Modal Cinta Aja Nggak Cukup, 5 Hal ini Juga Perlu Kamu Miliki dalam Menjalin Hubungan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 14 September 2020 09:15
Modal Cinta Aja Nggak Cukup, 5 Hal ini Juga Perlu Kamu Miliki dalam Menjalin Hubungan
Rasa cinta bisa hilang kapan aja loh~

Tanpa disadari banyak pasangan yang mengagung-agungkan cinta, menganggap bahwa kekuatan cinta bisa mengalahkan segala-galanya. Yaa boleh-boleh aja sih kalo ada yang mikir kayak gini..

Tapi nyatanya cinta itu bukan segala-galanya loh. Josh Klapow, Ph.D., seorang psikolog klinis menyatakan cinta bukan jaminan hubungan bakal awet.

Selain cinta, ada hal lain yang perlu kalian miliki dalam menjalin dan mempertahankan hubungan. Kira-kira apa aja, simak ulasan berikut ya!

1 dari 3 halaman

1. Percaya

Ilustrasi Pasangan Saling Memahami © Diadona

Jika kamu ingin hubungan bisa berjalan harmonis, maka cinta itu harus dibarengi dengan rasa percaya. Kalau ngakunya cinta tapi masih aja curiga dan nggak percaya sama pasangan, gimana hubungan bisa berjalan dengan sehat sih?

2. Menghormati

Ketika menjalin hubungan dengan seseorang, kamu perlu tetap menghormati satu sama lain. Saling menghormati, saling memahami akan membuat hubungan terasa lebih ringan untuk dijalani.

2 dari 3 halaman

3. Perasaan aman

Ilustrasi Quality Time dengan Pasangan © Diadona

Hubungan yang sehat ditandai ciri-ciri perasaan aman dan nyaman saat bersama pasangan. Kalau kalian hanya mengutamakan cinta tapi masih sering merasa insecure, hubungan juga nggak bakal enak untuk dijalani kan?

4. Kemandirian

Sekalipun sudah memiliki pasangan, kamu dan dia tetap perlu memiliki kemandirian masing-masing. Kemandirian itu bisa terwujud manakala kalian sama-sama bebas menjadi diri sendiri, bebas melakukan apa yang diinginkan, bahkan bebas menentukan suatu pilihan yang penting.

3 dari 3 halaman

5. Komunikasi

Ilustrasi Pasangan Ngobrol © Diadona

Yup, komunikasi adalah hal yang juga penting dalam menjalani suatu hubungan. Manfaatkan komunikasi untuk menetapkan batasan, mengungkapkan perasaan, menyelesaikan masalah, bahkan menyatakan keinginan masing-masing.


Tuh, cinta emang perlu kok. Tapi harus disertai dengan komponen lain untuk menjaga hubungan tetap awet dan harmonis. Jadi gimana, modal cinta aja ternyata nggak cukup kan?

Beri Komentar