5 Cara Bersikap dan Menjaga Hubungan Tetap Sehat dengan Pasangan saat Berpuasa

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 6 April 2021 13:00
5 Cara Bersikap dan Menjaga Hubungan Tetap Sehat dengan Pasangan saat Berpuasa
Cara menjaga sikap serta kesehatan pasangan saat berpuasa agar makin romantis dan prima.

Sebentar lagi sudah Bulan Ramadhan, nih. satu bulan ini umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Tentu, akan ada banyak aktivitas serta kebiasaan di rumah yang berubah selama bulan puasa ini. Bahkan waktu kebersamaan kamu dan pasangan kemungkinan berubah.

Tak perlu khawatir, justru saat berpuasa ini kamu tetap bisa menjaga hubungan dengan pasangan tetap selalu sehat dan harmonis. Berikut ini adalah informasi selengkapnya seputar cara menjaga sikap serta kesehatan pasangan saat berpuasa agar makin romantis dan prima.

1 dari 7 halaman

1. Banyak Melakukan Kegiatan Bersama

Banyak yang merasakan bahwa jam kantor akan jauh lebih singkat saat berpuasa dan pekerja termasuk kamu akan bisa pulang lebih awal. Di sela waktu tersebut kamu bisa memanfaatkannya untuk menyiapkan menu dan masak makanan buka puasa bersama pasangan.

Kamu dan pasangan yang sudah menikah juga bisa meluangkan waktu lebih bajyak kala sahur. Kalau aktivitas ini dilakukan secara berulang, maka hubungan kamu dan pasangan akan tetap sehat saat berpuasa.

2 dari 7 halaman

2. Tingkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Berubahnya pola makan di kala berpuasa justru akan mengakibatkan kamu dan pasangan rentan terkena penyakit. Jadi sangat penting bagi kamu dan pasangan untuk mengonsumsi makanan sehat selama puasa yang tentunya berguna untuk meningkatkan kesehatan, detoksifikasi, hingga meningkatkan fungsi organ tubuh.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin agar imun tubuh bisa meningkat dengan maksimal. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi hubunganmu dan pasangan supaya bisa menghabiskan waktu berdua dengan berkualitas.

3 dari 7 halaman

3. Melakukan Ibadah Bersama

Selama bulan Ramadhan, kamu dan pasangan bisa fokus untuk meningkatkan ibadah, seperti sholat dan mengaji yang tentu keduanya bisa dilakukan bersama. Dengan meningkatkan frekuensi ibadah, kamu dan pasangan bisa menenangkan hati, emosi pun bisa stabil. Meningkatkan ibadah juga membantu berpikir lebih jernih, sehingga kamu dan pasangan terhindar dari berbagai pertengkaran.

4 dari 7 halaman

4. Landaskan dengan Niat Beribadah

Hubungan seksual menjadi kebutuhan biologis bagi setiap orang, terutama pasangan yang telah memiliki ikatan pernikahan. Namun, tak hanya sebagai kebutuhan semata, hubungan seksual memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah meningkatkan kedekatan pasangan dan kebahagiaan.

Dimana ketika dilakukan dengan niat ibadah akan hubungan seksual kamu dan pasangan akan lebih berkulitas dan mampu meningkatkan hormon okstitosin dan endorfin. Selama bulan puasa ini tidak ada salahnya jika tetap melakukannya dengan berlandaskan niat untuk ibadah yang akan memberikan pahala bagi kamu dan pasangan suami.

5 dari 7 halaman

5. Menghadiri Acara Keluarga Bersama

Ilustrasi Keluarga Artis © Diadona

Saat bulan Ramadhan akan ada banyak undangan acara keluarga seperti buka puasa bersama, hingga puncaknya adalah ketika Hari Raya Idul Fitri di mana setiap umat muslim akan mudik atau sekedar berkumpul bersama keluarga.

6 dari 7 halaman

6. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berargumentasi

Saat berpuasa, tubuh akan cenderung terasa lebih mudah lelah. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memulai pembicaraan yang berpotensi menimbulkan pertengkaran. Sebelum berargumen, kamu bisa terlebih dahulu memikirkan apakah pembicaaran tersebut penting untuk dibahas atau tidak.

Jika terpaksa harus beradu argumen dengan pasangan, maka gunakanlah waktu setelah buka puasa untuk membahas hal tersebut dengan kepala dingin. Jadi, kamu dan pasangan akan terhindar dari pertengkaran.

7 dari 7 halaman

7. Atur Pola Makan

Selama bulan puasa ini aktivitas tetap berjalan, maka penting bagi kamu dan pasangan untuk menjaga pola makan, tetapi perlu diperhatikan supaya perut tidak terisi terlalu banyak. Perubahan pola makan akan menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan maag.

Saat berpuasa, sebaiknya hindari makanan yang berlemak, seperti gulai, kari, dan kue dengan butter cream, karena makanan berlemak akan memicu produksi asam lambung sehingga menimbulkan maag.

Itulah tadi beberapa cara untuk menjaga hubungan dan bersikap yang sehat saat berpuasa. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar