16 Wisata Kuliner di Bangkok Thailand, dengan Menu Beragam dan Bikin Liburanmu Makin Seru!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 30 Oktober 2023 12:55
16 Wisata Kuliner di Bangkok Thailand, dengan Menu Beragam dan Bikin Liburanmu Makin Seru!
Jangan sampai salah pilih, ini dia deretan rekomendasi wisata kuliner di Bangkok yang gak boleh kamu lewatkan.

Wisata kuliner di Bangkok Thailand memang dikenal sebagai destinasi liburan yang gak boleh dilewatkan loh guys. Bangkok sebagai Ibu Kota Thailand memang dikenal jadi salah satu surga kuliner unik di Asia, bahkan dunia.

Saat liburan ke Thailand, kamu memang harus banget merencakan tujuan wisata yang kamu tuju. Kan gak lucu, pas sudah nyampe sana tapi masih bingung mau ke mana. Baiknya kamu merencananya semuanya secara mendetail terlebih dahulu.

Makanya, kamu wajib banget menyimak deretan rekomendasi wisata kuliner di Bangkok Thailand berikut ini. Kamu bakal menemui kuliner unik yang bakal sulit kamu temui saat kembali ke tanah air. Ini deretan wisata kuliner Bangkok Thailand yang sudah dihimpun Diadona dari berbagai sumber :

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner di Bangkok Thailand

Jangan ngaku pernah ke Bangkok dong ya, kalau belum pernah menikmati beragam sajian kuliner uniknya yang menggugah selera. Ini dia deretan rekomendaso wisata kuliner di Bangkok Thailand yang wajib kamu datangi :

1. Khao San Road

Wisata Kuliner Bangkok - Khao San Road © Diadona

Rekomendasi wisata kuliner di Bangkok Thailand yang pertama ada Khao San Road. Di sepanjang jalan Khao San ini kamu bisa menemui beragam lapak belanja, sekaligus lapak kuliner yang dijamin enak-enak banget. Buat kamu para muslim, harap lebih jeli untuk mencari kuliner halal ya.

Khao San Road nggak asing di telinga pada backpacker. Menjadi salah satu jalan yang legendaris di kalangan turis mancanegara, jalan sepanjang 410 m ini terkenal banget jadi tempat berkumpulnya backpacker yang lagi berkunjung ke Bangkok, Thailand. 

Penasaran kan kenapa? Nah, kalau disini, kamu akan menemukan dunia malam yang ‘makin malem makin seru’ karena banyaknya pesta, klub, dan kafe di sepanjang jalan. Eits, disini juga ada streetfood khas Thailand yang nggak kalah seru memenuhi area Khao San Road. Asik banget ya!

2. Chinatown (Yaowarat)

Wisata Kuliner Bangkok - Chinatown (Yaowarat) © Diadona

Berikutnya ada Chinatown atau Yaowarat yang merupakan kawasan 'Pecinan' populer nih di Bangkok. Kawasan ini memang terdiri dari kuliner khas China dengan harga yang sangat terjangkau. Perlu diketahui ya, street food di sini kebanyakan non halal loh.

Terletak di jalan Yaowarat, salah satu Chinatown paling terkenal di Bangkok dilengkapi dengan berbagai toko dan makanan khas Tiongkok. Meski tergolong kecil dan sempit, Jalan Yaowarat nggak pernah sepi dan selalu ‘sibuk’ karena banyaknya kedai makanan, restoran, hingga kios ala Tingkok. 

Chinatown selalu menjadi wisata menarik yang harus kamu kunjungi dimanapun kamu berada, begitu pula di Thailand. Kamu nggak akan bisa berhemat dan menahan diri untuk nggak belanja karena terlalu banyak hal menarik yang harus dieksplor!

3. Chatukchak Weekend Market

Wisata Kuliner Bangkok - Chatukchak Weekend Market © Diadona

Wisata kuliner di Bangkok Thailand yang selanjutnya ada Chatukchak Week. Bisa dibilang sih, Chatukchak Week ini pusatnya jajanan kaki lima di Bangkok. Tapi pasar ini cuma ada pas weekend aja ya guys.

Lebih dari 15.000 kios dan 30 area berbeda untuk dieksplorasi, kamu nggak mungkin bosen dan kehabisan saat berwisata kuliner di Bangkok! Chatukchak Weekend Market  adalah pasar terbesar di Thailand yang dikunjungi lebih dari 200.000 wisatawan, baik lokal dan mancanegara. 

Terletak di distrik utara Bangkok, Chatukchak Weekend Market menyediakan beragam area yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pakaian, mainan, oleh-oleh, hingga yang paling populer ; street food. Uniknya, kamu bisa melakukan tawar-menawar untuk barang yang kamu inginkan loh!

4. Sepanjang Jalan Sukhumvit Soi 38

Wisata Kuliner Bangkok -  Sepanjang Jalan Sukhumvit Soi 38 © Diadona

Buat kamu yang suka kulineran malam-malam, bisa coba dateng ke Jalan Sukhumvit Soi 38 ini nih. Banyak banget kuliner khas Thailand yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, plus dengan harga yang sangat terjangkau.

