15 Tanda-tanda Cowok Menyesal Usai Putus dari Kekasih

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 12 Oktober 2023 09:15
15 Tanda-tanda Cowok Menyesal Usai Putus dari Kekasih
Kenali tanda cowok menyesal biar kamu bisa menentukan sikap.

Putus cinta kadang bisa jadi hal yang melegakan, tapi bisa juga menyesakkan. Ada yang senang bisa terlepas dari hubungan tersebut, tapi ada juga yang pada akhirnya malah menyesal usai kehilangan kekasih.

Ternyata, hal ini pun dirasakan oleh kaum adam loh. Meski nggak mudah mengungkapkan perasaannya sebagaimana para perempuan, tanda-tanda penyesalan ini sebenarnya terlihat jelas.

Jika kamu masih merasa bingung melihat tanda-tandanya, berikut ulasan dari HerWay yang bisa kamu simak. Check this out!

1 dari 10 halaman

1. Berusaha menghubungi

Ilustrasi Berusaha Menghubungi Mantan © Diadona

Meski hubungan sudah berakhir, dia akan berusaha untuk kembali menghubungi kamu. Sebenarnya ada 2 penyebab kenapa dia melakukan hal ini. Pertama, dia mungkin sudah nggak menyimpan rasa cinta tapi masih ingin berteman. Kedua, dia mungkin benar-benar menyesali keputusannya, yang ditujukkan dengan mengirimkan kata-kata yang menunjukkan penyesalan, hingga akhirnya memilih untuk kembali menghubungi kamu.

Hal semacam ini wajar terjadi, tapi kamu harus benar-benar mengenali motif apakah yang membuat dia kembali menghubungimu. Jika dia menghubungi di hari-hari usai putus, bisa jadi dia merasa bersalah. Tapi jika dia menghubungi di rentang waktu yang agak lama, bisa jadi mulai timbul penyesalan nih..

2 dari 10 halaman

2. Baru menyadari jika meninggalkan orang yang tepat

Beberapa laki-laki kadang nggak bisa menghargai apa yang sudah dimiliki, alhasil mereka dengan mudah membuat keputusan tanpa berpikir tentang kemungkinan adanya penyesalan. Biasanya jika hal ini terjadi, mereka akan menyadari kesalahan jika sudah kehilangan pasangannya.

Laki-laki yang menyesal akan mulai merindukan hubungan serius yang pernah dibinanya. Mereka bahkan akan menghabiskan banyak waktu untuk berpikir mengapa ia mengacaukan hubungan yang baik-baik saja.

3 dari 10 halaman

3. Tiba-tiba Jadi Penyendiri

Ilustrasi Pria Menyendiri © Diadona

Rasa penyesalan yang semakin dalam akan membuat laki-laki menjadi penyendiri, baik dalam kehidupan nyata atau sekadar sosial media. Ia berusaha melakukan banyak hal sendirian sambil meyakinkan diri jika sedang baik-baik saja.

Namun di balik itu, alam bawah sadarnya seolah menyimpan pesan jika ia menunggu kekasihnya kembali. Terlihat putus asa dan nggak ada harapan, tapi dia akan kembali mencoba untuk memenangkan hati sang mantan.

4 dari 10 halaman

4. Membandingkan Mantan Kekasih dengan Orang Lain

Saat masih berhubungan, biasanya mereka kurang bisa menghargai keberadaan pasangan. Namun saat udah putus, mereka cenderung menyesal dan ingin sang mantan kembali. Jika hal itu nggak bisa terwujud, mereka akan mencari sosok baru sebagai pengganti. Namun, sayangnya dia nggak akan merasa cukup dan selalu menganggap jika mantan kekasihnya adalah yang terbaik untuknya.

Dia akan mulai membanding-bandingkan orang yang ditemuinya dengan sang mantan kekasih. Jauh di dalam pikirannya, ia mengharapkan sang mantan kekasih mendapat pasangan yang lebih baik. Namun di sisi lain, ia masih menginginkan sang mantan jadi yang terbaik untuk dirinya.

