15 Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah dengan Pemandangan Alam Maha Memukau

Reporter : Nasa
Rabu, 17 Maret 2021 11:00
15 Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah dengan Pemandangan Alam Maha Memukau
Yuk simak deretan rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Tengah dengan pemandangan memesona berikut ini.

Wisata Alam Jawa Tengah menyimpan sejuta pesona yang sayang banget untuk dilewatkan. Meski sejauh ini masih belum sepopuler pemandangan alam di Bali atau Lombok, deretan tempat wisata alam di Jawa Tengah berikut ini bisa banget kamu jadiin sebagai opsi utamamu dalam mengisi momen liburan kali ini.

Menurut info dari laman Wikipedia, Rabu (17/2/2021), Jawa Tengah terdiri dari 35 Kota dan Kabupaten yang masing-masing memiliki pemandangan alam indah yang memukau. Kerennya lagi, deretan tempat wisata alam di Jawa Tengah tersebut bisa kamu akses dengan budget yang sangat terjangkau loh.

Jadi buat kamu yang berniat ingin liburan di tempat keren, tapi gak pengen ngeluarin budget berlebihan, wajib banget tarus list deretan rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Tengah berikut ini di posisi teratas 'travel wishlistmu'.

Ini dia deretan rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Tengah yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 2 halaman

Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah

Yuk kembali segarkan pikiran dan nuansa hati kamu dengan mengunjungi deretan tempat wisata alam di Jawa Tengah berikut ini. Selain bisa bikin kamu 'refresh', kamu juga bisa berburu spot foto super kece yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan koleksimu.

1. Pantai Menganti, Kebumen

Wisata Alam Jawa Tengah - Pantai Menganti Kebumen © Diadona

Rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Tengah yang pertama ada Pantai Menganti yang lokasinya ada di Kebumen. Pantai Menganti ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai di Jawa yang sejajar dengan deretan pantai-pantai indah di Bali loh.

Saat berkunjung ke Pantai Menganti, kamu bakal mendapati pemandangan laut biru indah yang berpadu dengan pantai bebatuan indah. Buat kamu si pemburu pemandangan spot sunset, juga bisa banget tuh dateng ke sini untuk menikmati keindahannya.

2. Gunung Merbabu, Boyolali

Wisata Alam Jawa Tengah - Gunung Merbabu, Boyolali © Diadona

Tempat wisata alam di Jawa Tengah yang berikutnya adalah Gunung Merbabu di Boyolali. Sebagai kawasan gunung dengan track atau medan yang tak terlalu sulit, Gunung Merbabu populer dengan pemandangan alam yang menakjubkan loh.

Selain bisa menikmati pemandangan alam gunung indah yang memukau, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman unik lainnya. Seperti bertemu dengan hewan-hewan liar di sabana hijau nan luas yang biasanya jadi spot istirahat para pendaki.

3. Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara-Wonosobo

Wisata Alam Jawa Tengah - Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara-Wonosobo © Diadona

Rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Tengah berikutnya ada Dataran Tinggi Dieng yang terdiri dari beragam destinasi menawan dan unik. Kamu bisa mendatangi Telaga Warna yang selalu menyuguhkan beragam warna unik sesuai situasi tertentu.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Kawah Sikidang, yang merupakan aktivitas vulkanik aktif di kontur yang cukup datar. Masih ada yang lebih keren lagi, kamu bisa mengunjungi Kompleks Candi Dieng yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 km x 0,8 km. Pada momen-momen tertentu, kamu juga bisa mendapati tradisi unik pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng.

4. Puncak Argopuro Lasem, Rembang

Wisata Alam Jawa Tengah - Puncak Argopuro Lasem, Rembang © Diadona

Lalu ada Puncak Argopuro Lasem yang menyuguhkan pemandangan indah kawasan pegunungan yang memukau. Puncak Argopuro Lasem sendiri hanya setinggi 806 mdpl loh, jadi lokasi ini cocok banget buat kamu para pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi naik gunung.

Untuk mendapai titik puncak dengan pemandangan maha indah, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam aja loh. Jika dibandingan dengan wisata alam biasa, kamu memang butuh energi ekstra. Namun, kamu dijamin gak akan menyesal jika sudah melihat pemandangan alam indah di sana.

5. Punthuk Setumbu

Wisata Alam Jawa Tengah - Punthuk Setumbu © Diadona

Lebih lanjut, ada Punthuk Setumbu yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur. Punthuk Setumbu ini adalah bukit setingi 400 meter dari permukaan laut dan terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Kawasan ini jadi salah satu spot sunrise dan sunset paling kece loh di Jawa Tengah.

Lokasi tepatnya ada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Selain bisa menikmati pemandangan bak lembah dengan kabut yang memukau, kamu juga bisa melihat Candi Borobudur loh jika cuacananya mendukung.

2 dari 2 halaman

Obyek Wisata Alam Jawa Tengah

Wisata Alam Jawa Tengah - Telaga Sunyi, Banyumas © Diadona

Kali ini, Diadona juga turut menghadirkan deretan Obyek Wisata Alam Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi untuk momen liburan kali ini. Jangan lupa ajak keluarga atau sosok terdekatmu ya. Ini dia deretan rekomendasi wisata alam Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan :

6. Telaga Sunyi, Banyumas (Telaga air jernih di tengah hutan)
7. Curug Cipendok Banyumas (Air terjun dengan pemandangan indah)
8. Rawa Pening, Semarang (Danau air dengan pemandangan tiga pegunungan, yakni Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu).
9. Bukit Pangonan Banyumas (Pemandangan perbukitan yang tak kalah indah dibanding dataran tinggi Dieng)
10. Brown Canyon, Semarang (Bekas pertambangan yang mirip Grans Canyon)
11. Lembah Sindoro Posong, Temanggung (Panorama keindahan alam pegunungan sejuk dan hijau)
12. Waduk Malahayu, Brebes (Pemandangan indah waduk seluas 944 hektar)
13. Goa Rong, Semarang (Pemandangan alam perbulitan dari ketinggian)
14. Taman Air Panas Guci (Taman hiburan alam dengan beragam fasilitas)
15. Mata Air Cokro (Wisata mata air yang sudah dilengkapi beragam fasilitas)

Demikian deretan rekomendasi Wisata Alam Jawa Tengah yang terdiri dari Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah dan Obyek Wisata Alam Jawa Tengah yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya, enjoy your trip Diazens!

Beri Komentar