Kenapa sih Bertengkar dengan Teman Kadang Terasa Lebih Menyakitkan dari Putus Cinta?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 22 Maret 2022 15:15
Kenapa sih Bertengkar dengan Teman Kadang Terasa Lebih Menyakitkan dari Putus Cinta?
Kamu pernah ngerasain kayak gini nggak?

Disadari atau tidak, manusia belajar untuk berteman dan berbagi sejak usianya masih muda. Maka nggak mengherankan, jika persahabatan menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia.

Melansir dari Time.com, kualitas pertemanan menjadi prediktor kesejahteraan yang bahkan lebih kuat daripada hubungan keluarga. Bisa dibilang, komunikasi dengan teman adalah sangat penting. Namun, apa jadinya jika hubungan tersebut berakhir secara tiba-tiba?

1 dari 5 halaman

Seorang terapis klinis bernama Miriam Kirmayer menyebutkan jika menjalani hubungan persahabatan nggak selamanya mudah, bahkan bagi orang dewasa. Jatuh bangun dalam hubungan pertemanan yang berakhir dengan putusnya persahabatan bisa terasa lebih buruk daripada patah hati.

" Kita cenderung berpikir tentang putusnya pertemanan terjadi karena pengkhianatan besar, ini bisa menciptakan situasi di mana kita akhirnya bisa merasa terluka. Kita benar-benar tidak tahu seperti apa (perpisahan persahabatan) seharusnya terlihat," ujar Kirmayer.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Putus Cinta © Diadona

Dalam hubungan asmara romantis, perpisahan selalu ditutup secara 'resmi'. Meski terasa menyakitkan, ada perbincangan terbuka yang melibatkan dua belah pihak mengenai hubungan yang berakhir.

Sayangnya, hal semacam ini nggak bisa diterapkan dalam hubungan pertemanan. Kondisi inilah yang membuat berakhirnya hubungan pertemanan akan terasa lebih sulit dan membingungkan.

3 dari 5 halaman

Marni Feuerman, seorang psikoterapis di Florida menjelaskan bahwa, ada perbedaan utama antara persahabatan dan hubungan romantis. Hal ini berkaitan dengan ekspektasi yang ditaruh dalam hubungan tersebut.

Dalam hubungan romantis, kita berekspektasi mengenai status hubungan yang kian meningkat atau serius. Tapi dalam hubungan pertemanan, tidak ada ekspektasi yang bisa dipasang. Alhasil, ketika hubungan pertemanan berakhir, maka sulit untuk memproses tindakan apa yang perlu diambil usai perpisahan.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Bertengkar dengan Teman © Diadona

Dalam hubungan pertemanan, kita cenderung tidak mengkomunikasikan ekspektasi atau keinginan apa yang ingin diraih dalam hubungan tersebut. Hal ini kadang membuat salah satu pihak merasa pertemanan itu tidak berfungsi, sehingga hubungan itu akan dibiarkan berakhir secara alami.

Menurut Feuerman, kurangnya komunikasi jadi salah satu penyebab berakhirnya hubungan pertemanan. Hal tersebut menimbulkan perasaan tersakiti bagi salah satu pihak, dan meninggalkan perasaan bertanya-tanya bagi pihak lainnya tentang adakah kesalahan yang dibuatnya.

Beri Komentar