Mengalami Perubahan Hormon, Gini Lho Tips Berhubungan Seksual Bagi Wanita Menopause

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 29 Juni 2020 08:25
Mengalami Perubahan Hormon, Gini Lho Tips Berhubungan Seksual Bagi Wanita Menopause
Menopause bukan berarti tak lagi berhasrat untuk seks ya.

Bagi wanita, menopause memang menjadi sesuatu yang tak diinginkan. Hal ini tentu saja karena berbagai stigma dan stereotip yang ada masyarakat jika setelah menopause akan menjadi penghalang dalam aktifitas seksual.

Menopause memang akan membuat aktifitas seksual terasa berbeda, namun tentu saja ini bukan berarti sebagai penghalang.

Karena ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menunjang hubungan seksual. Dilansir dari medicalnewstoday, kira-kira apa saja ya, simak berikut ini yuk!

1 dari 6 halaman

Percaya Diri

Ilustrasi Wanita Tua © Diadona


Dengan berbagai perubahan yang ada pada tubuh mungkin akan membuat kita merasa tidak seksi lagi, akibatnya hal ini akan membuatmu merasa tidak percaya diri atau malu.

Bicarakan hal ini pasangan, mengenai keadaan tubuh yang kini berubah atau perasaanmu mengenai tubuh akibta menopause.

2 dari 6 halaman

Gunakan Pelumas


Menopause akan membuat vagina jadi kering, karena itu ketika berhubungan seksual tak ada lagi pelumas alami. Jika begini tentu hubungan seks akan terasa menyakitkan.

Karena itu sebaiknya gunakan pelumas disetiap aktifitas seksual. Selain itu, kita juga dapat menambahkan pelembab di area kulit agar membuatnya tak terasa kering dan jadi terasa lebih lembab.

3 dari 6 halaman

Perbanyak Foreplay

Ilustrasi pasangan lanjut usia © Diadona


Tak dapat dipungkiri jika menopause memang dapat mengurangi gairah seksual wanita. Namun sekali lagi, ini bukan berarti kamu tak bisa melakukan hubungan seksual lagi.

Untuk dapat meningkatkan gairah dalam hubungan seksual, lakukan foreplay lebih banyak atau lebih lama dari biasanya.

4 dari 6 halaman

Lakukan Variasi


Jika biasanya kamu dan pasangan memiliki suatu gaya seks yang sering kalian lakukan. Maka ini saatnya kamu untuk mencoba dan mengeksplor yang lain.

Mencoba sesuatu baru sangat mungkin dapat meningkatkan gairah seksual. Posisi seperti women on top atau wanita yang ada di atas dapat memungkinkan mu untuk mengontrol tekanan dan kecepatan dalam aktifitas seksual.

5 dari 6 halaman

Berhubungan Secara Rutin

Ingin Bercerai Di Usia Senja, Apa yang Dikejar? © Diadona


Meski telah memasuki usia lanjut dan mengalami menopause, namun aktifitas seks masih menjadi hal penting untuk dilakukan lho.

Hal ini penting untuk dapat menjaga gairah seksual dan juga menjaga bentuk vagina agar tidak menyempit.

6 dari 6 halaman

Membersihkan Area Miss Variasi


Hindari penggunaan sabun untuk membersihkan area miss V, karena ini dapat membuatnya semakin kering. Sebaiknya gunakan air hangat untuk membersihkan.

Nah jadi itu dia yang perlu kita lakukan agar gairah seksual tetap terjaga meski mengalami menopause. Ingat ya, menopause bukanlah halangan bagi wanita. Ini hanyalah suatu fase baru, dan kita harus menyesuaikan dan beradaptasi dengannya.

 

Beri Komentar