Takut Dibohongi Lagi? Berikut 5 Langkah Menumbuhkan Rasa Percaya Setelah Diselingkuhi

Reporter : Yoyok
Rabu, 10 Februari 2021 19:50
Takut Dibohongi Lagi? Berikut 5 Langkah Menumbuhkan Rasa Percaya Setelah Diselingkuhi
Diselingkuhi memang bikin trauma dan susah untuk move on

Tidak ada orang yang senang jika diselngkuhi. Semua orang setuju jika selingkuh adalah salah satu perbuatan tidak terpuji dalam hubungan asamara.

Selingkuh sama saja dengan mengkhianati. Perilaku khianat akan menimbulokan trauma bagi korbannya.

Korban selingkuh bisa saja tidak akan bisa percaya lagi dengan pasangan berikutnya. Trauma perselingkuhan jadi momoknya setiap kali ia akan menjalin hubungan baru.

Namun, bukan berarti tidak bisa sembuh lho. Rasa percaya bisa dibangkitkan walaupun kamu adalah korban perselingkuhan.

Dikutip dari iHeart Intelligence, berikut ini adalah lima langkah menumbuhkan rasa percaya setelah jadi korban selingkuh.

1 dari 6 halaman

Yakin Bahwa Kamu Pantas Memercayai Hubunganmu

Ilustrasi Wanita Senyum © Diadona

Sering kali trauma akan perselingkuhan membuatmu tidak percaya lagi dengan sebuah hubungan. Pertama-tama, kamu harus yakin jika pantas memercayai hubungan tersebut. Sebagian besar kebohongan berasal dari kurangnya rasa percaya diri dan juga rasa takut.

Maka dari itu, jadilah pribadi yang lebih memaafkan daripada sebelumnya. Atau, cobalah untuk memahami orang lain terlebih dahulu sebelum men-judge mereka.

2 dari 6 halaman

Belajar Percaya pada Diri Sendiri

Jika kamu tidak percaya dengan diri sendiri, bagaimana kamu dapat memercayi orang lain? Ketika kepercayaanmu telah dikhianati, secara otomatis batinmu akan bekerja keras untuk melindungimu dari tekanan emosional.

Maka dari itu, cobalah untuk percaya pada nalurimu dan berusahalah untuk membangun kepercayaan diri sendiri.

3 dari 6 halaman

Sadari Bahwa Sugesti Bisa Menjadi Kenyataan

Ilustrasi Wanita Senyum © Diadona

Jika kamu korban perselingkuhan dan terus takut hal tersebut akan terjadi lagi, makan akan terjadi lagi pada dirimu. Sebuah sugesti bisa menjadi kenyataan dengan sendirinya.

Kamu akan jadi parno dan mencari-cari tanda bahwa dia sedang selingkuh, padahal tidak. Rasa ragu akan semakin besar dalam hubunganmu selanjutnya.

Kecuali jika kamu selalu berpikir positif, maka hal-hal baik yang akan menimpamu.

4 dari 6 halaman

Hilangkan Mental Korban Selingkuh

Hilangkan mental bahwa kamu adalah korban perselingkuhan. Jika kamu terus mengasihani diri sendiri, kamu hanya menghalangi dirimu untuk sembuh dari trauma tersebut.

Belajar memaafkan diri sendiri dapat mengatasi mental korban perselingkuhan ini.

5 dari 6 halaman

Selalu Positif

Ilustrasi Wanita Senyum © Diadona

Tetaplah berpikiran positif dalam melalui hari-hari. Pemikiran negatif hanya akan menciptakan racun yang akan hinggap di pikiran maupun batinmu.

Jika kamu masih saja berpikiran negatif, maka semua usaha yang kamu lakukan untuk sembuh dari trauma perselingkuhan hanya akan sia-sia. Jadi, biasakanlah untuk selalu berpikir positif.

Beri Komentar