Peringati Hari Pemuda Internasional, Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan agar Tak Menyesal di Masa Tua

Relationship | Kamis, 12 Agustus 2021 16:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Jangan sia-siakan masa mudamu ya, guys!

Hari ini, 12 Agustus bertepatan dengan momentum International Youth Day atau Hari Pemuda Internasional. Momen ini sengaja diperingati agar pemerintah maupun seluruh masyarakat memiliki perhatian khusus mengenai isu pemuda yang ada di seluruh dunia.

Masa muda memang terlihat menyenangkan dan tidak banyak tuntutan. Namun hal itu seringkali membuat banyak pemuda jadi terlena dan nggak melakukan banyak hal bermanfaat dalam hidupnya. Alhasil, timbul penyesalan-penyesalan di masa dewasa hingga tua.

Supaya hal ini nggak terjadi pada kamu, berikut ada 5 hal penting yang bisa dilakukan agar masa muda tak terlewati dengan sia-sia. Simak selengkapnya yaa..

Peringati Hari Pemuda Internasional, Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan agar Tak Menyesal di Masa Tua
2 dari 7 halaman

1. Bangun relasi

Ilustrasi Berkenalan dengan Orang BaruIlustrasi Berkenalan dengan Orang Baru © shutterstock.com/id/g/SunnyVMD

Banyak orang berlomba-lomba untuk pintar secara akademik, namun lupa membangun relasi dengan orang di sekitarnya. Padahal, punya relasi yang luas juga jadi salah satu hal yang paling penting loh! Kita nggak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, untuk itu membangun pertemanan seluas-luasnya sangat diperlukan karena pasti bermanfaat di waktu-waktu yang tidak terduga.

3 dari 7 halaman

2. Temukan passion

Di usia muda, kita seringkali bergerak mengikuti trend atau bahkan pilihan orang lain. Sebaiknya, hal semacam ini mulai kamu tinggalkan. Coba deh, temukan passionmu dan gali lebih dalam. Dengan demikian, kamu akan lebih tahu mana yang terbaik untukmu dan kamu bisa berkembang jadi lebih baik lagi.

4 dari 7 halaman

3. Perbanyak rasa ingin tahu

Ilustrasi Perempuan di Depan LaptopIlustrasi Perempuan di Depan Laptop © freepik.com/tirachardz

Rasa ingin tahu itu penting banget loh, terutama yang berkaitan dengan pengetahuan dan lingkungan. Perbanyak rasa ingin tahu untuk menambah wawasan, sehingga kamu bisa nyambung saat diajak ngobrol tentang beragam hal yang sedang terjadi. Tapi ingat, jangan malah terjebak jadi pribadi yang terlalu kepo yaa..

5 dari 7 halaman

4. Manfaatkan momen liburan sebaik mungkin

Anak muda biasanya memiliki semangat untuk mengeksplore hal-hal baru. Salah satu cara yang sering dilakukan yakni dengan jalan-jalan atau traveling saat liburan. Saat menikmati hal ini, sebaiknya kamu selingi dengan hal lain seperti mencari inpirasi atau menambah wawasan agar momen liburanmu benar-benar bermanfaat.

6 dari 7 halaman

5. Cari pengalaman yang bermanfaat

Ilustrasi VolunteerIlustrasi Volunteer © shutterstock.com/id/g/Rawpixel

Di usia yang masih muda biasanya ada banyak waktu yang senggang. Daripada gabut-gabut nggak jelas, kamu bisa mengikuti kegiatan yang positif dan mencari pengalaman-pengalaman baru. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, supaya masa mudamu nggak terlewati dengan sia-sia.

Join Diadona.id