Cuma jalan biasa di siang hari, Sukhumvit Soi 38 tiba-tiba menjadi pasar makanan di malam hari. Lebih dari 20 gerai makanan menawarkan berbagai kuliner khas Bangkok yang lezat, seperti salad pepaya, sate daging, mie bebek, jus, pad thai, hingga mango sticky rice asli Thailand!

5. Silom Walking Street

Wisata Kuliner Bangkok - Silom Walking Street © Diadona

Wisata kuliner di Bangkok Thailand yang selanjutnya ada Silom Walking Street, yang rutin digelar dua minggu sekali. Pokoknya kalau kamu datang ke sini, dijamin bisa menggoyang lidah sampe puas!!

Salah satu wisata baru yang bisa kamu coba di Bangkok, Silom Walking Street terletak di sepanjang Jalan Silom di bawah Stasiun BTS (Bangkok Mass Transit System) Sala Daeng. Dibuka mulai Desember 2019, Silom Walking Street mendorong pariwisata Bangkok dengan pesonanya.

Terdapat berbagai gerai makanan di kedua sisi Jalan Silom yang bisa kamu coba. Mulai dari makanan lokal Thailand yang unik dan ekstrim, hingga jajanan Thai Tea yang murah dan terjangkau bisa kamu temukan disini.

2 dari 4 halaman

Kali ini Diadona juga menghadirkan deretan tempat wisata di Bangkok yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Selain deretan wisata kuliner di Thailand sebelumnya, ini dia tempat wisata di Bangkok yang wajib kamu kunjungi :

6. Lung Pratunam Boat Noodles, Hidangan Mie Lezat yang Sudah Eksis Selama 40 Tahun

Wisata Kuliner di Bangkok - Lung Pratunam Boat Noodles © Diadona

Meskipun cuma semangkuk mie, nyobain Lung Pratunam Boat Noodles setelah seharian shopping pasti bikin kamu mau balik lagi sangking enaknya! Ada beberapa tempat yang menyajikan mie serupa, tapi Lung Pratunam Boat Noodles masih menjadi favorit wisata kuliner di Bangkok.

Mulai dari 30 baht, kamu bisa mencoba mie dengan kuah sapi kental yang flavorful!Berlokasi di tengah kepadatan Pratunam menjadikan mie ini sebagai tempat yang tepat untuk mengisi perut setelah kelelahan berkeliling.

7. Pe Aor Tom Yam Kung, Mie Tom Yum Lobster Lezat

Wisata Kuliner di Bangkok - Pe Aor Tom Yam Kung © Diadona

Mengklaim dirinya sebagai ‘Best Tom Yum in Bangkok’, Pe Aor Tom Yum Kung menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Bangkok yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Thailand. Terkenal dengan Tom Yum Seafood, kita bisa dengan mudah menilai kesegaran topping hanya dalam sekali lihat!

Perpaduan seafood dan kuah creamy, rich, dan asam, Tom Yum ini berisi rice noodles dengan berbagai topping seafood yang fresh, seperti kerang, lobster, udang, gurita, hingga ikan. Duh, bikin ngiler!

8. Khao Moo Trok Sung, Nasi Kaki Babi Sensasional

Wisata Kuliner Bangkok - Khao Moo Trok Sung © Diadona

Restoran kecil dengan menu Nasi Kaki Babi bernama Khao Kha Moo Trok Sung menjadi salah satu restoran sensasional yang harus kamu coba. Dimasak dengan wajan besar, kaki babi dan telur rebus dibalur bumbu khasnya pasti bikin kamu laper!

Mulai dari 50 baht, kamu bisa mencicipi nasi kaki babi yang super lembut dan flavorful, dilengkapi dengan telur rebus dan acar timun. Restoran ini juga menyediakan cabai, pickle, dan sweet chili sauce ala Thailand. Definisi kecil-kecil cabe rawit ya, Diazens.



3 dari 4 halaman

9. The Place 168, Mie Tom Yum Porsi Jumbo 

Wisata Kuliner Bangkok - The Place 168 © Diadona

Tom Yum dengan porsi jumbo yang cocok dimakan ramai-ramai, The Place 168 solusinya! Ada banyak sekali restoran yang menyajikan Tom Yum sebagai menu andalannya. Namun, The Place 168 dikenal dengan Tom Yum ‘monster’ yang cocok dinikmati bersama teman dan keluarga. 

Hanya dengan 195baht atau setara 85 ribu, kamu bisa menyantap Tom Yum dengan topping, babi, cumi, udang, bola daging, dan lain-lain untuk 2-4 orang. Murah banget! Wisata kuliner di Thaland nggak bikin kantong jebol, nih!

10. Tomyam Paa Nga, Kuliner Halal Favorit di Bangkok

Wisata Kuliner di Bangkok, Thailand - Tomyam Paa Nga © Diadona

Thailand memang surganya Tom Yum, tapi beberapa diantaranya nggak halal loh. Nah, jika kamu ber-agama Muslim, nggak perlu khawatir karena Tomyam Paa Nga menyediakan kuliner halal di Bangkok yang mungkin bisa kamu coba.

