Ternyata, 6 Hal Sederhana Ini Jadi Penentu Kebahagiaan Pernikahan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 7 Januari 2021 09:15
Ternyata, 6 Hal Sederhana Ini Jadi Penentu Kebahagiaan Pernikahan
Para ahli mengungkap kunci pernikahan bahagia.

Semua pasangan pasti mendambakan hubungan yang harmonis dan berbahagia. Berbagai cara pun dilakukan agar kebahagiaan itu bisa terus bertahan lama.

Namun kadangkala, kebahagiaan itu bisa tergerus oleh waktu bahkan oleh kehadiran sosok lain berupa anak. Tapi kamu tenang aja, kebahagiaan dalam pernikahan ternyata cuma butuh 6 hal simpel ini kok.

Para ahli membeberkan kunci pernikahan bahagia yang bisa kamu ikuti. Simak selengkapnya ya..

1 dari 6 halaman

1. Tidur di saat bersamaan

Ilustrasi Pasangan Tidur © Diadona

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh menemukan fakta bahwa sekitar 90% istri merasa lebih bahagia dalam pernikahannya jika memiliki jadwal tidur yang sama dengan sang suami. Hal ini dibenarkan oleh Heather Gunn, psikolog sekaligus peneliti tidur. Gunn mengungkap bahwa jadwal tidur ini bukan hanya saat malam hari, namun bisa juga saat tidur siang di akhir pekan.

2 dari 6 halaman

2. Tidak berpisah ranjang meski sedang bertengkar

Ilustrasi Pasangan Tidur © Diadona

Shaunti Feldhahn, seorang peneliti sosial menyebut bahwa pasangan yang berbahagia dalam pernikahannya, cenderung tetap tidur dalam satu ranjang yang sama meski sedang bertengkar. Hal ini akan memudahkan mereka untuk kembali membicarakan permasalahan tersebut keesokan paginya, tentunya dengan pikiran yang jernih dan perkataan yang masih terkontrol.

3 dari 6 halaman

3. Memiliki teman dan kerabat yang suportif

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

Pepper Schwartz, seorang penulis buku tentang hubungan, mengemukakan fakta bahwa seseorang dengan jaringan pertemanan yang baik biasanya akan lebih bahagia dalam menjalani pernikahannya. Mereka tidak hanya bergantung dan memfokuskan energinya pada pasangannya, tapi keberadaan teman dan kerabat pun bisa memberi dukungan dan suntikan kebahagiaan.

4 dari 6 halaman

4. Menjaga nada bicara

Ilustrasi Pasangan Mengobrol © Diadona

Nada bicara sebenarnya merupakan hal yang sensitif dan diam-diam bisa memicu pertengkaran serta kesalahpahaman dalam hubungan. Untuk itulah, penting bagi kita untuk menggunakan nada bicara yang tepat dan selalu berusaha mendengarkan ungkapan perasaan pasangan.

5 dari 6 halaman

5. Jangan sampai keberadaan anak memicu kerenggangan pernikahan

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Keberadaan anak di tengah-tengah hubungan pernikahan bisa menjadi sumber kebahagiaan, tapi bisa juga menimbulkan pertengkaran. Apalagi jika salah satu pihak terlalu mengutamakan anak, biasanya pihak lain akan merasa tersingkir dan tidak dibutuhkan lagi. Ada baiknya jika perhatian yang kamu berikan pada anak dan pasangan sama besarnya, agar hubungan pernikahan pun tetap terasa harmonis dan bahagia.

6 dari 6 halaman

6. Lakukan kompromi, bukan pengorbanan

Ilustrasi Berpegangan Tangan dengan Pasangan © Diadona

Irina Firstein, seorang terapis individu dan pasangan menyebut bahwa kompromi adalah hal yang paling penting dalam hubungan, bukan pengorbanan. Pengorbanan merujuk pada kondisi di mana salah satu pihak harus mengalah demi kebahagiaan pihak lainnya. Namun kompromi dicapai karena kesepakatan dan tentunya demi kebahagiaan kedua belah pihak.


Gimana, ternyata gampang banget kan? Coba deh segera dipraktekin, semoga pernikahanmu selalu bahagia dan langgeng terus ya..

Beri Komentar