Mengenal Silent Treatment, Ini lho Efeknya Pada Sebuah Hubungan

Relationship | Selasa, 19 Oktober 2021 20:15

Reporter : Yayuk Harini

Kalau ada masalah itu dibicarakan, jangan malah acuh dan seolah abai ya Diazens!

Diazens pasti pernah sesekali bertengkar dengan pasangan dong? Yap, seperti dimulai dari hal yang sepele hingga hal-hal yang amat serius. Kendati demikian, pernahkah pasangan kamu memilih untuk tidak berbicara pas sedang bertengkar? Bisa jadi dia mendengar apa yang kita bicarakan namun memilih seolah abai dan sibuk melakukan kegiatannya.

Mengenal Silent Treatment, Ini lho Efeknya Pada Sebuah Hubungan
2 dari 6 halaman

Nah, tindakan semacam ini adalah bentuk dari silent treatment yang jelas amat menyebalkan dan tidak dewasa. Bukan dia saja, mungkin kamu juga pernah atau tak sadar melakukannya.

Ditanya "kamu kenapa?" jawabnya "Gak papa". Hadeh, dasar ya kalau udah marah mah bisanya cuman diem. Padahal diamnya kamu ini malah nggak akan pernah menyelesaikan problem yang ada lho!

3 dari 6 halaman

Tak hanya dalam hubungan percintaan, tindakan ini juga bisa terjadi pada hampir semua jenis hubungan. Entah itu antara ibu dan anak, rekan kerja, hingga lingkup pertemanan. Silent treatment ini dikaitkan akan reaksi cepat pada situasi seseorang kala merasa marah, frustrasi, sampai jadinya berakhir terlalu kewalahan menghadapi problem.

Silent treatment kadang bisa menjadi bentuk kekerasan emosional saat satu orang menggunakannya untuk mengontrol dan memanipulasi yang lain. Sangat jelas, hal ini pun juga dapat memberikan efek besar pada harga diri mereka yang jadi korbannya.

4 dari 6 halaman

Lantas, apa alasan seseorang melakukannya?

Ada beberapa alasan mengapa silent reatment ini dilakukan. Bagi sebagia orang, mereka tetap diam dalam percakapan karena tidak tahu harus berkata apa atau ingin menghindari konflik.

Seseorang bisa menggunakan tindakan ini jika mereka tidak tahu bagaimana mengekspresikan perasaan mereka tetapi ingin pasangannya tahu bahwa mereka kesal. Jika seseorang menggunakan silent treatment buat menghukum pasangan atau melakukan kontrol atau kekuasaan mereka, sedangkan ini adalah bentuk pelecehan emosional.

5 dari 6 halaman

Apa Efeknya terhadap Sebuah Hubungan?

Pada kebanyakan kasus, melakukan tindakan ini untuk menyelesaikan konflik bukanlah cara yang baik dilakukan. Melansir Medical News Today, pria dan wanita memiliki kecenderungan yang sama untuk melakukan hal ini.

Untuk menghindarinya, komunikasi yang jelas adalah hal yang penting agar hubungan tetap sehat. Pasalnya, tindakan ini malah bisa membuat salah satu pihak jadi tidak memiliki kemauan menyelesaikan konflik dengan cara yang benar.

6 dari 6 halaman

Ketika seseorang ingin membicarakan masalah tetapi yang lain menarik diri, ini dapat menyebabkan emosi negatif seperti kemarahan. Oleh karena itu, silent treatment dapat berdampak pada kesehatan suatu hubungan, bahkan jika orang yang diam tersebut sebenarnya hanya berusaha menghindari konflik. Jadi, jangan mendiamkan pasangan kalau ada amsalah ya Diazens. Semoga kamu selalu bahagia ya!

Join Diadona.id