5 dari 10 halaman

5. Postingan sosial medianya terasa ambigu

Ilustrasi Cowok Main Ponsel © Diadona

Nggak sedikit laki-laki yang memberikan 'kode' lewat sosial media jika dia sebenarnya merindukan mantan atau mungkin lebih tepatnya menyesal putus dengan mantan. Biasanya ada 2 jenis postingan yang bisa mengindikasikan kode dari mantan.

Pertama, dia akan berusaha keras untuk terlihat bahagia agar semua orang menganggapnya baik-baik saja usai putus cinta. Kedua, dia akan mengunggah quotes-quotes bijak yang mengindikasikan bahwa ia terlihat dewasa dan menerima keadaan. Namun jika ditelisik lebih dalam, biasanya ada yang berbeda dari setiap unggahannya yang hanya bisa dipahami oleh sang mantan.

6 dari 10 halaman

6. Mendekati sahabatmu untuk mencari info

Tanda yang satu ini sudah jelas mengindikasikan bahwa dia kangen dan menyesal putus denganmu. Dia akan berusaha berhubungan dengan kamu, tanpa berkomunikasi secara langsung dengan kamu. Alhasil, dia akan mendekati sahabatmu untuk menanyakan segala informasi yang ingin dia ketahui.

Dia akan mulai berteman dan berusaha mendekati sahabatmu, sehingga bisa mengorek informasi tentang kabarmu, bagaimana kehidupan cintamu, bahkan caramu mengatasi putus cinta. Hingga waktunya tiba, dia akan berusaha kembali memperjuangkanmu jika masih ada celah terbuka baginya.

7 dari 10 halaman

Ilustrasi Pria Sedih © Diadona

Selain tanda di atas, beberapa cowok mungkin akan menunjukkan gelagat berikut ketika merasa menyesal karean sudah meninggalkanmu.

7. Sering Like Story dan Post Instagram Kamu

Ketika dia sering like postingan dan story kamu, ini menunjukan bahwa dia masih memberikan perhatiannya pada kamu. Dia ingin kamu tahu bahwa dia mengikuti keseharianmu sekaligus mencari perhatianmu karena namanya akan muncul di notifikasi ponsel kamu setiap kali dia menyukai postinganmu.

8. Memberikan Kode dengan Pergi ke Tempat yang Sering Kamu Datangi

Tanda cowok yang menyesal biasanya secara tidak langsung memberikan pesan dengan mengunjungi lokasi yang sering kalian kunjungi bersama. Dia ingin mengenang momen-momen bersama kamu sekaligus memberikan kode kalau dia merindukan kamu.

9. Menunjukan Rasa Cemburu Ke Sosial Media

Tanda cowok yang menyesal biasanya akan secara terang-terangan mengekspresikan rasa cemburunya melalui sosial media, terutama ketika melihatmu berinteraksi atau mengunggah foto dengan orang lain. Dia ingi menunjukkan bahwa perasaannya terhadap kamu masih menggebu-gebu.

10. Berusaha Mengubah Perilaku Yang Tidak Kamu Sukai

Jika kamu putus karena perlakuan dia yang kurang baik, dia pasti menunjukkan penyesalannya dengan mengubah perilaku yang tidak kamu sukai. Ini adalah upaya yang dia usahakan untuk mengubah imagenya di mata kamu dan menunjukan penyesalannya.

11. Mengekspresikan Kesedihan secara Terbuka

Mantan kamu sering upload story sedih? Atau mendengarkan lagu-lagu dari playlist  yang kalian buat bersama? Nggak bisa dipungkiri lagi, dia pasti menyesal telah meninggalkan kamu. Dia akan secara terbuka menunjukkan kesedihannya pada dunia, khususnya ke kamu sih, Diazens.

12. Selalu Menyimpan Foto Dan Kenangan Bersama Kamu

Dia nggak mungkin membuang kenangan indah bersama kamu secara cuma-cuma saat dia menyesal. Ia akan berusaha memelihara hal-hal yang tersisa dari hubungan kalian dan mengingat momen bersamamu melalui foto-foto tersebut.

13. Berusaha Mencari Cara Untuk Minta Maaf

Usaha nyata yang bisa kamu dapati saat cowok menyesal adalah dia selalu mencari cara untuk meminta maaf padamu. Dia akan meyakinkan kamu bahwa dia menyesali perbuatannya dan menginginkan hubungan yang baik dengan kamu.

