9 Sikap Elegan Membalas Pesan dari Mantan yang Tiba-Tiba Chat Sesuka Hati, Jangan Dikasih Celah!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 24 Januari 2024 12:30
9 Sikap Elegan Membalas Pesan dari Mantan yang Tiba-Tiba Chat Sesuka Hati, Jangan Dikasih Celah!
Stay Cool aja, jangan samai baper saat membalas chat mantan!

Menghadapi peliknya hubungan percintaan kadang memang bikin puyeng. Sangat bahagia kalau kita bisa menemukan pasangan yang cocok dan sefrekuensi. Namun apa jadinya kalau ternyata hubungan kita dengan doi harus berakhir karena berbagai hal.

Lalu, suatu masa kita yang sudah bahagia dan melupakan harus teringat lagi akan sosoknya. Bukan apa, dia tiba-tiba datang dengan alasan ingin sekedar chat. Bak luka tikam sudah mengering namun ada jahitan yang salah dan terpaksa disayat lagi pada tempat yang sama.

 

1 dari 8 halaman

Sikap Elegan Membalas Chat Mantan © Diadona

Padahal kita sudah baik-baik saja dengan kurun waktu berbulan-bulan untuk sekedar melupakannya, tapi kok seenaknya aja dia datang?

" Aku kangen, boleh chat?" mungkin kita sudah kelewat kaget ya dengan pesan masuk tersebut. Ada banyak banget alasan kenapa mantan ngechat kamu. Yup, salah satunya mungkin kangen dan pengen balikan. Tapi bukan nggak mungkin kalau dia hanya sekedar bosan.

Lantas apa yang harus kita lakukan?

2 dari 8 halaman

Gimana Cara Balas Chat Mantan? © Diadona

1. Tenangkan Diri Sejenak

Calm down, saya tahu kok mungkin dia adalah sosok yang sudah terlanjur kamu sukai mati-matian. Mungkin juga kamu sudah kepalang bucin sama dia kala itu atau mungkin kamu rela melakukan apapun demi dia walau begitu jauh jarak terbentang. Barangkali dia adalah sosok pertama dalam hidupmu yang mampu menjungkir balikkan perasaan dalam sekejap?

Nah, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah jangan kaget berlebihan. Terlepas dari kita yang masih memiliki perasaan terhadapnya, namun sekali-kali kita tidak menunjukkan rasa ketertarikan.

Ibarat kata, dia sudah dengan seenaknya datang dan memberikan ungkapan sayang, namun setelah kita membalas balik dengan perlakukan yang sama dia malah pergi karena alasan masa lalunya belum usai. Stop deh dengan lelaki seperti itu.

3 dari 8 halaman

Ilustrasi Perempuan © Diadona

2. Utarakan dengan Tegas

Enggak bisa dipungkiri walau sedikit tapi mungkin kita juga punya perasaan simpati setelah dia meminta maaf. Namun ingat bahwa kita pernah terluka karenanya. Kita belum tentu tahu sikap dia yang sebenarnya saat dia mengirimkan chat kepada kita.

Apakah dia hanya sekedar kangen semata karena teringat akan kejadian romantis bersama kita, atau memang itu hanya akal-akalan dia saja buat sekedar untuk bertemu kamu di tempat lain. 

Jangan salah, kita memang tidak diperbolehkan berprasangka buruk terhadap orang, namun kita juga wajib waspada dengan ketertarikan sesaat yang dilakukan oleh lawan jenis. Perempuan itu perharga banget, jadi kita harus sayang dengan diri kita sendiri, salah satu upayanya adalah hati-hati dan lebih selektif memilih pasangan.

4 dari 8 halaman

Bingung Gimana Cara Balas Chat Mantan © Diadona

3. Jawab dan Katakan Sejujurnya

Enggak usah bertele-tele dan mengungkit hal masa lalu yang pernah dilakukan bersamanya. Hal itu akan sangat membawa efek yang begitu dalam dalam memori kita. Cukup balas dengan 'ya' dan 'tidak' serta jelaskan semua dengan gamblang. Jika masih ada kesalahpahaman di masa lalu, segera utarakan semuanya.

Jangan sampai beri dia celah dan alasan untuk menghubungimu lagi. Terlihat simple namun memang susah ya untuk melakukannya. Tapi saya yakin kok, kamu adalah perempuan hebat yang tahu mana cowok yang benar-benar serius dan mana yang hanya menunjukkan ketertarikan sesaat karena nafsu.

 

5 dari 8 halaman

Sikap Elegan saat Membalas Chat dari Mantan © Diadona

4. Hindari atau Jangan Balas Pesannya Kalau Kamu Belum Siap

Jangan salah, menghindari atau nggak membalas chat si mantan juga merupakan sebuah balasan yang elegan lho. Kamu pasti nggak mau kan kesedihan kamu selama move on terbuang sia-sia hanya karena chat yang nggak seberapa dari si dia. 

