Mengulik Tipe Hubungan Asmara berdasarkan Cara Bertengkar Pasangan

Relationship | Selasa, 28 September 2021 15:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Cara kalian bertengkar bisa mencerminkan tipe hubungan yang dijalani

Hubungan asmara nggak akan selamanya isi senang-senang terus. Ada kalanya terjadi kesalahpahaman atau perselisihan yang bisa membuat kamu bertengkar dengan pasangan.

Setiap pasangan tentunya punya 'ciri khas' sendiri saat bertengkar. Ada yang ngomong sambil teriak-teriak, tapi ada juga yang malah diem-dieman.

Melansir dari Your Tango, ternyata cara bertengkar bisa mencerminkan tipe hubungan yang sedang kalian jalani. Penasaran seperti apa penjelasannya, berikut ulasan selengkapnya.

Mengulik Tipe Hubungan Asmara berdasarkan Cara Bertengkar Pasangan
2 dari 7 halaman

1. Sama-sama pasif-agresif

Ilustrasi Pasangan BertengkarIlustrasi Pasangan Bertengkar © shutterstock.com/danieldash

Pasif-agresif ditandai dengan perkataan dan perilaku yang kelihatannya baik-baik aja, tapi vibes di antara keduanya justru terasa sebaliknya. Biasanya saat ada masalah, pasangan semacam ini nggak ada yang ingin mengatasinya.

Hal ini menunjukkan jika salah satu atau bahkan kedua pihak sebenarnya nggak terlalu terbuka satu sama lain. Kalian lebih suka memendam masalah daripada ngobrol jujur dan mengakibatkan risiko tidak terduga.

3 dari 7 halaman

2. Kalian teriak-teriak saat bertengkar

Saat pasangan bertengkar dengan cara berteriak satu sama lain, sebenarnya hubungan mereka penuh gairah. Tapi hal ini bisa membahayakan karena bisa berubah menjadi kemarahan yang meluap-luap.

Keduanya saling cinta kok, tapi nggak benar-benar memahami perasaan satu sama lain. Pasalnya, keduanya sama-sama mudah tersulut emosi dan nggak ada yang bisa mengalah untuk menenangkan. Kalau dibiarkan lama-lama bakal jadi toxic relationship nih!

4 dari 7 halaman

3. Salah satu pihak nggak mau mendengarkan

Ilustrasi pasangan bertengkarIlustrasi pasangan bertengkar © relatefoundation.com

Ada pula tipe pasangan yang saat bertengkar, salah satu pihak enggak mau mendengarkan pihak lainnya. Hubungan semacam ini mengindikasikan hubunga yang berat sebelah dan akan jadi hubungan sepihak saat mengambil keputusan.

Hal semacam ini juga mencerminkan hubungan yang kurang kepedulian dari salah satu pihak, padahal normalnya kan kepedulian itu datang dari dua pihak. Lama-kelamaan hubungan ini akan bagaikan 'pacaran tapi rasa jomblo' loh..

5 dari 7 halaman

4. Nggak pernah bertengkar

Ada nggak sih hubungan yang nggak pernah bertengkar? Hmm.. mungkin bukan nggak pernah yaa, tapi lebih ke jarang aja sih bertengkarnya. Meski kelihatannya oke banget, bukan berarti hubungan semacan ini justru aman ya.

Bisa jadi, tidak adanya pertengkaran ini karena salah satu dari kalian nggak sepenuhnya terbuka soal kebutuhan atau kekhawatiran apapun. Bisa jadi kalian lebih suka memendam masalah alih-alih menyelesaikannya. Hati-hati loh, segala sesuatu yang dipendam, lama-kelamaan akan terungkap juga.

6 dari 7 halaman

5. Cepat-cepat mencari solusi saat bertengkar

ilustrasi pasangan bertengkarilustrasi pasangan bertengkar © healthline.com

Yang perlu dicontoh adalah tipe yang terakhir. Saat ada masalah, langsung dicari solusi untuk penyelesaiannya.

Hal ini mengindikasikan hubungan yang sehat dan terbuka. Pasangan bisa saling menghormati dan memahami hubungan yang seimbang, demi terbentuknya hubungan yang harmonis.

Join Diadona.id