Punya Saudara Perempuan Bikin Hidup Lebih Bahagia, Bener Nggak sih?

Relationship | Senin, 2 Agustus 2021 16:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Lebih bahagia atau lebih sering berantem?

Memiliki saudara, entah laki-laki atau perempuan memang menimbulkan sensasi berbeda. Namun yang seringkali jadi sorotan adalah persaudaraan antara para perempuan.

Memiliki saudara perempuan seringkali identik dengan 2 hal, di satu sisi bisa kompak banget, tapi di sisi lain bisa sering timbul pertengkaran. Entah berebut pakaian, sepatu, makanan, bahkan cowok!

Punya Saudara Perempuan Bikin Hidup Lebih Bahagia, Bener Nggak sih?
2 dari 6 halaman

Namun ternyata, sebuah survei justru mengungkap hal berbeda. Sebuah survei yang dilakukan di University of Ulster, Irlandia Utara, menemukan fakta bahwa memiliki saudara perempuan justru bikin hidup terasa lebih bahagia.

Ilustrasi Saudara PerempuanIlustrasi Saudara Perempuan © shutterstock.com/jaren

Survei ini telah dilakukan pada 570 orang dengan rentang usia 17-25 tahun. Para responden ditanya seputar psikologi, termasuk beberapa topik soal kesehatan mental.

3 dari 6 halaman

Dari survei tersebut, ditemukan kesimpulan bahwa seseorang yang memiliki saudara perempuan cenderung memiliki rasa keterbukaan. Keberadaan saudara perempuan, baik sebagai kakak maupun adik, membuat seseorang lebih mudah mengutarakan perasaannya. Bahkan, mereka akan terbentuk jadi sosok yang lebih optimis.

"Memiliki saudara perempuan membuat kita lebih terbuka dalam berkomunikasi dan lebih mudah menceritakan masalah pada keluarga. Ekspresi emosional sangat penting bagi kesehatan psikologis dan dengan memiliki saudara perempuan, hal ini dapat tersalurkan dengan baik,," ungkap Profesor Tony Cassidy sang pemimpin penelitian, seperti melansir dari Her.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Saudara PerempuanIlustrasi Saudara Perempuan © shutterstock.com/g/Dragon Images

Apakah hal serupa bisa terjadi jika kita memiliki saudara laki-laki? Rupanya ini agak susah ditemukan pada laki-laki, sebab mereka secara naluriah tidak terlalu terbuka tentang perasaannya.

Kebanyakan laki-laki cenderung diam dan mudah mengekspresikan perasaannya. Alhasil, saudaranya pun akan ikut jadi pendiam dan sulit mengungkapkan perasaannya.

5 dari 6 halaman

Berbanding terbalik dengan hal itu, saudara perempuan yang ekspresif pun membuat kita jadi lebih mudah terbuka padanya. Dengan keterbukaan dan tidak memendam suatu hal, perasaan kita akan jadi lebih ringan dan mudah bahagia.

Meski demikian, memiliki saudara laki-laki bukan berarti hal buruk kok. Sebab, ada juga saudara laki-laki yang lebih bisa mengayomi dan membuat saudaranya jadi pribadi yang terbuka pada keluarga.

Join Diadona.id