Mengekang Banget, Ini 10 Tanda Bahwa Pacarmu adalah Si Tukang Ngatur yang Sudah Kebablasan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 10 Februari 2024 01:37
Mengekang Banget, Ini 10 Tanda Bahwa Pacarmu adalah Si Tukang Ngatur yang Sudah Kebablasan
Keseluruhan sikap pacar si tukang ngatur ini akan membuat kamu hanya fokus pada diri mereka saja.

Terkadang, memiliki pacar yang posesif bisa menyenangkan dan membahagiakan. Hal ini dikarenakan dia akan selalu peduli pada kita dan fokusnya hanya pada pacarnya.

Namun, pacar yang posesif kalau sudah masuk ke dalam tahap tukang ngatur, maka bisa-bisa hidupmu yang menderita. Kamu merasa tidak bebas dalam menjalani hidup karena dikekang oleh kekasih.

Dikutip dari Your Tango, berikut ini adalah lima tanda bahwa pasanganmu merupakan tukang ngatur yang udah kebablasan.

1 dari 5 halaman

Pacar yang Suka Mengekang © Diadona

Selalu Memberi Kritik

Ciri atau tanda pertama adalah mereka suka mengkritik. Terlepas dari itu untuk kebaikanmu atau kebiasaannya, mendengar kritikan akan sangat menjengkelkan dan membuat kita merasa tidak pernah sempurna.

Malahan, pria yang sering memberikan kritik kepada pacarnya cenderung flexing akan kontrol yang ia miliki. Kalau sudah menjadi tukang kritik, biasanya mereka tidak akan pernah puas.

Terobsesi dengan Penampilan Tubuh Kamu

Si tukang ngatur terkadang cenderung terobsesi dengan bentuk tubuh pasangannya. Entah itu dia akan menyuruhmu diet, atau menjalani olahraga ini dan itu untuk membentuk tubuh.

Atau, mereka juga tidak sungkan untuk mengatur gaya rambut, pemilihan baju, hingga urusan tato sekalipun. Obesei mereka akan kesehatan dan juga penampilanmu bisa menjadi-jadi.

Dia Ingin Tahu Semua Hal yang Kamu Lakukan

Bedakan antaar seseorang yang pengen tahu tentang kamu dan pacar yang posesif ya!

Pacar yang posesif ditandai dengan ingin segala sesuatu yang terjadi padamu. Dia pengen punya akses ke semua informasimu, misalnya seperti kamu harus mengaktifkan pelacak lokasi di hape kamu biar dia selalu tahu kamu sedang ada dimana. 

Mungkin aja dia punya alasan bahwa hal itu untuk keamanan kamu, tapi kalau terus menerus seperti itu, bukankah artinya dia nggak percaya sama kamu?

Saat suatu hari kamu lupa ngasih tau dia beberapa hal, dia bakalan sangat sedih dan menolak alasan kamu.

2 dari 5 halaman

Contoh Sikap Pacar yang Suka Mengekang © Diadona

Menjauhkanmu dari Teman

Si tukang ngatur juga tidak segan untuk melarang pasangannya berkumpul dengan teman-temannya. Kalaupun dibolehkan, kamu diharuskan untuk mengabarinya setiap waktu.

Pacar yang suka ngatur akan perlahan-lahan memotong hubungan baikmu dengan teman-teman. Jangan heran juga jika ia sampai membicarakan hal-hal yang tidak baik tentang teman-temanmu.

Tidak Suportif Akan Hal yang Kamu Inginkan

Si tukang ngatur juga cenderung tidak suportif akan tujuan atau cita-cita pasangannya. Mereka cenderung tidak mendukung hal-hal yang dapat mengembangkan kemampuan atau untuk kebaikan pasangan.

Namun, hal ini akan sangat berbeda jika hal tersebut untuk dirinya, maka ia akan suportif 100 persen. Terkadang mereka tidak suportif akan merasa insecure dan jadi tidak bisa mengatur lagi.

3 dari 5 halaman

 Contoh Sikap Pacar yang Suka Mengekang © Diadona

Nggak Percaya sama Kamu

Salah satu contoh sikap pacar yang suka mengekang adalah ia cenderung tidak percaya padan pasangannya. Alasan sebenarnya dari sifat mereka yang terlalu mengatur kehidupanmu adalah karena dia tidak bisa percaya padamu.

Itu sebabnya mereka suka mengatur penampilanmu, harus selalu mengabarinya di mana pun berada, sampai sering mengkritik sekalipun.

Terlalu Protektif dan Posesif Terhadapmu

Tanda terlalu protektif sebenarnya sulit dikenali karena sejatinya setiap orang ingin merasa dilindungi dan aman. Si tukang ngatur biasanya memanfaatkan ini untuk kepentingannya sendiri. 

