Punya Teman yang 'Toxic'? Ini Cara Mengatasinya

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 20 Januari 2020 16:45
Punya Teman yang 'Toxic'? Ini Cara Mengatasinya
Banyak yang tidak sadar bahwa selama ini mereka berada di dalam lingkungan pertemanan yang 'toxic'.

Kamu pasti pernah bertemu dengan seseorang yang sepertinya bisa selalu membuatmu jengkel dan marah dalam hidupmu. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa dia selalu bisa melakukan hal itu.

Namun kamu tidak perlu penasaran lagi karena pada intinya dia adalah teman yang 'toxic' untukmu. Banyak sikap menyebalkan yang dimiliki teman 'toxic', salah satunya adalah narsis.

1 dari 4 halaman

Menghadapi teman yang terlalu narsis bisa membuatmu hampir kehilangan kesabaran. Kamu mungkin akan selalu merasa emosimu naik saat menghadapinya. Meskipun ada banyak jenis narsisme, beberapa di antaranya senang dengan drama yang disebabkan oleh perilaku buruk mereka sendiri.

Mereka senang membuatmu mempertanyakan bagaimana sebuah peristiwa benar-benar terjadi dan menentang pendapat yang berbeda dengan mereka. Sayangnya orang-orang seperti ini seringkali tidak kamu sadari berada di sekitarmu.

Setelah kamu menyadari keberadaan mereka di sekitarmu, kamu bisa mengikuti beberapa cara untuk keluar dari lingkaran pertemanan dengannya. Dilansir dari Your Tango, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat menghadapi temanmu yang 'toxic'.

2 dari 4 halaman

Memilih sudut pandang pengamat

Ilustrasi pasangan bertengkar © Diadona

Saat temanmu mulai mengungkapkan pendapatnya dan memaksamu untuk menyetujuinya, kamu bisa berusaha untuk tidak terpengaruh dengan mengambil sudut pandang pengamat. Mereka mungkin akan berusaha keras untuk membuatmu terjebak dalam cara mereka berpikir, namun kamu harus tetap bertahan. Hal ini bisa membantumu untuk tetap sadar dan menjauh dari masalah.

3 dari 4 halaman

Menjaga kesehatan jiwa

ilustrasi wanita sendirian © Diadona

Terkadang kamu berteman dengan mereka karena mereka bisa melihat kekurangan dalam dirimu. Kamu tanpa sadar membiarkan mereka menindas dan merendahkanmu karena kamu merasa kamu pantas mendapatkannya. Padahal tidak ada yang benar dari semua tindakan itu. Kamu telah mengajarkannya untuk bertindak semaunya. Mulailah untuk mengatakan pada dirimu sendiri bahwa kamu tidak pantas diperlakukan seperti itu. Hanya diri sendirilah yang bisa menjaga kesehatan jiwa kita sendiri.

4 dari 4 halaman

Jauhkan diri dari masalah

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Tanyakan pada dirimu, apakah kamu benar-benar yakin untuk membiarkannya ada di dalam hidupmu? Lihatlah, apakah kamu terlibat dalam sebuah masalah dan drama yang tidak seharusnya kamu alami?

Teman yang 'toxic' membutuhkan penonton untuk drama yang mereka buat. Apakah kamu yakin kamu masih ingin terlibat dalam masalah dan drama yang mereka buat?

Jika tidak, sebaiknya kamu fokus pada hal lain yang bisa membuatmu lebih sehat. Hiburlah dirimu sendiri dengan kegiatan yang menyenangkan untuk dirimu sendiri.

Beri Komentar