Tips Bantu Sahabat untuk Move On Usai Putus Cinta

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 29 April 2021 09:15
Tips Bantu Sahabat untuk Move On Usai Putus Cinta
Jangan biarkan dia sendiri, yuk bantuin!

Putus cinta adalah suatu hal yang paling tidak diharapkan oleh pasangan kekasih. Namun hal itu tentunya bisa terjadi dan menimpa siapa saja.

Menyembuhkan diri dan move on dari putus cinta tentu nggak semudah kelihatannya. Ada orang-orang tertentu yang butuh bantuan dari orang lain untuk bisa kembali menjalani hidup seperti sedia kala.

Jika sahabatmu mengalami putus cinta dan agak susah move on, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantunya. Check this out!

1 dari 4 halaman

1. Jadilah pendengar yang baik

Ilustrasi Curhat © Diadona

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sahabat yang galau abis usai putus cinta yakni dengan menjadi pendengar yang baik buatnya. Biarkan dia bercerita dan cobalah untuk memahami perasaannya. Sebisa mungkin hindari mengkritik atau mungkin menyalahkan dia ya..

2. Tawarkan bahu saat dia menangis

Ada kalanya putus cinta bikin sahabatmu jadi mellow dan pengen nangis untuk melepas kesedihannya. It's okay, berikan bahumu untuk menjadi tempatnya bersandar supaya dia nggak merasa sendirian. Kalau perlu pegang tangannya, elus punggungnya dan tawarkan pelukan supaya dia bisa merasa lega.

2 dari 4 halaman

3. Jangan memberi ceramah

Ilustrasi Curhat © Diadona

Putusnya jalinan cinta sahabatmu dengan kekasihnya memang bisa terjadi karena banyak sebab. Meski sahabatmu sudah membeberkan alasan mereka putus, ada baiknya jangan sampai kamu memberi ceramah soal hubungan mereka. Dan yang terpenting, jangan membanding-bandingkan cinta yang kandas itu dengan kisah orang lain.

4. Bersabarlah

Proses move on tiap orang tentunya berbeda, jadi kamu sabar-sabar aja jika sahabatmu butuh waktu yang agak lama untuk move on. Bisa jadi dia akan menceritakan hal yang sama berulang-ulang atau bahkan mendadak kangen dengan mantan pacarnya. Well, sabar-sabar saja ya toh nantinya dia akan sembuh dan kembali seperti sebelumnya kok.

3 dari 4 halaman

5. Ingatkan batasan

Ilustrasi Mengingatkan Sahabat © Diadona

Jika sahabatmu masih saja terus-menerus meratap atas kegagalan cintanya, kamu boleh banget untuk mengingatkan loh. Apalagi jika curhatannya mulai mengganggu aktivitasmu, kamu berhak memberi batasan dan mengingatkan dia. Namun, ingatkan dengan cara yang baik supaya dia nggak salah paham dengan maksudmu ya..

6. Selalu cek kondisi sahabat

Kalian tentu akan disibukkan dengan aktivitas masing-masing. Kendati demikian, nggak ada salahnya untuk terus mengecek kondisi sahabat. Apakah dia baik-baik saja, sudah move on, atau justru masih terpuruk dengan putus cinta.

4 dari 4 halaman

7. Cari aktivitas bersama

Ilustrasi Hang Out bareng Sahabat © Diadona

Seseorang yang baru putus cinta biasanya akan merasa kesepian karena nggak ada lagi pasangan yang menemani. Namun keberadaan sahabat sedikit banyak bisa membantu mereka untuk mengembalikan mood dan suasana hati. Coba deh luangkan waktu dan ajak dia melakukan aktivitas bersama, siapa tahu perasaannya bisa segera membaik.


Well, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu memperbaiki suasana hati sahabat yang patah hati akibat putus cinta. Jangan ragu untuk berbuat baik, karena suatu saat bisa jadi kamu yang membutuhkan pertolongan tersebut.

Beri Komentar