Dia akan berperilaku protektif kepadamu secara berlebihan, yang kemudian akan menutupi sikap mengekangnya. Dia akan selalu bilang bahwa sikapnya ini adalah tanda kepeduliannya terhadapmu dan dia hanya ingin kamu tidak kenapa-napa, padahal kenyataannya dia telah mengekang hidupmu di bawah kendalinya.

Selalu Bikin Kamu Merasa Bersalah

Pacar tukang ngatur adalah ahli dalam membuatmu selalu merasa bersalah atas semua yang kamu lakukan. Dia akan memanfaatkan rasa bersalahmu itu untuk membuatmu menuruti semua keinginannya. 

Kamu akan terus menerus minta maaf sama dia, entah untuk alasan sekecil apapun. Dia bakalan bikin kamu ngerasa bersalah, sedih dan terus menerus ketakutan. 

4 dari 5 halaman

Contoh Sikap Pacar yang Suka Mengatur dan Mengekang © Diadona

Mengontrol Sosial Mediamu

Si tukang ngatur akan membuatmu bertanya-tanya apakah postinganmu akan membuatnya kesal sebelum kamu mengunggahnya, atau dia bersikeras untuk meminta kata sandi semua akun sosial mediamu. 

Di era digital seperti sekarang ini, sikap mengontrol sosial media pacar adalah hal yang sering sekali terjadi. Mempertimbangkan perasaan pacarmu sebelum mengunggah postingan adalah yang bagus, tapi kalau kamu dibikin khawatir terus sama apa yang akan kamu posting, mungkin ini karena pacar kamu yang selalu mengatur kamu.

Tidak Menghargai Privasimu

Hubungan yang sehat berarti menghargai privasi dan ruang pribadi masing-masing. Tanda-tanda tukang ngatur salah satunya adalah dia nggak menghargai privasi dan spacemu. 

Dia akan menjadi orang yang ingin tahu semua hal tentangmu hingga ke bagian yang sangat privasi sekalipun depeeti kata sandi sosmed dan diarymu. Dia akan memanipulasi kamu biar kamu ngasih tau dia, dia meragukan semua hal tentang privasi dalam hubungan kalian.

Inilah yang kemudian meningkatkan rasa posesif dalam hubungan, semua tentangmu dikontrol olehnya.

5 dari 5 halaman

Tips Menghadapi Pacar yang Suka Mengekang © Diadona

Menghadapi pacar tukang ngatur dan posesif sangat nggak mudah. Kalau kamu nggak segera memberikan batasan, bisa jadi hubungan kalian akan berubah menjadi hubungan yang toxic

Dilansir dari Bonobology berikut adalah beberapa tips menghadapi pacar yang mengekangmu:

Komunikasikan dengan Baik

Langkah pertama yang bisa langsung kamu lakukan adalah membuka jalur komunikasi tentang kondisi hubunganmu dan berusaha sebaik mungkin untuk mengkomunikasikan hal ini sama dia.

Kamu sebaiknya bisa berkomunikasi dengan tenang dan tegas. KAsih tau dia kalau dia nggak selalu harus tau semua aspek kehidupan kamu.

Jangan mengabaikan

Jangan mengabaikan dan cuman pasrah saat pacarmu mulai mengontrol dan mengatur hidupmu. Semakin lama kamu diam, semakin kamu merasa baik-baik saja dengan sikapnya ini. Dia akan berpikir bahwa kamu baik-baik saja dengan dominasi tersebut dan akan lebih mengontrolmu setelah itu.

Ajak Dia Bekerja Sama

Jika dia benar-benar mencintaimu maka dia akan bersedia menghargai boundaries di antara kalian berdua. Dia akan menghargai privasi dan spacemu dan mencoba untuk nggak terlalu ikut campur setelah kamu mendiskusikannya dengannya. 

Namun jika dia tidak mau berubah, lebih baik kamu tinggalkan saja dia.

Berhenti Ngasih Semua yang Dia Minta

Kamu mungkin akan berpikir bahwa semua yang dilakukan pacarmu adalah atas dasar cinta. Tapi di lubuk hatimu yang paling dalam, kamu tahu bahwa sikap ini salah. 

Jadi berhentilah pasrah dengan semua yang dia lakukan terhadap kamu, jangan memberi semua yang dia minta. Hanya kamu yang bisa membantu dirimu sendiri untuk keluar dari lingkaran ini.

Minta Bantuan Orang Lain

Terkadang kamu mungkin akan merasa takut atau bingung untuk berkomunikasi dengan pacarmu perihal ini sikap mengekangnya ini.

Dalam situasi ini, kamu bisa minta tolong bantuan dari orang terdekatmu. Namun jika kamu tidak nyaman meminta saran dari orang terdekatmu dan sikap mengontrol pacarmu sudah sangat berlebihan, carilah bantuan profesional.

Diazens ada yang punya pacar tukang ngatur kayak gini gak sih?

Penulis : Andrawira, Clarissa Dhea

Beri Komentar