Membahas Keuangan Pas Pacaran, Seberapa Penting sih?

Relationship | Selasa, 24 Agustus 2021 20:11

Reporter : Yayuk Harini

Jangan salah dulu, ngobrolin tentang keuangan nyatanya bisa bikin hubungan makin terbuka lho.

Ada yang bilang kalau membicarakan soal uang kala pacaran adalah hal yang tabu. Kendati demikian, pernyataan itu belum sepenuhnya benar kok. Berbicara keuangan saat pacaran termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena bisa memberikan pengaruh bagi masa depanmu bareng pasangan.

Tak jarang, urusan uang bisa saja menimbulkan gejolak pertengkaran dalam hubungan. Oleh karena itu, memulai membahas soal keuangan saat pacaran gak ada salahnya kok.

Membahas Keuangan Pas Pacaran, Seberapa Penting sih?
2 dari 6 halaman

Mengobrol tentang keuangan membuat setiap permasalahan tidak berubah menjadi besar. Selesaikan secara perlahan, sedikit demi sedikit. Terbukalah perihal keuangan, dengan saling terbuka, kalian akan mudah mengungkapkan keinginan masing-masing dalam mengelola finansial termasuk dukungan untuk berinvestasi.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Tips Kelola KeuanganIlustrasi Tips Kelola Keuangan © 2020 https://www.Top10.com

Keterbukaan mengenai hal finansial bukan berarti privasi kamu hilang ya Diazens. Tidak perlu juga kamu bertukar PIN ATM atau yang lainnya kok, kecuali dalam keadaan terdesak dan darurat.

4 dari 6 halaman

Inisiatif itu perlu demi kelancaran sebuah hubungan. Kalian sebaiknya segera memikirkan untuk ‘memulai’ terutama dalam hal finansial. Bukan masalah pria atau wanita, tapi seberapa seriusnya kamu dalam menjalani sebuah hubungan yang berhasil.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi pasangan ngobrolIlustrasi pasangan ngobrol © 2020 https://www.diadona.id / Pond5

Jangan gengsi, memulai pembicaraan tentang uang dengan pacar tidak seburuk yang kamu pikirkan. Semuanya akan berjalan dengan lancar jika ada rasa saling mengerti dan menghargai, apalagi keterbukaan untuk berdiskusi.

Mulailah dari hal kecil, seperti mencatat setiap biaya yang dikeluarkan saat pacaran, dan juga konsisten menabung sesuai dengan biaya yang telah direncanakan di awal.

6 dari 6 halaman

Bagi Diazens yang berada di tahap menuju serius dalam hubungan, kamu tentu harus belajar mengatur keuangan bersama-sama. Ingat, pacaran dan menikah itu bukan hanya tentang aku dan kamu, tapi tentang ‘kesepakatan berdua’.

Membahas keuangan saat pacaran sama pentingnya dengan membahas resepsi pernikahan yang diinginkan. Tapi, perlu diingat, kamu juga harus selalu sabar dan tetap menghargai keputusan pacar ya.

Semoga menginspirasi!

Join Diadona.id