16 Tempat Wisata di Pangalengan Paling Populer dengan Spot Pemandangan Instagramable

Reporter : Nasa
Sabtu, 10 Juli 2021 09:35
16 Tempat Wisata di Pangalengan Paling Populer dengan Spot Pemandangan Instagramable
Yuk simak deretan Wisata Pangalengan paling populer berikut ini..

Tempat wisata di Pangalengan paling populer dengan spot pemandangan instagramable sudah cukup dikenal loh oleh masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Meski belum seterkenal kawasan wisata lain seperti di Jawa Barat seperti Lembang dan Jalan Braga, namun deretan wisata di Pangalengan ini musti kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

Buat kamu yang belum tahu, Pangalengan merupakan sebuah kecamatan yang terdapat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, Kabupaten Pangalengan ini berjarak sekitar 40 km dari selatan Kota Bandung, atau sekitar 29 km dari Ibukota Kabupaten Bandung.

Kalau menurut info yang dihimpun dari laman Wikipedia, Sabtu (10/07/2021), Pangalengan ini sebenarnya dikenal sebagi daerah pertanian, peternakan dan perkebunan. Kalau kamu berkunjung ke sana, kamu bakal mendapati sejumlah perkebunan yang indah. Pangalengan juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil susu sapi loh.

Nah, ini dia deretan rekomendasi tempat wisata di Pangalengan paling populer yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan

Buat kamu yang ingin menghilangkan kepenatan akibat rutinitas keseharian yang melelahkan, bisa coba berkunjung ke deretan tempat wisata di Pangalengan berikut ini. Kamu juga bisa loh ajak keluarga atau orang terdekat untuk menikmati keindahan wisata di sana.

1. Kawah Burung Gunung Wayang Windu

Tempat Wisata di Pangalengan - Kawah Burung Gunung Wayang Windu © Diadona

Rekomendasi pertama tempat wisata di Pangalengan yang paling populer ada Kawang Burung Gunung Wayang Windu. Lokasi wisata yang satu ini berada di ketinggian 2241 Mdpl. Untuk bisa menjangkau kawasan tersebut kmau harus sedikit mendaki. Sesampainya di sana, kamu akan mendapat kawah indah yang mengeluarkan asap berwarna putih.

Lokasi : Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

2 dari 7 halaman

2. Situ Cisanti

Tempat Wisata di Pangalengan - Situ Cisanti © Diadona

Berikutnya ada Situ Cisanti yang masuk dalam rekomendasi tempat wisata di Pangalengan Jawa Barat selanjutnya. Situ Cisanti ini merupakan danau buatan seluas 10 hektar yang berfungsi menampung 7 mata air utama Sungai Citarum. Situ yang berlokasi di kaki Gunung Wayang, Desa Tarumajaya Kertasari tersebut juga dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang sangat rimbun.

Lokasi : Tarumajaya, Kertasari, Bandung

3 dari 7 halaman

3. Curug Panganten

Tempat Wisata di Pangalengan - Curug Panganten © Diadona

Selanjutnya ada Curug Panganten yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat kecamatan Pangalengan. Konon, pemberian nama Curug Panganten ini karena terdapat dua aliran air yang berdampingan. Untuk bisa mencapai lokasi, kamu harus mengeluarkan sedikit tenaga ekstra. Pasalnya, para wisatawan harus melewati perkebunan dan hutan. Tapi jangan khawatir, karena sepanjang jalan rute menuju Curug Panganten juga terdiri dari pemandangan indah loh.

Lokasi : Margamulya, Pangalengan, Bandung

4 dari 7 halaman

4. Gunung Artapela

Tempat Wisata di Pangalengan - Gunung Artapela © Diadona

Ada juga Gunung Artapela yang masuk dalam deretan rekomendasi tempat wisata di Pangalengan selanjutnya. Gunung Artapela ini memiliki keritinggian 2194 Mdpl. Gunung tropis yang sudah tidak aktif ini cukup terkenal loh di kalangan para pendaki pemula. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di gunung tersebut sembari menikmati keindahan pemandangan gunung tersebut.

Lokasi : Sukapura, Kertasari, Bandung

5 dari 7 halaman

5. Kebun Teh Malabar

Tempat Wisata di Pangalengan - Kebun Teh Malabar © Diadona

Kemudian ada Kebun Teh Malabar yang memiliki pemandangan hamparan kebun teh luas, bak karpet permadani berwarna hijau. Kebun teh yang memiliki luas hampir 2.022 hektar ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah dan penat. Tiket untuk memasuki lokasi juga sangat murah, yakni sebesar Rp.2000 saja per orangnya.

Lokasi : Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

6 dari 7 halaman

Wisata Pangalengan Bandung

Wisata Pangalengan Bandung - Rumah Putih Cukul © Diadona

Kali ini, Diadona juga turut menghadirkan deretan wisata Pangalengan Bandung yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Selain mengunjungi deretan rekomendasi wisata Pangalengan Bandung di atas kamu juga bisa loh berkunjung ke deretan rekomendasi berikut ini :

6. Rumah Putih Cukul (Rumah bergaya klasik di Desa Sukaluyu)
7. Riung Gung (Ciwidey Pangalengan)
8. Situs Rumah Adat Cikondang (Desa Cikondang Lumajang)
9. Curug Ceret (Desa Plengan kawasan PLTA Indonesia Power)
10. Curug Mega (Desa Margamulya)
11. Hutan Pinus Rahong (Pulosari, Pangalengan, Bandung)
12. Penangkaran Rusa Kertamanah (Area PTPN VIII Kertamanah)
13. Rumah Pengabdi Setan (Desa Kertamanah Pangalengan)
14. Situs Sejarah Rumah Bosscha (Perkebunan Teh Malabar)
15. Gunung Nini (Kawasan perkebunan teh malabar)

7 dari 7 halaman

Wisata Pangalengan Situ Cileunca

Wisata Pangalengan Situ Cileunca © Diadona

Nah, kalau lokasi wisata yang satu ini juga gak boleh kamu lewatkan. Wisata Pangalengan Situ Cileunca ini memiliki suasana alam menyejukkan yang bakal bikin kamu rileks dan betah. Situ Cielaunca Pangalengan ini dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan kendaraan pribadi dari Kota Bandung.

Wisata Pangalengan Situ Cileunca ini merupakan danau buatan yang dibangun oleh Belanda sampai dengan tahun 1926. Danau buatan ini cukup unik, karena berlokasi di ketinggian 1550 mdpl dengan luas sekitar 1.400 Ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Situ Cileunca ini ini dibangun dengan tujuan pembangkit listri tenaga air atau PLTA.

Jam Operasional : 24 Jam
Saran Waktu Kunjung : Pagi Hari

Karcis Tanda Masuk

  • Orang Dewasa : Rp. 5.000/ orang
  • Anak-anak : Rp. 2.500/ orang
  • Mobil/ Bus : Rp. 4.000
  • Motor+Pengendara : Rp. 12.000

Biaya Outbond

  • Flyingfox : Rp. 35.000
  • Painball (40 peluru) : Rp. 90.000
  • Panahan : Rp. 45.000
  • Teambuilding Games : Rp. 100.000 (min. 20 orang)

Itu dia deretan rekomendasi Wisata Pangalengan yang terdiri dari tempat wisata di Pangalengan, Wisata Pangalengan Bandung, dan Wisata Pangalengan Situ Cileunca. Gimana nih, jadi makin tertarik untuk mengunjungi deretan wisata Pangalengan? Selamat liburan ya Diazens!

Beri Komentar