Ngerasa Si Dia Jadi Beda, Apa yang Bikin Sifat Pasangan Bisa Berubah?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 19 Januari 2021 13:40
Ngerasa Si Dia Jadi Beda, Apa yang Bikin Sifat Pasangan Bisa Berubah?
Penyebab sifat pasangan berubah di tengah hubungan.

"Kenapa dia nggak semanis dulu waktu zaman PDKT ya?"

Sering muncul pertanyaan tersebut di kepalamu?

Perubahan sifat pasangan adalah sesuatu yang paling sering dijumpai dalam hubungan. Nggak cuma di masa pacaran, saat menikah pun kamu bakal menjumpai lebih banyak perubahan lagi dari kepribadian pasanganmu.

Beberapa menganggap perubahan sebagai hal wajar, tapi nggak sedikit pula yang merasa terancam dengan perbedaan yang muncul dari sikap dan sifat pasangan. Pertanyaannya, apa sih yang bikin sifat pasanganmu berubah?

1 dari 3 halaman

Bagian dari Pertumbuhan Dirinya

Coba kamu ingat-ingat gimana dirimu waktu masih duduk di bangku SMA. Sekarang bandingkan dengan dirimu kini yang mungkin sudah ada di tahap akhir pekuliahan, baru terjun ke dunia kerja, atau bahkan sudah berkeluarga. Ada kah perbedaan?

Kemungkinan besar kamu mengalami perbedaan yang signifikan dari segi sifat dan sikap dari masa ke masa. Begitu pula dengan perubahan dalam hubungan yang merupakan fase baru di kehidupan.

Ada banyak hal yang kita jumpai dalam perjalanan hidup, yang kemudian mempengaruhi banyak aspek, mulai dari sudut pandang sampai cara kita menyikapi sesuatu. Kondisi ini terbilang wajar karena merupakan bagian dari pertumbuhan karakter seseorang.

2 dari 3 halaman

Lelah Memendam Sesuatu

Ilustrasi pasangan berdebat © Diadona

Saat kamu menyadari munculnya perubahan dari diri pasangan, tentu kita akan cenderung menanyakannya pada yang bersangkutan. Masalahnya, beberapa orang tak cukup terbuka untuk menceritakan perasaan sesungguhnya.

Perubahan yang terjadi pada pasangan bisa saja menjadi bentuk dari akumulasi rasa lelahnya karena terus menerus memendam sesuatu. Alih-alih kesal karena sifatnya tak lagi sama dengan yang kita kenal dulu, cobalah untuk lebih banyak memberi perhatian sambil mengorek informasi, ada perasaan apa di balik perubahan sifatnya.

3 dari 3 halaman

Memang Begitu Sifat Aslinya

Adalah hal yang umum untuk mempertanyakan perubahan sifat pasangan jika membandingkannya dengan masa pendekatan. Segala sikap manisnya kok tiba-tiba berubah jadi biasa aja?

Yah, kemungkinan besar memang begitu sebenarnya sifat aslinya. Ibarat film, pendekatan hanyalah teaser, pacaran seperti trailer, dan pernikahan adalah film utuhnya. Apa yang kamu lihat di tiap fase pasti akan memberikan kesan berbeda.

Bukan dianya yang berubah, kamu aja yang baru tau.

Beri Komentar