Setelah Mengalami Luka, Kapan ya Waktu yang Pas buat Kembali Menjalin Cinta?

Relationship | Rabu, 16 September 2020 13:54
Setelah Mengalami Luka, Kapan ya Waktu yang Pas buat Kembali Menjalin Cinta?

Reporter : Yayuk Harini

Ketahui waktu yang tepat untuk kembali menjalin asmara.

Rasa cinta memang datang dan pergi sesuka hati. Kita sebagai makhluk memang tak kuasa untuk menentukan kapan kita akan memendam rasa dan kepada siapa hati ini akan berlabuh. Kadang, saat kita sudah merasa klop kepada seseorang, dia yang malah seenaknya saja menghancurkan kepingan harapan. Alhasil, kita jadi merasa terpuruk karena mengetahui bahwa rasa ini tak kunjung berlabuh pada sosok yang tepat.

Merasakan putus cinta memang sangatlah sakit. Setiap orang tentu akan memilik waktu yang berbeda untuk menyembuhkannya. Walau terbilang sangat klise, namun benar adanya kalau cinta itu memang terpatri dan membekas hingga sulit hilang. Namun Girls, kita juga harus tahu bahwa enggak ada salahnya untuk kembali menemukan cinta dan seseorang yang tepat.

" Lalu kapan sih waktu yang pas untuk kembali merasakan cinta?" Yap, biar kita enggak lagi merasakan luka yang sama, beberapa waktu berikut ini mungkin bisa menjadi bahan renungan.

2 dari 5 halaman

Saat Kamu Telah Mengenal Lebih Baik Diri Sendiri

 Ilustrasi Perempuan Tampil NaturalIlustrasi Perempuan Tampil Natural © Freepik.com

Tidak ada patokan khusus untuk menyembuhkan luka setelah patah hati. Namun, segera pindah ke lain hati atau biasa disebut 'move on' adalah trik jitu untukmu mampu melakukan kencan kembali. Memang sulit, namun apakah kita harus selalu memikirkan sesuatu yang sudah jelas bukan jadi jalan hidup?

Dengan memberikan batas waktu tertentu kamu pasti akan tahu bahwa dengan kejadian ini kamu bisa mempelajari banyak hal. Hubungan yang sebelumnya tak baik, akan menjadi patokan bagimu untuk terus tumbuh lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian, kamu tentu akan mengetahui batasanmu dan segera tahu bahwa inilah saat yang tepat bagimu untuk kembali merasakan cinta.

3 dari 5 halaman

Tidak Lagi Terobsesi dengan Masa Lalu

 Ilustrasi Perempuan MenyendiriIlustrasi Perempuan Menyendiri © shutterstock.com/g/alliance

Saat kita tidak lagi terobsesi dengan mantan kekasih, maka ini bisa jadi pertanda kalau luka hati sudah mulai sembuh. Cukup simple kok, hal ini ditandai dengan kita yang tidak lagi memikirkannya, tidak mencari tahu keadaannya di situs jejaring sosial atau tidak lagi berusaha menghubunginya. Intinya no stalking dan benar-benar kamu masa bodo dengan kehidupannya.

Bahkan kita mungkin berfikir " Bagaimana bisa aku sesedih ini ketika ditinggalkannya, konyol banget ya!" . Nah, maka dari itu, ini merupakan salah satu sinyal kalau kita sudah siap untuk menjalin cinta yang baru. Membuka lembaran baru dengan sosok yang benar-benar pantas untuk mendapatkan perhatian kita.

4 dari 5 halaman

Merasa Bahagia dan Tidak Lagi Marah

 Ilustrasi PerempuanIlustrasi Perempuan © Freepik.com

Hayo ngaku, satu perasaan yang kamu alami saat sedang putus cinta adalah marah. Benar dong? Memang sulit ya menghilangkan rasa itu. Ibaratnya, rasa marah adalah bayangan yang selalu mengikuti kita kemanapun kita pergi.

Nah, jika dalam rentang waktu tertentu kita sudah tidak lagi merasakan kemarahan ini, bisa jadi ini adalah pertanda kita yang siap untuk menjalin cinta yang baru. Memang butuh waktu lama dan biasanya disertai dengan tidak lagi berharap untuk kembali menjalin hubungan dengannya.

Bahkan, hanya sekedar mendengar nama atau melihat fotonya saja hanya ada perasaan datar. Hal ini menunjukan bahwa kita mulai membaik. Tapi, jika ternyata mendengar nama atau melihat dia masih terbersit rasa marah, itu pertanda kita masih membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka hati sebelum menjalin hubungan baru. Jangan sampai ketika memulai hubungan, kita masih dibayang-bayangi sang mantan ya.  

5 dari 5 halaman

Mulai Melirik Sosok Lelaki

 Ilustrasi Perempuan Memberikan HadiahIlustrasi Perempuan Memberikan Hadiah © freepik.com

Seperti yang sudah terjadi, bahwa kita tidak bisa mengontrol perasaan. Begitu pula saat kita sudah bisa memafkan masa lalu dan menemukan sosok lelaki atau hanay sekesar memperhatikannya saja. Ketika ini terjadi, maka inilah saat yang pas untukkita membuka hati. Apalagi saat kita mulai mendekati atau hanya sekedar meresponnya dengan beberapa tindakan. Artinya perasaan kita sudah tak lagi terperangkap dalam kesedihan akibat putus cinta.

Nah, itulah tadi beberapa kondisi yang bisa mengartikan bahwa inilah waktu yang tepat untuk kita menjalin hubungan cinta kembali. Jangan takut dan patah semangat. Setiap tindakan memang selalu ada konsekuensinya. Namun, tetap berusaha untuk mencegak kemungkina terburuk adalah salah satu usaha kita. Semoga kita selalu mendapatkan hal baik dalam hidup, termasuk perkara jodoh. Tetap semangat!

Join Diadona.id