20 Wisata Alam Indonesia Paling Memukau, dengan Potensi Keindahan Mengagumkan

Reporter : Nasa
Jumat, 19 Maret 2021 13:30
20 Wisata Alam Indonesia Paling Memukau, dengan Potensi Keindahan Mengagumkan
Deretan Wisata Alam Indonesia ini wajib banget kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

Wisata Alam Indonesia telah lama dikenal dengan daya tariknya yang memukau dan makjubkan. Tak heran jika Indonesia jadi salah satu negara yang disebut memiliki deretan wisata alam kelas dunia paling memesona yang sayang banget untuk dilewatkan.

Indonesia merupakan negara tropis yang lokasinya tepat berada di garis Katulistiwa. Tak heran, jika Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah dan juga penorama yang begitu megah. Menurut info dari laman resmi Kemendagri, Jumat (19/3/2021), Indonesia disebut memiliki 17.162 pulau.

Jumlah tersebut merupakan data yang disahkan pada April 2020 silam. Dengan belasan ribu pulau yang masing-masing memiliki karakteristik keindahan yang begitu unik. Jadi udah bisa ngebayangin gak tuh, belasan ribu pulau di Indonesia dengan beragam pemandangan alam Indonesia dengan gugusan pulaunya yang memesona?

Nah ini dia deretan wisata alam Indonesia paling memukau yang sudah dihimpun Diadona dari berbagai sumber :

1 dari 2 halaman

Potensi wisata alam Indonesia

Seperti yang selama ini kamu ketahui, potensi wisata alam Indonesia jadi salah satu jujugan wisata alam terbaik dunia yang telah lama digandrungi loh. Dari Sabang hingga Merauke, Wisata Alam Indonesia memiliki potensi luar biasa dan telah memukau dunia internasional.

1. Danau Toba

Wisata Alam Indonesia - Danau Toba © Diadona

Potensi Wisata Alam Indonesia pertama adalah Danau Toba. Danau seluas 1.145 km persegi dengan kedalaman 450 meter ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Bahkan penampakannya sendiri hampir mirip lautan yang berada di kawasan pegunungan loh.

Danau Toba ini lokasinya ada di ketinggian 900 meter dpl. Tak heran jika udara di sekitar danau tersebut terbilang sangat sejuk. Menariknya lagi, tepat di tengah Danau Toba ini, terdapat sebuah pulau. Namanya ada Pulau Samosir yang luasnya hampir seukuran negara Singapura loh.

2. Ngarai Sianok

Wisata Alam Indonesia - Ngarai Sianok © Diadona

Kemudian, Wisata Alam Indonesia terbaik berikutnya ada Ngarai Sianok yang merupakan pemandangan aliran sungai yang dikelilingi alam hijau yang memukau. Ngarai Sianok ini melewati dua tebing berdinding curam yang saling berhadapan.

Lokasi Ngarai Sianok ini berada di dataran tinggi Minangkabu, yang berbatasan langsung dengan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Saat kamu bertandang ke sana, kamu akan mendapati pemandangan alam maha indah bak lukisan di dunia nyata.

3. Pulau Belitung

Wisata Alam Indonesia - Pulau Belitung © Diadona

Lalu ada Pulau Belitung yang merupakan Wisata Alam Indonesia terbaik selanjutnya. Pulau Belitung secara administratif merupakan bagian dari Kepulauan bangka Belitung. Keindahan Pulau Belitung sendiri jadi pemandangan alam indah fenomenal sejak dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi.

4. Kepulauan Karimun Jawa

Wisata Alam Indonesia - Kepulauan Karimun Jawa © Diadona

Juga ada Kepualauan Karimun Jawa yang merupakan kepulauan kecil di kawasan konservasi laut di utara Jawa Tengah. Kepulauan Karimun Jawa ini disebut memiliki pemandangan indah memukau yang gak kalah dengan pemandangan laut di Bali loh.

5. Raja Ampat

Wisata Alam Indonesia - Raja Ampat Papua © Diadona

Kepulauan Raja Ampat, digadang-gadang sebagai lokasi surga terakhir di dunia yang wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Kepulauan Raja Ampat juga pernah ditetapkan sebagai satu dari 10 tempat menyelam dan snorkling terbaik di dunia loh.

2 dari 2 halaman

Tempat Wisata Alam di Indonesia

Wisata Alam Indonesia - Pulau Seram © Diadona

Lebih lanjut, Diadona juga menghadirkan deretan tempat wisata alam di Indonesia yang juga layak banget untuk dijadikan sebagai opsi pada momen liburanmu kali ini. Nah, ini dia deretan tempat wisata alam di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

6. Pulau Seram (Pulau di Provinsi Maluku dengan pemandangan laut yang memukau)
7. Pantai Base-G (Pantai sepanjang 3 km di Papua dengan pasir berwarna keemasan yang memesona)
8. Kepulauan Banda (Pulau-pulau Vulkanis di Laut Banda)
9. Kepulauan Kei (Kumpulan pulau di Provinsi Maluku dengan pantai dan goa yang menakjubkan)
10. Pulau Morotai (Salah satu bekas benteng pertahanan Jepang di kawasan Pasifik selama PD II)
11. Taman Nasional Wakatobi (Kawasan konservasi terumbu karang terluas di dunia setelah Great Barrier Reef)
12. Taman Laut Bunaken (Taman laut dengan pemandangan terindah pertama di Indonesia)
13. Tana Toraja (Wisata tradisi dan budaya masyarakat Toraja dengan berbagai ritual kunonya)
14. Malino (Desa kecil di atas awan yang dikelilingi oleh perkebunan teh yang memukau)
15. Pulau Maratua (Pulau yang memiliki dua danau, dan dikelilingi oleh lautan indah nan memukau.

Demikian deretan Wisata Alam Indonesia yang terdiri dari Potensi Wisata Alam Indonesia dan juga Tempat Wisata Alam di Indonesia yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya, enjoy your trip Diazens!

Beri Komentar