Jadi, jika kamu belum benar-benar siap untuk berinteraksi lagi, jangan balas chat nya dan biarkan begitu saja. Ini adalah pilihan bijaksana untukmu memproses perasaan amu agar lebih tenang dan terkendali.

5. Tanggapi dengan Santai

Menanggapi chat mantan dengan santai tanpa terbawa emosi adalah cara elegan yang bisa kamu terapkan. Jangan taruh beban emosionalmu ke balasan chat dengan mantanmu. 

Di tahap ini, anggap saja dia sama seperti teman yang menanyakan kabar tanpa intensi lain. Ini menunjukkan bahwa kamu bisa berkomunikasi dengan lebih dewasa tanpa dendam ke mantan

6 dari 8 halaman

Cara Membalas Chat Mantan dengan ELegan © Diadona

6. Jangan Baper! Jawab Chatnya dengan Percaya Diri

Biasanya, beberapa orang akan mulai luluh ketika sang mantan menghubungi dan menanyakan kabar setelah lama putus. Meski simpel, kamu mungkin juga menganggap bahwa si dia merindukan kamu dan menginginkan kamu kembali. Walau mungkin bukan itu alasannya…

Nah, tips membalas chat mantan adalah kamu tidak boleh baper dan larut dalam asumsi perasaan kamu. Ini adalah kunci untuk balasan chat mantan yang elegan.

Jawab chatnya dengan penuh percaya diri dan sombong. Perlihatkan padanya bahwa kamu baik-baik saja dan menjalani hidup kamu dengan baik tanpa dia. You go girls!

7. Biarkan Dia Menunggu Balasanmu

Setelah memberikan jeda untuk dirimu berpikir dan merespon, berikan juga waktu untuk membalas chat mantan. Biarkan dia menunggu dan bertanya-tanya tentang balasan kamu. Ini adalah cara yang elegan sekaligus membuat dia nggak berharap lebih padamu.

Meskipun sudah menjadi mantan, nggak ada salahnya untuk menarik ulur perasaan si dia yang menyakiti kamu. Namun, bukan berarti kamu mempermainkan dia.

Ini hanya menjelaskan apa intensinya dalam menghubungi kamu. Jika dia benar-benar serius, dia pasti akan menunggu sabar menunggu balasan kamu dan menjelaskan tanpa terburu-buru!

7 dari 8 halaman

Jawaban saat Mantan Masih Ngechat Kita © Diadona

8. Beri Jawaban yang Singkat dan Menohok

Jika si mantan mulai mengungkit masalah kalian berdua di masa lalu, jawab chat nya dengan singkat dan menohok. Bagaimanapun, permasalahan kalian di masa lalu akan memperngaruhi hubungan kalian saat ini jika dibahas berlarut-larut. Jadi, ada baiknya kamu berikan jawaban singkat guna menghindari perdebatan yang nggak ada artinya.

Kamu bisa berikan jawaban singkat dan menohok sebagai berikut : 

“ Aku jauh lebih baik sekarang daripada saat sama kamu.”

“ Wah, aku bahkan udah lupa loh pernah kenal kamu.”

“ Nggak bakal nemuin orang kayak kamu lagi? Justru itu yang aku harapin setiap hari.”

“ Buat apa aku marah buat orang asing kayak kamu.”

“ Kamu nggak pernah jadi bagian dari masa lalu aku”

9. Tutup Pembicaraan dengan Elegan

Merasa chat mantan mengarah ke hal negatif dan menguras energi kamu, segera pertimbangkan untuk tutup pembicaraan dan hindari kontak dengannya. Jika kamu sudah merasa berada di titik puncak kesabaran dan nggak bisa menangani si dia untuk yang ke sekian kali, ini berarti membalas chat si dia udah nggak ada gunanya lagi buat kamu. 

Bilang padanya bahwa kamu senang bisa tau kabar si dia dan panjatkan doa baik untuknya, lalu bye! Tutup chatmu dan jangan berikan kesempatan untuk dia kembali lagi. Stop kasih dia celah untuk berharap ke kamu!

8 dari 8 halaman

Umumnya, saat kita menerima pesan dari mantan, kita akan terlihat sok cuek dan memberikan jeda untuk tak segera membalasnya. Namun, tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi.

Dengan kita tetap tenang serta mampu bersikap tegas serta segera memberikan blasan pesan berupa kejelasan saat itu juga atau pasca dia mengirimkan pesan, maka semua permasalahan dengan mantan bisa diselesaikan sesegera mungkin.

Semoga kita segera menemukan sosok yang tepat untuk hidup kita ya? Semangat!

Penulis : Yayuk Harini, Fishella W.

 

Beri Komentar