Pentingnya Tetap Menjalin Hubungan Persahabatan Walau Kita Sudah Menua

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 11 Februari 2021 13:20
Pentingnya Tetap Menjalin Hubungan Persahabatan Walau Kita Sudah Menua
Ternyata, menjalin hubungan persahabatan sangat penting dilakukan terlebih di usia yang sudah tak lagi muda.

Disadari atau tidak, mungkin kita merasakan bahwa akan terasa semakin sulit untuk menemukan teman baik seiring bertambahnya usia. Padalah, menjalin hubungan persahabatan terbilang penting, lho.

Hal ini tentu mengharuskan kita untuk berinvestasi dengan membangun koneksi yang langgeng dan itu mungkin sangatlah sulit untuk diterapkan. Benar bukan?

1 dari 3 halaman

Melansir dari Yourtango pada Kamis (11/2/2021), menjalin persahabatan adalah panggilan untuk menciptakan ruang dalam hidup kita untuk menjadi saksi aktif kehidupan orang lain dan untuk menghargai pertukaran yang diciptakannya.

Tetap Menjalin Hubungan Persahabatan Walau Kita Sudah Menua © Diadona

Teman akan memberi kita kegembiraan Namun, banyak orang sering kali begitu sibuk dengan urusan untuk membesarkan keluarga muda, merawat orang tua yang menua, atau bekerja tanpa henti hampir sepanjang hari, hanya ada sedikit waktu atau energi yang tersisa untuk diinvestasikan dalam memelihara persahabatan. Terlebih, untuk menjalin persahabatan baru.

2 dari 3 halaman

Menjalin hubungan persahabatan ternyaat penting untuk kesehatan seiring bertambahnya usia.

Studi tentang persahabatan telah menunjukkan bahwa orang-orang ramah dengan banyak orang, tetapi memiliki sedikit teman dekat. Apakah itu cukup sebagai jaring pengaman sosial selama masa stres yang tinggi?

Bagi banyak orang, media sosial tidak mendukung keterlibatan langsung yang lebih dalam yang dapat membangun fondasi untuk menjalin hubungan seumur hidup.

Tetap Menjalin Hubungan Persahabatan Walau Kita Sudah Menua © Diadona

Dalam beberapa tahun terakhir, mempertahankan persahabatan telah dikaitkan dengan peningkatan umur panjang, menjadi model yang lebih baik untuk anak-anak dan interaksi sosial mereka, serta pengurangan kondisi penyakit kronis bagi lansia.

3 dari 3 halaman

Menjalin pertemanan seiring bertambahnya usia bisa dimulai dengan menemukan orang-orang yang menyukai hal yang sama dengan kita.

Doronglah diri untuk bisa keluar dari zona nyaman untuk kembali bertemu dengan orang baru. Seperti halnya teman online, berbagi cerita dan kesibukan. Kita bisa menemukan pasion baru seperti olahraga, seni, musik, hewan peliharaan, hobi, dan eksplorasi spiritual. Banyak cara kok untuk mendapatkan pertemanan baru terlebih pada usia kita yang sudah mulai menua. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Beri Komentar