Yuk, Cari Tahu Beragam Posisi Tidur dan Kaitannya dengan Hubungan Suami Istri

Relationship | Kamis, 23 September 2021 16:51

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Tim memeluk pasangan atau malah punggung-punggungan nih?

Hubungan asmara adalah sesuatu yang sebenarnya cukup rumit untuk dipahami. Beragam teori dibagikan, tapi praktik nggak semudah kelihatannya.

Namun kadang, hubungan antara dua orang bisa dianalisis melalui bahasa tubuh mereka. Menurut Traci Brown, pakar bahasa tubuh, "Bahasa tubuh adalah indikator yang sangat baik dari apa yang ada di pikiran orang dan hal-hal yang tidak mereka katakan."

Bagaimana kamu dan pasangan bergandengan tangan, berpelukan, hingga posisi saat tidur, ternyata bisa menunjukkan bagaimana kondisi hubungan pasangan. Melansir dari Elite Daily, berikut adalah beragam posisi tidur yang mengindikasikan kondisi hubungan suami istri.

Simak ulasan selengkapnya yaa..

Yuk, Cari Tahu Beragam Posisi Tidur dan Kaitannya dengan Hubungan Suami Istri
2 dari 7 halaman

1. Berhadapan dan saling berpelukan

Ilustrasi Pasangan TidurIlustrasi Pasangan Tidur © shutterstock.com/g/prostock_studio

Jika diperhatikan, tidur dalam kondisi berhadapan dan saling berpelukan akan menimbulkan rasa gerah, lengket, bahkan tidak nyaman. Namun di sisi lain, posisi ini justru menunjukkan hubungan yang penuh kasih.

Posisi ini menjadi tanda bahwa pasangan benar-benar merasakan kepuasan dalam hubungan pernikahan. "Itu berarti hidup Anda saling terkait, bahwa Anda berfungsi sebagai pasangan," ujar Patti Wood, penulis bahasa tubuh dan penulis Success Signals, A Guide to Reading Body Language.

3 dari 7 halaman

2. Saling berhadapan tanpa bersentuhan

Tidur tanpa saling bersentuhan bisa menunjukkan adanya ketegangan dalam hubungan, karena ada jarak yang sengaja dibentang. Namun selama keduanya masih berhadapan, hal ini tergolong masih aman kok.

Jennifer B. Rhodes, seorang psikolog dan dating coach menyebut bahwa hal ini akan terjadi pada pasangan yang salah satu pihaknya cenderung sensitif dan lebih suka diberi ruang untuk dirinya sendiri. Cinta tetap ada di antara keduanya, tapi salah satu pihak memang cenderung menghormati batasan.

4 dari 7 halaman

3. Berpelukan dengan kepala di dada pasangan

Ilustrasi Pasangan Tidur NyenyakIlustrasi Pasangan Tidur Nyenyak © shutterstock.com/id/g/geargodz

Berbaring secara berdampingan dengan kepala bersandar di dada pasangan sebenarnya mengindikasikan banyaknya rasa percaya dalam hubungan tersebut. Di lain pihak, pasangan yang memeluk menunjukkan sikap ingin melindungi.

"Berbaring kepala ke dada adalah tampilan dominasi dan penyerahan, dengan cara yang sama itu adalah demonstrasi kepercayaan, kasih sayang, dan cinta," ujar Tonya Reiman, ahli bahasa tubuh.

5 dari 7 halaman

4. Saling memunggungi tapi pantat bersentuhan

Posisi tidur yang satu ini agak menarik, karena pasangan terlihat seperti bertengkar namun tubuh mereka masih saling bersentuhan. Dan lagi posisi ini tidak mengisyaratkan rasa kebencian, tapi justru keintiman.

"Itu sebenarnya mengungkapkan bahwa Anda sangat berkomitmen satu sama lain dan bahwa ikatan Anda tahan lama. Ini dapat menunjukkan bahwa Anda berdua saling berinvestasi sambil mempertahankan independensi Anda," ujar Clarissa Silva, ilmuwan perilaku dan relationship coach.

6 dari 7 halaman

5. Dipeluk dari belakang

Ilustrasi Pasangan TidurIlustrasi Pasangan Tidur © shutterstock.com/g/gorodenkoff

Posisi ini dikenal dengan istilah little spoon, jika kamu menyukai dipeluk pasangan dari pasangan. Secara umum, posisi ini disebut-sebut paling menggoda secara seksual.

Namun di sisi lain, posisi ini menunjukkan jika pasangan menaruh kepercayaan pada kamu. Selain itu, posisi ini juga bisa mengindikasikan jika pasangan pasangan memberi dukungan pada kamu sekaligus ingin kamu mengandalkan dia.

7 dari 7 halaman

6. Memeluk dari belakang

Kalau yang satu ini dikenal dengan istilah big spoon. Kondisi ini ditandai jika kamu lebih suka memeluk pasangan dari belakangnya.

Menurut David Bennet, seorang pakar hubungan dan konselor pernikahan, posisi ini sebenarnya bisa menimbulkan kedekatan secara seksual bagi pasangan suami istri.


Well, gimana nih menurutmu? Anyway, posisi apa sih yang paling kamu suka?

Join Diadona.id