Pasangan yang Jarang Diajak Bercinta Lebih Gampang Marah lho, Makanya Jangan Dianggurin!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 7 April 2020 19:19
Pasangan yang Jarang Diajak Bercinta Lebih Gampang Marah lho, Makanya Jangan Dianggurin!
Nggak ada salahnya kok kalau rutin berhubungan intim..

Jika selama ini kita beranggapan bahwa seks untuk melampiaskan hasrat semata, ternyata itu nggak sepenuhnya benar lho. Seorang pakar seks menyatakan bahwa berhubungan intim dengan pasangan ternyata punya banyak manfaat lho.

Tapi usut punya usut, pasangan yang jarang bercinta ternyata jadi lebih gampang marah nih. Kalau udah marah, mau diajakin berhubungan pun pasti udah nggak nikmat.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Pasangan Marah © Diadona

Laura Berman, Ph.D, pimpinan kesehatan seksual wanita di Chicago menyatakan bahwa seks adalah obat kemarahan. Ketika kehidupan seks tidak berjalan baik, hubungan akan menjadi rapuh, mulai timbul jarak, bahkan parahnya bisa berakhir dengan perceraian. Manakala hubungan seksual nggak terjadi sebagaimana mestinya, maka salah satu pihak akan rentan merasakan kemarahan. 

2 dari 2 halaman

James Coan, Ph.D., psikolog dari Universitas Virginia menyatakan hal serupa. Hubungan seksual yang dilakukan secara rutin memberikan dampak yang baik pada proses penyembuhan. Bahkan seks secara rutin membuat pasangan jadi jarang sakit dan hidup lebih lama.

Nggak cuma itu, James juga menambahkan bahwa hubungan intim dengan pasangan bisa menurunkan tingkat kegelisahan, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki sistem imun. Hormon oksitosin dan endorphins yang dilepaskan saat bercinta, menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia.