Selain Cinta, Apa Saja sih yang Sebaiknya Diperhatikan dalam Pernikahan?

Relationship | Selasa, 4 Mei 2021 17:00
Selain Cinta, Apa Saja sih yang Sebaiknya Diperhatikan dalam Pernikahan?

Reporter : Yayuk Harini

Jangan sampai terlena karena cinta ya Dazens!

Apakah Diazens saa ini sedang menjalin hubungan serius menuju jenjang pernikahan? Jika demikian, maka kali ini Diadona.id akan mengulas tentang pernikahan merupakan hubungan yang sangat kompleks.

Jangan sampai Diazens terbutu-buru membuat keputusan hanya atas dasar cinta ya. Lalu, selain cinta apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam sebuah pernikahan? Berikut ini adalah beberapa detail perihal apa saja yang sebaiknya dipersiapkan dengan seksama sebelum putuskan menikah melansir dari Insightme.id pada Selasa (4/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Segi Keuangan

Tak bisa dipungiri bahwa kita semua membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Dalam menyikapi segala keadaan, kita sepatutnya harus realistis mengenai ekonomi ini ya Diazens.

" Uang mulu, ini nih penyebab banyak perempuan dikatain sebagai makhluk materialistis."

Eits, tungu-tunggu. Aturan dari mana itu? Hehe... Berbicara tentang uang bukan berarti Diazens tipe perempuan matre ya? Namun lebih kepada fakta yang menandaan bahwa keuangan adalah topik penting untuk dibicarakan dengan pasangan. Keuangan di sini bisa mencakup cara memerlakukan keuangan, sumber penghasilan, hingga pada rencana investasi serta kebutuhan selama berumah tangga.

3 dari 7 halaman

2. Cara Berargumen

 Ilustrasi Pasangan Saling MenatapIlustrasi Pasangan Saling Menatap © shutterstock.com/id/g/aslysun

Menyadari bagaimana cara pasangan berargumen juga hal penting. John Gottman, menggambarkan 4 perilaku yang perlu dihindari dalam hubungan yaitu mengkritik dengan tujuan menyerang, menghina, mencari pembelaan atas kesalahan tak berdasar, dan menghindar kala ada konflik.

Menurutnya, salah satu kunci keberhasilan dalam hubungan adalah cara pasangan dalam menghadapi masalah yang dihadapi dan menyelesaikan argumen dengan sehat. Jadi, terlebih dahulu pahami semua sikap dalam artian cara berargumen dengan pasangan sebelum menikah ya.

4 dari 7 halaman

3. Memahami Perubahan

Selama pernikahan tentulah tak akan selalu berjalan mulus Diazens. Akan ada masanya kamu dan pasangan menghadapi keadaan yang sulit.

Jadi, sebaiknya bicarakan hal seputar growth mindset agar kamu dan pasangan mampu menghadapi berbagai perubahan dalam kehidupan berumah tangga kelak. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mengarahkan upaya semaksimal mungkin untuk mengatasi kegagalan serta memahami satu sama lain.

5 dari 7 halaman

4. Pandangan Terkait Pasangan

 Ilustrasi PasanganIlustrasi Pasangan © Shutterstock.com/g/BiancoBlue85

Hal ini adalah seputar bagaimana kamu dan pasangan bisa saling memandang kedudukan satu sama lain. Apakah ada dari salah satu dari kalian dipandang lebih tinggi, atau memiliki pandangan sederajat akan kedudukan yang dimiliki.

Hal ini sangatlah penting lantaran bepengaruh dengan cara berinteraksi serta pembagian peran nantinya. Ingat, dalam kehidupan rumah tangga kamu dan pasangan ibarat partner hidup yang saling membantu, serta melengkapi kekososngan yang dimiliki masing-masing.

6 dari 7 halaman

5. Pengalaman Terdahulu dan Rencana Membesarkan Anak

Berbicara mengenai pengalaman terdahulu serta cara mengasuh orang tua masing-masing dapat memberikan gambaran pengaruh terhadap perilaku kita dan bagaimana mengasuh anak nanti.

Secara rinci, keletakan yang dibangun orang tua kepada kita dahulu akan sangat berpengaruh bagaimana kita dengan padangan, hingga kita menurunkannya kepada anak-anak kelak.

Jika pola keletakan yang selama ini terjalin adalah tidak aman dan menimbulkan kecemasan atau hubungan yang tidak sehat, maka hal ini sangat penting untuk diperbaiki, Diazens.

7 dari 7 halaman

Pernikahan memang sangatlah diperlukan cinta, namun tak hanya cukup dengan itu saja Diazens. Nah, dengan membicarakan hal-hal ini adalah salah satu upaya untuk mempersiapkan pernikahan yang sehat, langgeng, dan bahagia.

Semoga menginspirasi ya. Semangat!

Join Diadona.id