Menurut Penelitian, Pasangan Paling Romantis Justru Berawal dari Pertemanan

Relationship | Senin, 18 Oktober 2021 14:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Lah, kok bisa ya?

Banyak yang bilang, pertemanan atau persahabatan lawan jenis itu sebenarnya nggak ada. Siapa pun yang berada dalam kondisi ini pasti diam-diam menyimpan perasaan satu sama lain.

Lantas, apa jadinya jika hubungan pertemanan dan persahabatan berakhir jadi percintaan? Sebuah studi mengungkap jika hubungan ini justru akan punya sisi romantisisme yang paling kuat!

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Social, Psychological and Personality Science telah meneliti 1.900 mahasiswa dan orang dewasa. Dari penelitian tersebut ditemukan 66% individu yang memiliki pasangan berawal dari hubungan pertemanan.

Menurut Penelitian, Pasangan Paling Romantis Justru Berawal dari Pertemanan
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Pacaran sama Temen SendiriIlustrasi Pacaran sama Temen Sendiri © shutterstock.com/g/bbernard

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John dan Jullie Gottman menjelaskan bahwa pertemanan yang baik sangat memungkinkan jika berakhir dalam suatu hubungan asmara. Biasanya, hubungan semacam ini akan menjadi hubungan romantis yang bahagia dan bertahan lama.

Melansir dari Psych News Daily, pertemanan semacam ini biasanya akan terjalin setidaknya satu hingga dua tahun sebelum meningkat pada hubungan asmara. Dan menariknya, pertemanan atau persahabatan ini biasanya tidak memiliki niatan atau intesi terhadap suatu hubungan yang romantis.

3 dari 5 halaman

Rata-rata, hubungan pertemanan yang tulus memang akan memiliki 'durasi' yang lebih lama. Kondisi ini juga yang menyebabkan mereka akhirnya bisa beralih ke hubungan yang satu tingkat lebih serius, yakni asmara.

Danu Stinson, profesor psikologi di University of British Columbia menyatakan bahwa kebanyakan pasangan yang menikah berawal dari pertemanan. Ada yang pertemanan biasa, teman tapi mesra, hingga teman yang terlibat dalam aktivitas seksual.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Pacaran sama Temen SendiriIlustrasi Pacaran sama Temen Sendiri © shutterstock.com/id/g/pressmaster

Jika kamu ingin mendapat hubungan asmara yang romantis, cobalah juga untuk menjadi teman dan sahabat bagi pasanganmu. Namun jika kamu ingin menaik-tingkatkan pertemananmu menjadi kisah asmara, tentu harus dipikir matang-matang.

Rachel Wright, terapis hubungan mengatakan bahwa seseorang yang dewasa harus benar-benar berpikir matang jika ingin mengubah status hubungan. Pasalnya, nggak semua pertemanan bisa berakhir kisah asmara yang romantis.

5 dari 5 halaman

Baik persahabatan, kisah asmara, hingga pernikahan adalah hubungan. Namun, tidak semua hubungan yang sudah diubah bisa dikembalikan seperti semula jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Semua hubungan akan terus berkembang dan memiliki alur yang maju ke depan. Jadi, bangunlah pertemanan yang sehat, persahabatan yang baik, dan kisah asmara yang menyenangkan.

Join Diadona.id