Udah Ketahuan Selingkuh, Kenapa Kebanyakan Pria Malah Nggak Mau Diputusin?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 Maret 2024 16:40
Udah Ketahuan Selingkuh, Kenapa Kebanyakan Pria Malah Nggak Mau Diputusin?
Kenapa masih mau dua-duanya?

Bahasan soal perselingkuhan emang seringkali bikin sakit kepala dan sakit hati. Baik mengenai perilaku si tukang selingkuh, maupun sang selingkuhan. 

Pernah nggak sih kamu menemukan kejadian saat pasangan udah ketahuan selingkuh, tapi malah nggak mau diputusin? Ada berbagai alasan kenapa pria nggak mau putus setelah ketahuan selingkuh.

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Selingkuh © Diadona

Hal-hal semacam ini tentunya ngeselin banget sih. Kualitas hubungan pun porak-poranda karena kepercayaan udah dicabik-cabik nggak bersisa.

Luka akibat diselingkuhi tentunya nggak bisa sembuh dengan begitu saja. Apalagi kalau tau pasangan menolak diputusin, tapi diam-diam masih merajut cinta dengan selingkuhannya, tentu rasa sakit yang kita rasakan akan semakin berlipat-lipat.

2 dari 7 halaman

Pernah nggak sih kamu berpikir mengenai penyebab perilaku ini? Kenapa kebanyakan pria cenderung nggak mau putus dengan pasangan, padahal udah jelas-jelas terbukti selingkuh?

Rupanya, hal ini berkaitan dengan faktor kenyamanan dan keuntungan. Biasanya dengan memiliki pasangan dan selingkuhan, dia bisa menikmati beragam fasilitas, kenyamanan, dan keuntungan dalam satu waktu.

Dilansir dari laman web Glamour Magazine, Psikolog Paul Coleman mengatakan alasan kenapa seseorang nggak mau putus bahkan setelah ketahuan selingkuh, adalah adanya komitmen yang kuat antara satu sama lain. Komitmen tersebut akan sulit terjalin kembali kalau pasangan tersebut berpisah.

 

3 dari 7 halaman

Kenapa Cowok Nggak Mau Diputusin Walau Udah Ketahuan Selingkuh © Diadona©shutterstock.com/shisu_ka

Nah, kira-kira apa sih alasan kenapa pria nggak mau putus setelah ketahuan selingkuh? Diadona bakal bantu kamu merangkum alasan-alasannya dari berbagai sumber yang perlu kamu ketahui.

Masih Punya Rasa Cinta yang Besar

Ini adalah alasan utama kenapa kenapa cowok nggak mau putus bahkan ketahuan selingkuh. Rasa cinta yang besar banget ini membuat dia nggak mau kehilangan sosok itu, walaupun ternyata rasa cinta itu nggak mampu membuat dia setia. 

Mungkin alasannya berselingkuh adalah karena cowok itu menginginkan sesuatu yang baru atau suasana baru yang berbeda dari kamu, bukan karena sudah tidak cinta lagi. 

Nggak Mau Menyakiti Kamu Lagi

Pada umumnya, saat seorang cowok berselingkuh, dia akhirnya akan lebih memilih selingkuhannya dibanding kembali sama kamu. Kondisi itu nantinya akan membuat kamu terluka dan meninggalkan rasa sakit yang amat pedih.

Nah, dia nggak mau membuat kamu kecewa dan sakit hati lebih dalam lagi kalau dia lebih memilih selingkuhannya.

4 dari 7 halaman

Kenapa Cowok Nggak Mau Diputusin Walaupun Udah Ketahuan Selingkuh © Diadona©shutterstock.com/ArmadilloPhotograp

Sadar Atas Kesalahannya Ketika Selingkuh

Dia menyadari kalau tindakan perselingkuhannya ini nggak benar. Maka dari itu, dia memutuskan untuk mengakhiri dan berjanji nggak akan mengulanginya lagi. Kedepannya dia akan berusaha untuk memperbaiki hubungan dan kepercayaannya ke kamu biar hubungan yang sebelumnya sudah kalian jalin menjadi tetap bertahan.