14. Berusaha Mendekati Kamu Sebagai ‘teman’

Sebagai langkah baik yang diusahakannya, dia akan berusaha mendekatimu sebagai teman. Dalam pertemanan ini, dia akan berusaha untuk membangun kembali kepercayaan kamu dan memperbaiki hubungan denganmu.

15. Sering Mengungkit Masa Lalu

Pembicaraan antara kamu dan dia selalu berhubungan dengan masa lalu? Fix, dia sedang menunjukan tanda penyesalan dan berharap untuk meperbaiki hubungannya denganmu tuh, Diazens. Hati-hati yah!

Well, tanda-tanda ini memang nggak selamanya mudah diidentifikasi. Namun manakala kamu tahu pasti bahwa sang mantan menyesal meninggalkanmu, tindakan apa sih yang bakal kamu ambil?

8 dari 10 halaman

Ilustrasi Pria Patah Hati © Diadona

Nah, Diadona punya beragam tips untuk menghadapinya.

Ketika mantan kamu tiba-tiba menunjukan salah satu tanda-tanda cowok menyesal setelah memutuskan hubungan sepihak dengan kamu, langkah yang dapat kamu ambil selanjutnya adalah menarik nafas, Diazens.

Pasti nggak mudah buat kamu untuk menghadapi masa lalu yang menyakiti hati kamu. Tapi… Kamu tetap bisa menghadapinya secara bijaksana dan keren kok! Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi cowok yang menyesal. 

1. Berikan Waktu Untuk Kamu Dan Dia Memproses Perasaan Masing-Masing

Pertama, kamu nggak boleh langsung membalas tanda-tanda yang dia tunjukkan untuk kamu! Ini hanya akan memperburuk suasana diantara kamu dan dia karena kalian sedang tidak baik-baik saja.

Berikan waktu untuk dia menyikapi penyesalannya, sekaligus renungkan langkah yang akan kamu ambil selanjutnya.

2. Berikan Batasan Antara Kamu Dan Dia

Penting untuk kamu memahami dan menetapkan batasan yang jelas dalam hubungan kalian sesudah putus. Ini akan membawa kamu ke hal-hal baik yang dapat menentukan sejauh mana kalian akan berinteraksi dan berkomunikasi untuk menyelesaikan penyesalan ini. 

3. Berusahalah Untuk Tidak Menaruh Harapan Pada Dirinya

Setelah putus cinta dan melihatnya menyesal, pasti kamu merasakan dorongan untuk kembali pada dia, walaupun dia telah menyakiti hati kamu. Ini adalah reaksi yang wajar, kok, Diazens!

Akan tetapi, untuk menjaga hatimu dari rasa sakit lebih lanjut, tidak menaruh harapan pada mantan kamu adalah langkah penting yang tidak bisa kamu lewatkan. Ini adalah tindakan antisipasi yang akan membantu kamu selalu menjaga jarak dengan dirinya.

4. Pertimbangkan Komunikasi yang Jujur Dan Terbuka

Dalam konteks ini, komunikasi yang jujur dan terbuka akan sangat penting untuk menyudahi kekhawatiran dan rasa penasaran dalam diri kamu. Komunikasikan secara tulus tentang apa yang kamu rasakan terhadap dirinya dan apa yang kamu ingin lakukan kedepannya. Ini juga akan membuat dia menyatakan isi hatinya pada kamu.

5. Kenali Perasaanmu Dan Tentukan Solusi

Setelah melewati tahapan yang sulit, kamu harus mengenali perasaanmu padanya. Ini mencakup apakah kamu masih mencintai dia setelah apa yang dia lakukan padamu?

Atau apakah kamu ingin benar-benar menyudahi hubungan kalian? Jika kamu sudah menemukan apa yang kamu inginkan, kamu bisa tentukan solusi untuk diri kamu dan juga dia.

6. Minta Dukungan Dari Sahabat Atau Orang Terdekat

Ketika dirasa sulit, jangan ragu untuk meminta bantuan  dari orang terdekat yang mengetahu situasi kamu dan dia ya, Diazens. Ini akan sangat membantu kamu keluar dari kebingungan dan memberikan sudut pandang baru yang mungkin menentukan keputusan kamu.

