Merasa Gugup dan Cemas Jelang Pernikahan? Berikut Ini 8 Tips Untuk Mengatasinya

Relationship | Senin, 3 Januari 2022 06:50

Reporter : Yoyok

Gugup dan cemas sampai stres biasa banget terjadi pada mereka yang sedang mempersiapkan pernikahan.

Beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan berita yang mengatakan bahwa seorang model tidak diundang ke pernikahan sahabatnya karena dianggap terlalku seksi. Sang model yang ingin datang dengan gaun pilihan sahabatnya tersebut malah ditolak untuk datang ke acara pernikahan.

Bisa jadi, mempelai wanita jadi tidak percaya diri jika si model datang ke pernikahannya dengan dandanan yang ncatik dan seksi. Perasaan tidak percaya diri ini bisa jadi dikarenakan mempelai wanita merasa gugup dan cemas sampai stres menjelang hari pernikahannya, yang membuatnya jadi sensitif dan tidak berpikir logis.

Dikutip dari Your Tango, berikut ini adalah delapan tips mengatasi perasaan gugup dan cemas jelang pernikahan.

Merasa Gugup dan Cemas Jelang Pernikahan? Berikut Ini 8 Tips Untuk Mengatasinya
2 dari 10 halaman

Cemas dan Gugup Jelang Pernikahan adalah Hal Wajar

Datangnya perasaan cemas dan gugup menjelang hari pernikahan merupakan hal yang wajar. Mempersiapkan hari pernikahan mau itu semudah dan sesulit apapun tetap saja bikin cemas karena tentunya kamu ingin yang terbaik di hari H.

Walaupun hal yang normal, jangan sampai bikin stres ya karfena bisa menganggu kesehatan dan jatuhnya bisa jadi parno banget.

3 dari 10 halaman

Atur Waktu yang Cukup

Atur waktu yang cukup dari lamaran atauntunangan ke hari pernikahan. Jangan terlalu dekat, dan jangan juga terlalu lama. Jangan push diri sendiri untuk menetapkan tanggal pernikahan sesegera mungkin.

mengatur waktu yang cukup ke hari pernikahan memiliki banyak benefit. Kamu bisa mencari WO (wedding organizer) yang cocok, makin banyak pilihan dalam detail pernikahan, dan juga bisa dimanfaatkan untuk menabung.

Ilustrasi Melamar PasanganIlustrasi Melamar Pasangan © Shutterstock.com

4 dari 10 halaman

Jangan Paksa Budget Pernikahan

Tidak sedikit calon pengantin yang ingin memiliki acara atau resepsi pernikahan yang mewah dan besar-besaran. Walaupun sebenarnya mereka si calon pengantin tidak memiliki budget yang cukup untuk mewujudkannya.

Mewujudkan pernikahan impian tidak salah kok, namun kita juga harus realistis dengan kondisi budget sekarang. Maka dari itu, lebih baik sesuaikan saja budget yang ada untuk pernikahan. Ingat, pernikahan merupakan awal kamu membina rumah tangga dan tentu saja perjalananmu masih sangat panjang ke depan.

5 dari 10 halaman

Pakai Wedding Organizer

Wedding organizer hadir untuk memudahkanmu dalam mengatur hari pernikahan. Memang terkesan menambah budget, namun manfaatnya kamu jadi terbantu banget dalam merencanakan pernikahan.

Selain membantumu mengatasi pengeluaran yang tidak diperlukan, memakai WO juga bisa mengatasi rasa cemas atau gugup jelang pernikahan karena semuanya sudah ter-handle dan berjalan lancar.

dekorasi bunga pernikahan dekorasi bunga pernikahan © 2020 https://www.diadona.id/weddingz.in

6 dari 10 halaman

Ingat Kembali Waktu Bersama Calon Suami

Ketika kamu merasa stres karena mempersiapkan hari pernikahan, ingat kembali alasan kamu mempersiapkannya. Kenang kembali saat-saat kamu bersama dengan calon pasangan yang membuatmu ingin menikahinya. Pahami bahwa dia adalah alasan kamu mau bersusah payah mempersiapkan acara pernikahan.

Ingat kembali bahwa dialah alasanmu mau mengadakan acara pernikahan dan hidup selamanya bersamanya.

7 dari 10 halaman

Meditasi

Meditasi bisa banget dalam mengatasi rasa cemas dan gugup yang melanda. Lalukan teknik meditasi sederhana saat bangun tidur yang tentunya sangat efektif mengusir perasaan cemas dan gugup tersebut.

Ilustrasi MeditasiIlustrasi Meditasi © shutterstock

8 dari 10 halaman

Olahraga

Olahraga bisa dengan mudah mengusir rasa cemas dan gugup apapun alasannya. Cobalah untuk olahraga setiap hari.

Kamu bisa jogging saat pagi hari, atau aktivitas olahraga lainnya. Selain melepas stres, olahraga juga dapat meningkatkan self-esteem dan membuat dirimu poercaya diri di hari pernikahan.

9 dari 10 halaman

Pola Makan Sehat

Ketika cemas dan gugup sampai stres, kita jadi kesulitan untuk menjaga pola makan yang baik. Maka dari itu, perlu usaha yang lebih untuk menjaga pola makan yang baik.

Apalagi saat stres, usahakan untuk makan makanan sehat. Makanan bergizi tinggi juga dapat meredakan stres dan menjaga pikiran tetap positif.

Ilustrasi makanan sehatIlustrasi makanan sehat © Canada's Food Guide

Join Diadona.id