Sering Terjadi hingga Dianggap Sepele, 5 Perilaku ini Bisa Berujung pada Toxic Relationship

Relationship | Kamis, 7 Oktober 2021 15:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Kenali benar-benar hubunganmu, apakah sudah sehat atau diam-diam toxic?

Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan yang sehat. Indikasinya seringkali terlihat dari hubungan yang adem ayem, harmonis, dan nggak banyak bertengkar.

Namun tahu nggak sih, nggak semua hubungan yang 'aman' ini benar-benar sehat loh. Melansir dari Your Tango, ternyata ada beberapa perilaku sepele yang bisa membuat hubungan mengarah pada toxic relationship.

Seperti apa penjelasannya, berikut ulasannya.

Sering Terjadi hingga Dianggap Sepele, 5 Perilaku ini Bisa Berujung pada Toxic Relationship
2 dari 7 halaman

1. Merasa bisa membaca pikiran pasangan

Ilustrasi Toxic CoupleIlustrasi Toxic Couple © 2019 https://www.diadona.id / @tumblr

Ada seseorang yang beranggapan udah kenal banget dengan pasangannya, hingga merasa bisa mengerti apa yang dipikirkan dan dirasakan pasangannya tersebut. Padahal, manusia sebenarnya nggak bisa melakukan hal tersebut loh.

Jangan suka menebak-nebak apa yang dipikirkan atau dirasakan pasangan, karena nggak selamanya tebakanmu benar. Mending, utamakan komunikasi dan kejujuran supaya nantinya nggak menimbulkan salah paham.

3 dari 7 halaman

2. Mudah baper

Perasaan mudah baper lama-kelamaan akan membuat hubungan berada dalam kondisi toxic. Kamu mungkin merasa ucapan atau perbuatan pasangan ditujukan buat kamu, padahal nggak selamanya begitu.

Biasanya, perasaan baper ini berkaitan dengan sesuatu yang negatif. Jika dibiarkan terus-terusan, kamu akan mengalami insecure dan mempertanyakan self-worthy pada diri sendiri.

4 dari 7 halaman

3. Merasa bisa mengendalikan emosi pasangan

Ilustrasi Toxic RelationshipIlustrasi Toxic Relationship © shutterstock.com/g/dobled

Lagi-lagi, ada perasaan memiliki yang membuat seseorang bisa mengendalikan pasangannya. Nyatanya, nggak semua orang bisa mengendalikan emosi orang lain.

Apa yang dirasakan dan dipikirkan pasangan, berada di luar kendali kita. Kalau kita berpikiran punya 'kuasa' untuk mengendalikan pasangan, itu tandanya kita memiliki pikiran yang toxic.

5 dari 7 halaman

4. Membiarkan pasangan mengendalikan kamu

Kamu berada di pihak yang salah jika sampai beranggapan bisa mengendalikan pasangan. Namun di sisi lain, kamu juga salah jika berpasrah diri dan membiarkan pasangan mengendalikan hidupmu.

Hal ini akan membuat kamu ujung-ujungnya akan menyalahkan pasangan atas emosi yang kamu rasakan. Perlu banget dipahami, setiap perasaan yang kita alami adalah tanggung jawab kita sendiri.

6 dari 7 halaman

5. Merasa nggak punya pilihan

Ilustrasi Toxic RelationshipIlustrasi Toxic Relationship © shutterstock.com/g/eldarnurkovic

Terlalu sayang pada pasangan kadang membuat seseorang jadi lebih pasrah jika diperlakukan begini-begitu. Tak jarang, perasaan sayang ini membuat seseorang jadi memaklumi perilaku buruk pasangannya.

Kamu merasa nggak ada pilihan lagi selain menerima perilaku tersebut. Hey, ini pemikiran yang salah loh Girls. Meskipun sayang, kamu harus tetap berpikir logis, apakah perilakunya padamu masih bisa diterima atau tidak.

Join Diadona.id