Tips Atasi Rasa Canggung saat Malam Pertama dengan Pasangan

Relationship | Sabtu, 24 Juli 2021 15:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Canggung itu wajar kok bagi pemula.

Malam pertama bisa jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pengantin baru. Meski terlihat begitu excited, kadangkala timbul rasa canggung sebelum memulai sesi bercinta.

Perasaan canggung ini cukup normal kok. Nggak hanya pengantin baru, kadang ada pula pasangan lama yang juga merasa canggung jelang bercinta.

Nah, supaya perasaan ini bisa kamu hindari, ada 6 tips yang bisa kamu lakukan supaya malam pertama bisa berjalan dengan lancar. Seperti apa caranya, simak selengkapnya yaa..

Tips Atasi Rasa Canggung saat Malam Pertama dengan Pasangan
2 dari 7 halaman

1. Ungkapkan pada pasangan

Ilustrasi Pasangan BaruIlustrasi Pasangan Baru © freepik.com

Pasangan suami istri memang perlu menjaga komunikasi dan keterbukaan, termasuk soal hubungan ranjang. Apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama, maka ada baiknya jika kamu dan pasangan saling terbuka mengenai apa yang disukai dan tidak disukai selama bercinta. Perasaan canggung, malu, atau bahkan tidak nyaman sebaiknya diutarakan, supaya bisa dicari solusinya bersama-sama.

3 dari 7 halaman

2. Selingi dengan candaan

Banyak yang bilang humor bisa mencairkan suasana yang tegang. Nah, cara ini pun bisa kamu gunakan jika merasa canggung jelang bercinta. Coba deh selingi dengan tawa canda supaya suasana hati lebih rileks dan senang. Kalau perasaan udah mulai ringan, canggung pun hilang!

4 dari 7 halaman

3. Bangun suasana intim dan romantis

Ilustrasi Membangun Suasana RomantisIlustrasi Membangun Suasana Romantis © shutterstock.com/id/g/jacoblund

Perasaan canggung bisa timbul jika lingkungan juga tidak mendukung untuk bercinta. Ada baiknya kamu dan pasangan berusaha membangun suasana intim dan romantis untuk mengurangi kecanggungan di antara kalian. Bisa dengan memutar musik romantis, mengatur penerangan di dalam ruangan, menyalakan lilin aromaterapi, atau bahkan memakai pakaian seksi.

5 dari 7 halaman

4. Singkirkan distraksi

Sebelum bercinta, pastikan kamu dan menyingkirkan beragam hal yang berpotensi merusak suasana. Bisa dengan menerapkan mode silent pada ponsel atau dengan mengecilkan/mematikan TV. Jauhkan segala hal yang berpotensi menjadi sumber distraksi, supaya kamu dan pasangan tetap fokus satu sama lain.

6 dari 7 halaman

5. Mulai secara perlahan

Ilustrasi Pasangan BermesraanIlustrasi Pasangan Bermesraan © shutterstock.com/id/g/bluedogroom

Saat semua hal sudah dipersiapkan, yang perlu kamu lakukan yakni mulai bergerak. Eits, tapi jangan tergesa-gesa ya! Coba mulai secara perlahan, manfaatkan waktu untuk saling mengeksplorasi tubuh satu sama lain. Temukan kenyamanan sampai rasa canggung benar-benar menghilang.

7 dari 7 halaman

6. Berpikirlah positif dan percaya diri

Selama proses foreplay hingga penetrasi sebaiknya kamu tetap berpikir positif. Juga tunjukkan rasa percaya diri agar sesi bercinta lebih bisa dinikmati. Hindari rasa minder atau perasaan negatif lainnya, karena bisa bikin suasana bercinta jadi drop.


Well, malam pertama memang seringkali bikin canggung dan deg-degan. Namun dengan persiapan yang matang dan perasaan yang tenang, sesi bercinta pasti bisa dilalui dengan lancar dan nyaman kok..

Join Diadona.id