Tips Hubungan Bahagia tanpa Rasa Curiga, Yuk Dicoba!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 16 Februari 2021 09:15
Tips Hubungan Bahagia tanpa Rasa Curiga, Yuk Dicoba!
Kalau hubungan selalu penuh curiga, buat apa dipertahankan?

Hubungan percintaan pasti mengalami tensi naik turun. Ada kalanya kamu dan pasangan terlihat nempel dan bahagia terus, tapi ada saatnya kalian justru renggang karena ada problema.

Hal-hal semacam itu memang bisa terjadi, tapi ada cara yang bisa kamu lakukan agar hubungan terus terasa bahagia. Bahkan, nggak ada lagi tuh perasaan-perasaan curiga yang diam-diam menggerogoti kepercayaan.

Penasaran gimana caranya? Yuk, simak ulasan selengkapnya..

1 dari 7 halaman

1. Habiskan waktu bersama secara berkualitas

Ilustrasi Quality Time dengan Pasangan © Diadona

Penting bagimu dan pasangan untuk punya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama-sama. Apalagi jika kalian tergolong sama-sama sibuk, tentunya kalian harus punya waktu khusus untuk dihabiskan berdua.

Ciptakan memori yang indah bersama pasangan setiap kali ada kesempatan untuk quality time. Cara ini akan membuat kalian lebih bahagia dan bisa menghargai setiap momen kebersamaan.

2 dari 7 halaman

2. Jika berdebat, berargumenlah secara sehat

Setiap hubungan pasti nggak bisa dihindarkan dari yang namanya perdebatan atau bahkan pertengkaran. Hal ini kadangkala memang dibutuhkan dalam suatu hubungan, tapi perlu kedewasaan untuk menyelesaikannya secara tepat.

Menyampaikan argumen memang nggak ada salahnya, tapi jaga perdebatan kalian agar tetap sehat dan nggak saling melukai. Coba deh cari solusi sama-sama, dan kalau udah baikan sebaiknya nggak perlu diungkit-ungkit lagi ya masalahnya.

3 dari 7 halaman

3. Berusaha memahami perspektif masing-masing

Ilustrasi Pasangan Saling Memahami © Diadona

Hubungan itu dijalani oleh dua pihak, sehingga keduanya harus sama-sama memahami dan mengerti kondisi masing-masing. Memang nggak mudah, tapi hal ini harus terus dipelajari.

Sebab, jika hanya salah satu pihak yang maunya dipahami dan dimengerti tanpa mau melakukan hal sebaliknya untuk pasangan, tentunya hubungan nggak akan pernah berhasil dong. Hubungan akan jadi berat sebelah dan membuat pihak lain nggak benar-benar merasakan cinta.

4 dari 7 halaman

4. Jaga sikap baik satu sama lain

Dalam suatu hubungan, kedua belah pihak tentunya nggak boleh bersikap seenaknya. Sikap baik perlu dijaga satu sama lain, agar tetap ada rasa saling menghormati.

Apalagi kalau lagi berantem, jangan biarkan emosi sesaat menguasai kamu ya. Tetaplah berpikir tenang sambil mengontrol emosi, supaya perkataan dan perbuatanmu nggak menyakiti pasangan.

5 dari 7 halaman

5. Atasi kecemburuan dengan cara cerdas

Ilustrasi Pria Cemburu © Diadona

Rasa cemburu memang bisa hinggap kapan saja, di mana saja, dan pada siapa saja. Yang membedakan, hanyalah bagaimana kita bisa mengatasi rasa cemburu dengan cara yang cerdas tanpa menyakiti satu sama lain.

Perlu diingat, jangan sekali-kali mengecek ponsel pasangan, memeriksa sosial media atau email mereka, atau bahkan melarang mereka bertemu orang lain. Meski kalian menjalin hubungan asmara, dia bukanlah 'barang' yang bisa diberi hak milik oleh kamu. Lagipula, perilaku tersebut justru menandakan hubungan kalian toxic loh..

6 dari 7 halaman

6. Beri waktu untuk diri sendiri

Punya pasangan bukan berarti kamu harus melakukan apa saja bersama si dia. Ada kalanya kamu juga perlu fokus untuk diri sendiri, sembari mengejar segala potensi dan mimpi yang kamu rancangkan.

Bukannya bermaksud egois, cara ini justru membuat kamu lebih bisa menghargai diri sendiri dan nggak akan membuatmu kehilangan jati diri saat mencintai orang lain.

7 dari 7 halaman

Well, hubungan yang sehat tentunya akan terasa menyenangkan dan membahagiakan untuk dijalani. Namun kalau sedikit-sedikit curiga dan merasa insecure, kayaknya ada yang salah dalam hubungan kalian deh. Jadi, segera instrospeksi ya!

Beri Komentar