Punya Banyak Mantan Katanya Bikin Hubungan Selanjutnya Jadi Lebih Langgeng, Emang Bener ya?

Relationship | Minggu, 22 November 2020 09:15
Punya Banyak Mantan Katanya Bikin Hubungan Selanjutnya Jadi Lebih Langgeng, Emang Bener ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Keberadaan mantan nggak selamanya berdampak negatif kok..

Nggak semua orang suka membahas soal mantan pacar atau bahkan mantan pasangannya. Apalagi jika jumlah mantanya terbilang cukup banyak, pasti males sih kalau harus dibahas-bahas lagi..

Biasanya punya banyak mantan akan membuat seseorang dicap negatif loh. Bisa jadi emang suka gonta-ganti pasangan atau malah karena gampang ditipu dan dibodohi lawan jenis.

Meski sering mendapat penilaian negatif, punya banyak mantan kadangkala memberi dampak positif juga kok. Penasaran apa aja manfaatnya? Simak selengkapnya ya..

2 dari 4 halaman

1. Bisa lebih memahami orang lain

 Ilustrasi PertemananIlustrasi Pertemanan © shutterstock.com/g/sutadwatthanakul

Setiap orang pasti punya karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Nah, dengan memiliki banyak mantan, tanpa disadari kamu akan belajar untuk menghadapi tipe orang yang berbeda-beda pula. Hal inilah yang sebenarnya membentuk kamu jadi pribadi yang lebih mudah memahami orang lain dan bagaimana harus bersikap terhadap mereka.

2. Nggak mudah tertipu janji palsu

Punya banyak mantan kadangkala juga mengajarkan pada kamu untuk bisa lebih berhati-hati dengan orang baru yang masuk dalam kehidupanmu. Kamu pun lebih bisa merasakan manakah orang yang benar-benar tulus atau justru cuma sekadar mengumbar janji manis padamu.

3 dari 4 halaman

3. Menambah wawasan

 Ilustrasi MengobrolIlustrasi Mengobrol © shutterstock.com/g/Roman Samborskyi

Kadangkala, keberadaan mantan memang ditujukan untuk memberi pengalaman atau wawasan baru bagi kita. Utamanya jika mantan-mantan itu memiliki latar belakang yang berbeda, maka tentunya kita akan memperoleh ilmu dan wawasan yang semakin beragam kan?

4. Mudah bersosialisasi

Dengan memiliki banyak mantan, tanpa disadari kamu sebenarnya juga belajar untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan berbeda. Hal inilah yang tanpa diduga membuat kamu lebih mudah bersosialisasi dengan orang baru. Menjalin relasi pun nggak akan sesulit yang dibayangkan dong?

4 dari 4 halaman

5. Hubungan selanjutnya akan lebih langgeng

 Ilustrasi Pasangan BerpelukanIlustrasi Pasangan Berpelukan © shutterstock.com/g/Roman Samborskyi

Jika kamu sungguh-sungguh belajar dari kegagalan-kegagalan yang sudah pernah terjadi, tentunya kamu akan semakin dewasa manakala menjalin hubungan yang baru. Kamu akan lebih bisa menghadapi pasangan dan tau hal apa yang diperlukan untuk mempertahankan hubungan.


Well, punya banyak mantan itu nggak salah kok. Yang terpenting adalah saat kita mau belajar dari setiap kegagalan dan nggak mengulanginya di hubungan yang baru. Lagipula, mantan nggak harus selamanya dibenci kok.. Jadi, terimakasih mantan!

Join Diadona.id