 

 

 

9 dari 10 halaman

Ilustrasi Pria Patah Hati © Diadona

Cara Membuka Hati untuk Cowok yang Menyesal

Setelah mendengarkan kata hati dan orang terdekat, kamu mungkin memikirkan kesempatan kedua bersama dirinya. Untuk mempertimbangkannya, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar tidak salah pilih.

1. Berikan Kesempatan Dengan Hati Yang Tulus Dan Terbuka

Jika kamu merasa bahwa dia telah berubah dan ingin memperbaiki hubungan, kamu harus membuka hatimu secara tulus dan terbuka. Sadarilah bahwa dengan memberinya kesempatan kedua bukan berarti kamu bisa mengubahnya seratus persen sesuai dengan kemauan kamu. Kembali berikan hatimu untuknya dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

2. Komunikasikan Harapan Terhadap Hubungan Baru Kamu

Komunikasi adalah kunci dari hubungan yang sehat. Untuk memberinya kesempatan kedua, bicarakan dulu harapan kamu terhadap dirinya. Ini akan membantu kalian untuk saling memahami dan menghindari konflik di kemudian hari.

3. Hindari Membandingkan Dirinya Yang Dulu Dan Sekarang

Jika kamu telah membuat keputusan untuk kembali pada cowok yang menyesal, hindari untuk membandingkan dirinya yang dulu dan sekarang. Ini hanya akan memperburuk hubungan kamu dan menyakiti perasaannya. 

4. Menyadari Bahwa Semua Butuh Proses

Inget ya Diazens, semua hal itu butuh proses! Kembali ke orang yang telah menyakiti hatimu memang nggak pernah mudah, tapi bukan berarti mustahil. Kalian hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan satu sama lain. Berusahalah untuk bersabar dan berikan kesempatan untuk berubah ke arah yang lebih positif.

 

 

10 dari 10 halaman

Ilustrasi Pria Sedih © Diadona

Cara Menolak Cowok Menyesal

Jika kamu tidak bisa melanjutkan hubungan dengan cowok yang menyesal, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menolak tanpa menyakiti hatinya.

Berikan Alasan Yang Jelas Dan Masuk Akal

Keputusan kamu menolaknya harus disertai alasan yang jelas dan masuk akal. Berikan dirinya pengertian mengapa kamu memutuskan untuk tidak melanjutkan hubungan dengannya.

Pilih Kata-Kata Sopan, Hindari Kata-Kata Kasar

Bicarakan ini dengan lembut tanpa menyakiti hatinya. Selalu ingat bahwa nggak semua orang bisa menerima penolakan, jadi ini mungkin akan sulit baginya.

Jangan Jadikan Ini Sebagai Ajang Balas Dendam

Hanya karena dia menyakiti kamu, kamu nggak boleh menjadikan hal ini sebagai waktu yang tepat untuk balas dendam. Untuk jadi orang yang bijak, cukup tolak dia secara halus lalu jalani hidupmu dengan baik tanpa memikirkan tentang dirinya.

Bertahan Pada Keputusanmu

Jangan ragu-ragu! Kamu memiliki alasan yang kuat untuk menolak dia kembali ke kehidupanmu. Jadi, nggak ada gunanya kamu menyesal dan tergoda untuk kembali jika kamu nggak yakin sama si dia.

Ada banyak banget alasan untuk putus dan mengakhiri suatu hubungan romantis. Beberapa orang memutuskan untuk menyudahi hubungan mereka karena perselingkuhan, atau salah satu dari mereka melakukan hal yang nggak bisa dimaafkan.

Beberapa lainnya menyudahi hubungan dengan alasan bijak yang disetujui kedua belah pihak. Namun, ketika doi mutusin kamu dengan alasan yang nggak jelas dan menyakiti hatimu, lalu berusaha hadir kembali di hidupmu secara tiba-tiba, nggak ada salahnya untuk kamu tetap waspada.

Tanda cowok menyesal memang banyak bentuknya, tapi jangan sampai kamu terkecoh dan jatuh di lubang yang sama dua kali. Inget.. Nggak boleh gegabah dan take your time ya, Diazens!

Apakah kamu pernah mengalami kondisi di mana mantan cowokmu menyesal? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!

Penulis : Olivia Lidya Elsanty, Fishella W

 

Beri Komentar