jadi ambil waktu untuk relaksasi sejenak agar tubuh dan pikiran lebih siap untuk menjalani prosesi pernikahan.

5 dari 7 halaman

4. Detoks dari sosial media

Mungkin bagi sebagian calon pengantin hal ini benar-benar diperlukan. Karena kadangkala, pikiran-pikiran negatif bisa bermunculan usai melihat postingan-postingan di sosial media.

Jadi, ambil waktu sejenak untuk detoks dan rehat dari sosial media supaya pikiran tetap positif. Sebisa mungkin jaga pikiran agar tetap fokus dan siap memasuki fase penting dalam hubungan dengan pasangan.

6 dari 7 halaman

5. Habiskan waktu dengan orang-orang terdekat

 Ilustrasi Pertemanan WanitaIlustrasi Pertemanan Wanita © shutterstock.com/g/nenetus

Untuk mengatasi kecemasan jelang dipersunting pujaan hati, kamu bisa mengatasinya dengan menghabiskan waktu dengan prang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat. Dengan dikelilingi orang dekat, biasanya kamu nggak akan merasakan stres sendirian.

Keberadaan orang-orang dekat ini bisa memberi hiburan sekaligus menenangkan hati yang gelisah. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi teman dekatmu ya!

Join Diadona.id