Tak Perlu Balas Dendam, Yuk Fokus Lupakan Mantan!

Relationship | Kamis, 15 Juli 2021 15:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Yuk, intip trik jitu lupakan mantan.

Bagi sebagian orang, putus cinta mungkin terasa biasa saja. Namun bagi sebagian lainnya, putus cinta bisa jadi salah satu titik terendah dalam hidup yang bisa melemahkan diri.

Bangkit dari keterpurukan usai putus cinta juga nggak semudah yang dibayangkan. Kadang-kadang, ada yang sibuk mencari cara untuk membalaskan rasa sakit hatinya supaya bisa merasa lega.

Namun, hal terbaik yang perlu kamu lakukan justru bukannya balas dendam pada mantan loh Girls. Yang paling penting justru move on dan membuang segala kenangan atau bayang-bayang mantan.

Melansir dari Peired Life, berikut ada 5 cara terbaik untuk lupakan mantan. Check this out!

Tak Perlu Balas Dendam, Yuk Fokus Lupakan Mantan!
2 dari 7 halaman

1. Terima apa yang terjadi

Ilustrasi Perempuan MerenungIlustrasi Perempuan Merenung © shutterstock.com/id/g/sunok

Putus cinta akan menimbulkan rasa marah dan kecewa yang jika dibiarkan berlarut-larut bisa mengarah pada stres hingga putus asa. Supaya hal ini nggak terjadi padamu, sebisa mungkin belajarlah untuk menerima keadaan.

Penerimaan adalah langkah pertama untuk mengatasi rasa sakit karena putus cinta. Meski nggak mudah, cobalah untuk menerima jika hubungan itu sudah berakhir dan berhentilah berpikiran buruk baik mengenai diri sendiri maupun hubungan tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Pikirkan diri sendiri

Hal kedua yakni dengan belajar melepaskan dan merelakan. Tentu hal ini nggak mudah, apalagi jika hubungan tersebut menyimpan banyak kenangan manis.

Namun, coba pikirkan diri sendiri. Jangan biarkan diri sendiri terus menerus tersakiti karena putus cinta. Kamu layak dihormati, dihargai, dan tentunya diselamatkan dari keterpurukan.

4 dari 7 halaman

3. Lakukan hal produktif

Ilustrasi Produktif saat di RumahIlustrasi Produktif saat di Rumah © freepik.com/pressfoto

Berdiam diri seusai putus cinta hanya akan membuat kamu kepikiran mantan dengan segala kenangannya. Jadi, sebisa mungkin hindari hal ini jika memang benar-benar ingin segera move on.

Tanamkan pada pikiran, bahwa kamu bahkan baik-baik saja sebelum berhubungan dengannya. Cobalah untuk melakukan hal produktif untuk menghilangkan bayang-bayang mantan dalam pikiran.

5 dari 7 halaman

4. Ciptakan kenangan baru

Buatlah kenangan baru untuk menggeser kenanganmu dengan mantan. Hindari juga kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kamu kembali mengingatnya.

Coba deh kunjungi tempat yang baru, makan makanan yang belum pernah kamu cicipi, lakukan olahraga yang berbeda, atau apa pun itu yang tidak ada sangkut pautnya dengan mantan.

6 dari 7 halaman

5. Perbaiki diri jadi lebih baik

Ilustrasi Perempuan Percaya DiriIlustrasi Perempuan Percaya Diri © shutterstock.com/id/g/winnievinzence

Dan yang paling penting yakni perbaiki diri sendiri jadi pribadi yang lebih baik. Dengan status single yang kini melekat, kamu bisa lebih fokus untuk mengurus diri sendiri.

Perlakukan diri sendiri lebih baik lagi, lewat makanan enak, baju atau sepatu baru, serta lakukan kegiatan yang bermanfaat. Kembalikan kepercayaan diri dan cintai diri sendiri lebih baik lagi.

7 dari 7 halaman

Pengalaman disakiti orang lain jangan membuat kamu untuk melakukan hal serupa. Alih-alih memikirkan atau bahkan merencanakan balas dendam, sebaiknya kamu fokus kepada diri sendiri.

Bangun lagi kepercayaan diri dan buat diri kembali berharga. Cintai diri sendiri sebelum mencintai/dicintai orang lain. Semangat!

Join Diadona.id