Tak Melulu Bersedih, Ini 4 Tahapan untuk Pulih dari Trauma Perselingkuhan

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 17 Mei 2021 14:10
Tak Melulu Bersedih, Ini 4 Tahapan untuk Pulih dari Trauma Perselingkuhan
Kendati amat menyakitkan, kamu harus tetap semangat menghadapi kenyataan perselingkuhan ya!

Perselingkuhan bukanlah masalah ringan bagi orang yang mengalaminya. Oleh sebab itu, pulih dari lukanya membutuhkan proses bertahap. Prosesnya pun gak bisa asal dan cepat, namun memerlukan waktu, tidak instan, dan tak mudah.

Ketika Diazens mengetahui pasangan berselingkuh, mungkn akan merasakan berbagai gejolak emosi seperti penyangkalan, kemarahan, hingga kesedihan tiada ujung. Tenang, semua itu adalah normal dialami bagi korban pereselingkuhan kok. Kamu pasti kuat melewatinya!

Melansir dari Insighme.id pada Senin (17/5/2021), berikut ini beberapa tahapan menuju pulih dari perselingkuhan.

1 dari 4 halaman

1. Tahap menemukan masalah

Saat kamu baru saja mengetahui pasangan berselingkuh, mungkin hari itu adalah hari yang cukup berat bagimu. Benar banget, ini adaah fase saat kamu mengalami shock, terkejut dengan kebenaran dan penemuan masalah ini.

Seperti kamu menghadapi suatu bahaya, kamu mungkn akan bersiap dengan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Kamu memiliki banyak pertanyaan tentang perselingkuhan dan hubunganmu, serta diikuti dengan aksi kemarahan, keraguan, penyesalan dan turunnya rasa percaya diri.

2 dari 4 halaman

2. Tahap berduka

Ilustrasi wanita sedih © Diadona

Setelah menghadapi rangkaian emosi sebelumnya, kamu merasakan duka yang biasanya berlangsung lebih lama dan intens. Nah, ketika mengalam perselingkuhan, mungkin kamu merasakan seluruh dunia seakan runtuh.

Kendati amat sangat menyakirkan, tak apa-apa kamu untuk membiarkan diri merasakan duka mendalam ini. Namun, kamu bisa mencoba mendapatkan dukungan dari sahabat, keluarga atau orang-orang yang bisa kamu percaya.

3 dari 4 halaman

3. Tahap penerimaan

Mungkin kamu membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun melalui tahapan pemulihan. Tenangkan hati dan pikiran, tak perlu membuat dirimu terburu-buru untuk segera pulih.

Namun, setelah kamu melewati semua kemarahan dan kesedihan, kamu akan mulai menerima secara bertahap apa yang telah terjadi. Bukan berarti kamu harus melupakan peristiwa perselingkuhan atau menganggap perselingkuhan bukan masalah besar.

Dengan kamu menerima, hal ini berarti kamu mencoba untuk berdamai dan memaafkan atas masa lalu dan menggunakan pengalaman tersebut untuk bertumbuh menjadi versi dirimu yang terbaik.

4 dari 4 halaman

4. Tahap terkoneksi kembali

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

Jika kamu memutuskan untuk memperbaiki hubungan kembali dengan pasangan yang telah berselingkuh, maka kamu dan pasangan mencoba untuk belajar terkoneksi kembali sebagai pasangan baru. Pasangan yang tidak lagi menyembunyikan rahasia serta belajar dari kesalahan yang lalu.

Namun, walaupun kamu tak mencoba untuk membangun hubungan kembali dengannya, kamu pun juga sangat perlu untuk terkoneksi kembali, dalam artian terkoneksi dengan dirimu sendiri, dengan nilai-nilai, serta cinta untuk diri pribadi. Tak hanya iu, kamu juga akan terkoneksi dengan orang-orang di sekitarmu seperti sahabat, keluarga, serta kisah cinta yang baru di masa depan.

Memang tak mudah kok untuk melewati berbagai tahapan hingga bisa benar-benar pulih dari luka akibat perselingkuhan. Namun itu semua pasti bisa kamu lewati. Tetap semangat dan kuatkan hati ya Diazens!

 

Beri Komentar