Menurut Penelitian, Cowok Memakai Masker Medis saat Pandemi Lebih Terlihat Menarik di Mata Cewek

Reporter : Yoyok
Rabu, 26 Januari 2022 06:50
Menurut Penelitian, Cowok Memakai Masker Medis saat Pandemi Lebih Terlihat Menarik di Mata Cewek
Cocok banget nih masker medis buat mencari gebetan.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masker medis sudah menjadi salah satu alat kesehatan yang wajib dibawa ke mana saja. Kegiatan di luar ruangan selalu erat kaitannya dengan yang namanya masker.

Masker medis bisa menjadi salah satu alat pengaman pertama buat kita agar tidak tertular covid-19. Namun, masker medis ternyata punya efek positif lain lho.

Buat para cowok, ternyata masker medis dapat membuat penampilan kita terlihat lebih menarik di mata cewek lho.

1 dari 6 halaman

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa cowok yang mengenakan masker medis terlihat lebih menarik di mata cewek. Para peneliti yang berasal dari Fakultas Psikologi Universitas Cardiff juga mengatakan bahwa cowok lebih menarik ketika mengenakan masker medis daripada masker kain atau jenis lainnya.

Penelitian tersebut telah membuktikab bahwa apa benar cowok dianggap lebih menarik atau tidak sebelum menggunakan masker. Studi tersebut pun diterbitkan dalam jurnal Cognitive Research: Principles and Implications.

Ilustrasi Pria Masker © Diadona

2 dari 6 halaman

Ternyata, hasil dari studi tersebut bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masker medis. Pada penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2016, orang yang mengenakan masker medis erat dikaitkan dengan penyakit, ataupun malah terlihat kurang menarik.

" Meskipun masker medis saat ini digunakan untuk melindungi diri dari penyakit, saat ini masker juga dapat dilihat sebagai tanda bahwa warga negara tersebut bertanggung jawab dan peduli, yang dapat berdampak positif pada daya tarik yang dirasakan," ucap para peneliti di Universitas Cardiff.

3 dari 6 halaman

Para peneliti di Universitas Cardiff melakukan studi mereka pada bulan Februari 2021. Februari 2021 merupakan tujuh bulan setelah masker wajah menjadi alat kesehatan wajib untuk digunakan di tempat-tempat umum.

" Penelitian yang dilakukan sebelum pandemi menemukan masker medis mengurangi daya tarik. Kami ingin menguji apakah ini telah berubah sejak masker wajib di mana-mana dan memahami apakah jenis masker yang berbeda memiliki efek" kata Dr Michael B Lewis, salah satu dari peneliti studi tersebut.

4 dari 6 halaman

Dalam survei tersebut melibatkan 43 mahasiswi psikolog sebagai responden. Mereka disuruh menilai 160 wajah cowok dalam hal daya tarik dan memberikan penilaian dari skala 1 sampai 7.

160 tanggapan diambil dari 40 wajah laki-laki dalam empat variasi: Wajah tidak tertutup penuh, ditutupi buku catatan (notebook), ditutupi masker kain, dan ditutupi masker medis.

5 dari 6 halaman

Para responden yang semuanya cewek tersebut juga ditanya apakah meereka setuju bahwa masker telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dalam satu tahun terakhir dan penggunaan masker efektif dalam mencegah penyebaran covid-19. Sebagian besar responden setuju dengan dua pernyataan tersebut.

Dari penelitian ini menunjukkan bahwa cowok yang ditutupi masker medis terlihat jauh lebih menarik daripada masker kain. Wajah yang ditutupi masker kain pada gilirannya " jauh lebih menarik" daripada wajah yang tidak tertutup penuh atau hanya ditutup dengan notebook.

Beri Komentar