Dengan beberapa topping pilihan, seperti ayam, ikan, udang, dan cumi, kamu juga bisa memadukannya dengan nasi atau mie sebagai karbohidrat pelengkap hanya dengan 150 baht. Terletak di kawasan Night Market Pratunam, Tomyam Paa Nga bisa kamu temukan di depan Patra Butik Hotel. 

11. Kuang Heng Chicken Rice, Nasi Ayam yang Sudah Eksis Selama 80 Tahun

Wisata Kuliner di Bangkok - Kuang Heng Chicken Rice © Diadona

The famous chicken rice! Kamu nggak boleh ketinggalan untuk mengunjungi Kuang Heng Chicken Rice kalau sedang wisat akuliner di Bangkok. Dibuka sejak 1934, 80 tahun yang lalu, restoran ini terkenal dengan nasi ayam dan sate ayam yang legit dan wangi.

Disajikan dengan sup ayam dan chili sauce khas Thailand, kamu bisa mendapatkan satu set menu hanya dengan 50 baht atau 22 ribu rupiah. Murah banget!

Tergolong sebagai restoran yang kecil, Kuang Heng Chicken Rice memiliki pelanggan yang lumayan banyak tapi penyajiannya yang cukup cepat loh. Walaupun antri, kamu nggak usah khawatir nunggu lama saat menikmati wisata kuliner di Bangkok ini deh!

12. Midnight Kaitorn, Pusat Kuliner Facorit dengan Beragam Masakan Menggoda

Wisata Kuliner di Bangkok -  Midnight Kaitorn © Diadona

Kalau kamu lagi jalan-jalan di Thailand terus mencium wangi makanan enak, mungkin kamu sedang ada Midnight Kaitorn. Menjual nasi ayam, fried chicken, dan sup, nggak heran kalau wanginya memenuhi jalanan kota di malam hari. Hal menyenangkan lainnya adalah kamu nggak perlu antri panjang seperti restoran lain karena letaknya bener-bener di pinggir jalan.

Dengan harga 50 baht, kamu bisa menikmati kuliner malam khas Thailand yang enak dan pasti memorable!

 

4 dari 4 halaman

13. Somtam Nua, Surganya Para Pecinta Kuliner Salad

Wisata Kuliner di Bangkok -  Som Tam Nua © Diadona

Menyajikan berbagai jenis Som Tam atau papaya salad, kamu bisa menjadikan Somtam Nua sebagai destinasi kuliner Bangkok yang harus kamu kunjungi. Terletak di dalam Siam Center, kamu harus siap-siap antri untuk bisa mencicipi kuliner ini. Tapi tenang aja, nggak lama karena pelayanannya cepat kok!

Selain Som Tam, restoran ini juga menghidangkan makanan lain, seperti ikan dan ayam goreng khas Thailand yang nggak kalah menarik.

14. Xiangji Thai Food, Kuliner Kaki Lima Klasik di Bangkok

Wisata Kuliner di Bangkok -  Xiangji Thai Food © Diadona

Siapa yang bisa nolak kelezatan tom yum yang gurih dan asam? Xian Ji Food Court bisa menjadi salah satu destinasi kuliner khas Thailand yang harus kamu kunjungi. Makanan lokal yang authetntic menjadi daya tarik restoran ini, nggak heran kalau tempat ini selalu dipenuhin wisatawan mancanegara.

Meski begitu, kamu nggak perlu antri lama untuk menikmati makanan Thailand seperti tomyum, slat baked fish, hingga nasi goreng nanas yang segar karena dalam waktu singkat, makanan tersebut akan tersaji di meja kamu!

15. Saneeya Thai Muslim, Restoran Nasi Ayam Halal

Saneeya Thai Muslim © Diadona

Another halal food to try in Bangkok! Saneeya Thai Muslim Food menyajikan makanan khas Thailand, seperti tom yum, pad thai, nasi goreng kepiting dan lain-lain dalam versi halal. Meski tergolong restoran kecil, restoran ini sangat populer di kalangan turi mancanegara loh! Jadi nggak perlu khawatir deh!

16. Jack's Seafood Buffet, Surganya Seafood

Wisata Kuliner Bangkok - Jack's Seafood Buffet © Diadona

Jika kamu kebetulan berada di area Baiyoke Sky Tower, nggak ada salahnya untuk mampir dan mencoba seafood buffet yang terkenal di Thailand, Jack’s Seafood. Terkenal dengan pelayanan yang baik dan staf yang menyenangkan, kamu akan mendapatkan pengalaman makan seafood sepuasnya yang nggak terlupakan. 

Terdapat berbagai jenis seafood seperti udang, kerang, lobster, kepiting dengan ciri khas yang berbeda-beda disini!

Demikian deretan wisata kuliner Bangkok yang terdiri dari wisata kuliner di Bangkok Thailand dan juga wisata kuliner di Bangkok yang sudah dihadirkan sama Diadona. Enjoy your trip guys!

Penulis : Fishell W.

Beri Komentar