Cuman Memanfaatkan Selingkuhannya

Ada sesuatu dari selingkuhannya yang ingin dia manfaatkan dan ambil keuntungan, bukan beneran cinta. Makanya, dia nggak akan melepaskan kamu walaupun kamu meminta dia putus.

Alasan yang jahat banget kan? Kalau sudah begini sih mending putus aja!

Adanya Urusan Keuangan yang Masih Harus Diurus Bersama

Terkadang ada suatu kondisi yang memerlukan urusan keuangan yang harus dilakukan bersama dalam suatu hubungan. Akhirnya, dia tetap memilih untuk bersama sama kamu, karena dia tahu kalau dia akan mengeluarkan uang yang lebih banyak dibanding saat kalian bersama.

Nah, egois banget kan?

5 dari 7 halaman

Kenapa Cowok Nggak Mau Diputusin Walau Ketahuan Selingkuh © Diadona©shutterstock.com/Asian People Stock Photo

Terbawa Pergaulan Orang Sekitar

Ada lho orang yang berselingkuh karena melihat orang di sekitarnya juga melakukan hal yang sama. Pada akhirnya dia menganggap bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dilakukan.

Makanya ketika kamu memutuskannya karena selingkuh, dia akan menolak karena dia nggak beneran menyadari apa yang telah dilakukannya.

Kamu Gampang Memaafkan Kesalahannya

Kalau kamu punya rasa cinta yang besar buat pasanganmu, mungkin mudah buat kamu memaafkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan olehnya. Nah, sikap kamu yang mudah memaafkan ini bisa jadi alasan kenapa pria nggak mau putus bahkan setelah ketahuan selingkuh.

Dia tahu bahwa dalam lubuk hatimu, kamu bisa memaafkan dia. Selain itu, dia juga nggak mau kehilangan sosok kamu yang sangat baik dan pemaaf atas apa yang dia perbuat.

6 dari 7 halaman

Kenapa Cowok Nggak Mau Diputusin Meski Ketahuan Selingkuh © Diadona©shutterstock.com/KPG-Ivary

Selingkuh Untuk Senang-Senang Saja

Dilansir dari laman web Everyday Health, Kendra Capalbo, terapis di Massachusetts menyebut bahwa alasan pria untuk berselingkuh adalah mencari hal baru dan untuk senang-senang saja. Kebosanan bisa mendorong dia mencari kesenangan di luar hubungan.

Karena itulah ketika ketahuan, dia nggak mau diputuskan. Sebab, perselingkuhan tersebut bukan dilakukan untuk menjalin hubungan yang serius seperti yang dia jalani sama kamu. 

Selingkuh untuk Mencari Jawaban

Dia berselingkuh karena ingin tahu apakah ada sesuatu yang salah dengannya atau justru kamu lah yang bermasalah. 

Misalnya, komunikasi kalian nggak berjalan dengan baik. Alih-alih memperbaikinya, dia akan mencoba dengan yang lain untuk melihat di mana letak kesalahan hubungan kalian. Saat dia berselingkuh, dia merasa punya sosok pengganti kamu, dia bisa membandingkan hubungan denganmu dan dengan selingkuhannya. 

Dari pengalaman selingkuhnya, sesuatu dari hubungan kalian bisa diperbaiki dan  membuat hubungan kalian berubah dan menjadikan kalian berdua tetap akan bahagia. 

7 dari 7 halaman

Ada berbagai alasan kenapa pria nggak mau putus setelah ketahuan selingkuh dan sebagian besar beralasan kalau dia masih nggak mau melepaskan kamu.

Meskipun dia sangat mencintai kamu sebagai pasangannya, tetapi dia masih mau melakukan selingkuh demi keuntungan dan kepuasannya sendiri.

Maka dari itu, kamu berhak untuk menentukan apakah kamu masih ingin berlanjut dengan pria itu atau berhenti demi kebaikan dirimu sendiri.

Penulis : Olivia, Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar