Meski Udah Cinta Banget, 5 Hal ini Sebaiknya Jangan Dikorbankan saat Pacaran

Relationship | Sabtu, 2 Oktober 2021 14:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Belum tentu dia jodohmu loh..

Jatuh cinta kerap diidentikan dengan istilah 'mabuk asmara'. Well, kalimat tersebut memang benar adanya. Saat jatuh cinta, seseorang pasti inginnya membahagiakan pasangannya terus-menerus.

Kadangkala, hal ini secara tidak disadari membuat seseorang kehilangan jati dirinya. Mereka rela melakukan apa saja demi membuat pasangannya merasa bahagia dan dicintai.

Meski Udah Cinta Banget, 5 Hal ini Sebaiknya Jangan Dikorbankan saat Pacaran
2 dari 8 halaman

Hal semacam ini justru perlu dihindari saat masa pacaran. Pasalnya, semua hal yang sudah dikorbankan demi pasangan, nggak menjamin hubungan tersebut akan berakhir di pelaminan loh.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ada sejumlah poin penting yang sebaiknya nggak kamu korbankan di masa pacaran. Check this out!

3 dari 8 halaman

1. Keluarga dan sahabat

Ilustrasi KeluargaIlustrasi Keluarga © Shutterstock.com/g/navee+sangvitoon

Keluarga dan sahabat seharusnya berada di tingkat yang sama dengan kekasih. Pasalnya sebelum kamu punya kekasih, mereka adalah sosok yang selalu menemani kamu di saat membutuhkan. Pasangan yang baik tidak akan meminta kamu 'menyingkirkan' keluarga dan sahabat demi membuktikan cintamu.

Alih-alih demikian, mereka justru akan mendukung kamu untuk tetap memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan sahabat. So, jika pasangan meminta kamu memprioritaskan mereka di atas keluarga dan sahabat bahkan sampai menjauhkan kamu dari mereka, sudah pasti dia bukanlah sosok pasangan yang tepat.

4 dari 8 halaman

2. Karier

Ilustrasi Wanita KarierIlustrasi Wanita Karier © shutterstock.com/g/asawin klabma

Setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan pasti ingin memiliki karier yang cemerlang. Apa lagi jika diperjuangkan dari titik terendah, mereka pasti punya harapan bisa mencapai puncak dalam kariernya. Pasangan yang baik akan mendukung kamu meraih kesuksesan karier.

Sedangkan pasangan yang tidak baik, seringkali meminta kamu 'mengalah' dengan meninggalkan karier yang sudah kamu bangun. Meski sudah cinta, sebaiknya hal ini nggak mudah kamu lepaskan. Melepaskan karier demi pasangan nggak selamanya membahagiakan, bisa jadi menimbulkan penyesalan. Lagipula, belum tentu juga hubungan yang kamu agung-agungkan ini akan berakhir di pelaminan.

5 dari 8 halaman

3. Kesehatan

Ilustrasi olahragaIlustrasi olahraga © freepik.com

Kesehatan adalah suatu rezeki yang mungkin kelihatan sepele, namun sebenarnya malah penting banget. Saking sepelenya, banyak yang tidak memperhatikan kesehatannya sendiri.

Jangan sampai kamu rela mengorbankan kesehatanmu demi membahagiakan pasangan. Misalnya, kamu sudah tau tidak bisa menghirup asap rokok tapi malah 'nekat' nongkrong dengan dia yang hobinya merokok setiap saat. Ingat girls, seseorang yang baik tentu akan memedulikan kesehatan pasangannya.

6 dari 8 halaman

4. Privasi

Ilustrasi Perempuan Main PonselIlustrasi Perempuan Main Ponsel © shutterstock.com/id/g/Lyubov Levitskaya

Saking cintanya dengan pasangan, kadangkala privasi yang sangat penting juga bisa diterobos. Yang paling mudah, privasi berupa kata sandi akun media sosial, pin ATM, atau bahkan masa lalu hingga masalah keluarga.

Jika masih berstatus pacaran, ada baiknya kamu melindungi privasimu dengan sebaik mungkin. Bukannya tidak terbuka dan jujur, tapi memang ada beberapa hal yang perlu kamu lindungi demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jika kalian sudah tidak bersama.

7 dari 8 halaman

5. Kontrol atas hidupmu

Ilustrasi Toxic RelationshipIlustrasi Toxic Relationship © imdb.com

Cinta boleh, tapi jangan bego. Sekalipun kamu sudah sangat cinta dan memercayainya, namun bukan berarti dia berhak mengontrol hidupmu. Apalagi jika masih berstatus pacaran, kamu harus bisa mengontrol diri sendiri dan tidak membuka peluang bagi orang lain untuk bertindak lebih jauh atas hidupmu.

Sesekali kamu minta pendapatnya untuk keputusan terpenting dalam hidupmu, boleh saja kok. Namun jangan terlalu bergantung pada dia hingga akhirnya membuat dia yang berkuasa atas kehidupanmu.

Join Diadona.id