Tips Minta Maaf ke Pasangan untuk Kamu yang Gengsi Mengatakannya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 17 Februari 2021 09:15
Tips Minta Maaf ke Pasangan untuk Kamu yang Gengsi Mengatakannya
Kesulitan bilang maaf? Ini loh alternatifnya..

Dalam setiap hubungan percintaan, ada-ada saja kesalahan yang bisa saja dia lakukan atau bahkan kamu lakukan. Setiap kesalahan yang terjadi seringkali memicu perdebatan atau pertengkaran yang bikin hubungan jadi memanas.

Biasanya, tensi tinggi dalam hubungan bisa mereda jika pihak yang bersalah mau meminta maaf lebih dulu. Sayangnya, nggak semua orang mau menyampaikan kata-kata permohonan maaf.

Apalagi buat kamu-kamu yang cenderung gengsi, tentunya minta maaf jadi hal yang cukup sulit untuk dilakuin kan? Nah, biar kamu dan dia segera baikan, gini loh cara minta maaf tanpa perlu mengatakannya. Check this out!

1 dari 4 halaman

1. Bikin dia tertawa

Ilustrasi Tertawa bersama Pasangan © Diadona

Cara pertama yakni dengan membuat si dia tertawa agar suasana yang tegang bisa mereda. Coba deh bikin lelucon ringan yang atau kata-kata pancingan yang bisa membuatnya tertawa. Kalau si dia udah mulai senyum-senyum tipis, kayaknya udah mulai luluh lagi nih..

2. Berikan kasih sayang

Kalau kamu nggak jago ngelucu, kayaknya kamu perlu pakai trik yang satu ini deh. Coba deh berikan kasih sayang pada si dia lewat pelukan atau ciuman ringan di pipi. Cara ini nggak mungkin ditolak deh, meski awalnya mereka nggak terlalu responsif..

2 dari 4 halaman

3. Tanyakan perasaannya

Ilustrasi Pasangan Ngobrol Serius © Diadona

Ketika suasana tegang udah mulai mencair, ada baiknya kamu ajukan suatu pertanyaan ringan buatnya. Coba deh, tanyakan perasaannya kayak gimana. Kalau udah baik-baik aja, sepertinya dia udah mulai bisa diajak bicara.

4. Dengarkan dan pahami penjelasannya

Jika kalian udah mulai bisa bicara soal penyebab pertengkaran kalian, coba deh dengarkan dan pahami sudut pandangnya baik-baik. Dengan pikiran yang terbuka, biasanya kamu akan lebih mudah menerima penjelasan yang dia berikan.

3 dari 4 halaman

5. Beri tahu perasaanmu

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Selain mendengarkan sudut pandang si dia, kamu juga perlu membeberkan perasaanmu. Dengan saling mengetahui perasaan masing-masing, kalian akan bisa lebih memahami dan mencari jalan keluar atas pertengkaran yang kalian alami.

6. Ajak berdamai

Mungkin kamu kesulitan untuk bilang maaf, jadi lebih baik ajak dia berdamai saja. Bisa lewat ajakan secara lisan, membuatkan makanan favoritnya, atau bahkan melakukan sesuatu yang bisa menyenangkannya.

4 dari 4 halaman

Well, minta maaf memang nggak mudah dilakukan oleh sebagian orang. Ada yang merasa gengsi tapi ada pula yang memang nggak biasa melakukannya.

Kalau kamu kesulitan minta maaf tapi udah pengen baikan dengan si dia, maka beragam cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan hubungan kalian. Semoga menginspirasi dan selamat mencoba!

Beri Komentar