Terganggu Komentar Mantan di Instagram? Begini Cara Mengatasinya

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 4 Januari 2020 10:32
Terganggu Komentar Mantan di Instagram? Begini Cara Mengatasinya
Sudah jadi mantan tapi masih mengganggu di kolom komentar. Duh!

Melihat notifikasi Instagram banjir dengan likes dan comments adalah hal yang menyenangkan. Sejenak kamu merasa seperti superstar media sosial meskipun kenyataannya nggak demikian. Namun, kesenangan tersebut luntur waktu sumber like atau comment-nya datang dari orang yang nggak kamu harapkan, semisal.....ehm, mantan.

Biasanya perasaan seperti ini muncul waktu yang melakukan adalah mantan yang punya kenangan paling nggak enak atau justru mantan paling indah yang kamu baru saja bisa melupakannya. Melihat mereka hadir lagi, meskipun cuma dalam wujud nama akun di kolom notifikasi tetap nggak menyenangkan buat kamu.

"Adalah lumrah kalau kamu ingin memutus hubungan komunikasi dengan mantan, terutam waktu kamu masih sedang ada di fase berusaha move on dan melanjutkan hidup," ujar Shula Melamed, MA, MPH, seorang relationship coach kepada Elite Daily (16/12). "Oleh karena itu, kalau dibutuhkan, kamu bisa memanfaatkan fitur mute atau block yang bisa membatasi akses mereka."

Berdasarkan penjelasan Melamed di atas, berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan kalau terganggu dengan komentar dari mantan.

1 dari 7 halaman

1. Komplain langsung lewat DM

Kalau kamu terganggu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan komplain secara langsung. Diammu akan diartikan oleh mantan sebagai lampu hijau bahwa kamu nggak apa-apa dengan komentar-komentarnya. Dengan menyampaikan langsung, kamu dapat membangun batasan yang jelas untuk membatasi interaksi.

2 dari 7 halaman

2. Gunakan fitur restrict

Beruntung, saat ini Instagram sudah menyediakan fitur restrict yang dapat membatasi komentar yang masuk ke unggahanmu. Dengan fitur restrict, setiap komentar dari mantanmu baru akan ditampilkan kalau kamu menyetujuinya. Sebelum itu, kamu akan mendapat notifikasi dan diberi pilihan untuk menampilkannya, menghapusnya, atau membiarkannya.

3 dari 7 halaman

3. Matikan kolom komentar

Selalu ada nila setitik yang bisa merusak susu sebelanga. Satu komentar dari mantanmu bisa merusak mood satu unggahanmu yang kamu sukai dengan kolom komentar yang sebelumnya menyenangkan. Mematikan kolom komentar adalah salah satu jalan untuk menghindarinya. Meskipun artinya kamu juga nggak akan bisa dapat komentar dari teman-temanmu, setidaknya kamu nggak perlu terlalu pusing untuk memikirkan komentar mantanmu.

4 dari 7 halaman

4. Laporkan komentarnya

Di satu titik mungkin kamu menemui komentar mantanmu bernada nggak menyenangkan. Sudah merasa terganggu dengan orangnya, terganggu pula dengan isi komentarnya. Nggak usah repot-repot, kamu bisa melaporkan komentar mantanmu dengan fitur report. Mantanmu nggak akan tahu siapa yang me-report komentarnya, namun dia akan mendapat notifikasi kalau komentarnya di-report karena dianggap mengganggu.

5 dari 7 halaman

5. Gunakan fitur block

Kalau kamu sudah melakukan cara-cara di atas dan mantanmu masih saja mengirimkan komen yang nggak kamu sukai, agaknya memencet tombol block adalah hal yang wajar. Jangankan untuk berkomentar, mantanmu bahkan nggak akan bisa lagi melihat unggahanmu hadir di halaman depan Instagramnya.

6 dari 7 halaman

6. Screenshot komentarnya

Mantanmu masih saja mengirim komentar yang nggak menyenangkan bahkan setelah kamu sudah menyampaikan keluhanmu padanya, mungkin kamu bisa mengambil langkah yang lebih serius. Kamu bisa men-screenshot komentar yang kamu rasa mengganggu untuk dijadikan barang bukti dan melaporkannya ke teman dan keluarga yang kamu percayai atau bahkan pihak berwenang kalau komentarnya tergolong sebagai online harassment.

7 dari 7 halaman

Ilustrasi perempuan tersenyum melihat handphone © Diadona

Tetap berhubungan dengan mantan sebenarnya nggak apa-apa kalau kedua pihak sama-sama nggak keberatan melakukannya. Kalau salah satu pihak merasa terganggu, ada baiknya hubungan tersebut dibatasi. Dalam hal interaksi di Instagram, semoga cara-cara di atas bisa membantumu.

Beri Komentar