Tanpa Disadari, Nyuekin Pasangan Berhari-hari Ternyata Tergolong Kekerasan dalam Hubungan loh!

Relationship | Selasa, 24 November 2020 09:15
Tanpa Disadari, Nyuekin Pasangan Berhari-hari Ternyata Tergolong Kekerasan dalam Hubungan loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Yakin masih mau bertahan sama yang begini?

Pernah nggak sih kamu mendengar istilah Silent Treatment? Silent Treatment merupakan suatu kondisi di mana seseorang menghukum pasangannya dengan cara mendiamkan atau nyuekin selama beberapa waktu atau beberapa hari.

Hal semacam ini biasanya memang dipicu oleh adanya pertengkaran dalam sebuah hubungan. Maka nggak mengherankan jika perilaku ini bisa dilakukan siapapun, baik laki-laki maupun perempuan.

2 dari 4 halaman

Namanya hubungan memang nggak bisa terhindar dari argumen atau bahkan pertikaian, tapi cara berantem dan penyelesaian masalah ini yang paling penting untuk disoroti. Dan lagi, kemarahan atau kekecewaan itu nggak harus diwujudkan dengan ungkapan makian atau justru mendiamkan pasangan.

Jika salah satu pihak terlalu emosi, perlu kedewasaan dan kesadaran untuk mengambil waktu sejenak dan menenangkan diri. Komunikasikan keadaan ini dengan pasangan, tapi jangan memilih diam dan pergi dengan tiba-tiba. Sebab jika kamu memilih diam dan pergi tiba-tiba, reaksi di otak pasangan akan menunjukkan rasa yang sama seperti mengalami kesakitan secara fisik.

3 dari 4 halaman

 Ilustrasi Pasangan BertengkarIlustrasi Pasangan Bertengkar © shutterstock.com/narith

Hal semacam ini tentu harus disadari sejak masa-masa pacaran. Jika memang di masa pacaran aja dia udah sering melakukan Silent Treatment, gimana nantinya kalau sudah menikah? Belum tentu bakalan berubah kan..

Itulah sebabnya, kamu harus benar-benar memahami pasangan sebelum memutuskan menikah. Pasangan yang baik akan tetap menghormati kamu sekalipun ia sedang marah atau dalam situasi yang sedang tidak baik-baik saja.

4 dari 4 halaman

Nyuekin atau ngediemin pasangan berhari-hari itu termasuk kekerasan secara emosional. Pasangan yang sering berlaku semacam ini nggak pantas untuk dipertahankan. Untuk itu, carilah seseorang yang bersikap dewasa dan mau menyelesaikan setiap permasalahan bersama-sama.

Cinta memang boleh, tapi kondisi fisik dan mental harus tetap terjaga kesehatannya kan?

Join Diadona.id