20 Wisata Budaya Indonesia Terpopuler dengan Daya Tarik Memukau

Travel | Selasa, 7 September 2021 10:59

Reporter : Nasa

Ini dia deretan rekomendasi Wisata Budaya Indonesia yang wajib kamu kunjungi..

Wisata Budaya Indonesia sudah dikenal oleh para turis mancanegara berkat keberagaman dan juga daya tariknya yang memesona. Sebagai negara yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, tak terhitung adat tradisi yang dimilikinya.

Makanya gak heran dong ya, kalau Wisata Budaya Indonesia selalu jadi salah satu andalan untuk menarik kunjungan para turis mancanegara. Dari Sabang sampai Merauke, sebenarnya tak terhitung saking banyaknya ya. Namun ada beberapa wisata budaya juga yang jadi ikon populer Indonesia.

Beberapa yang cukup populer, mulai dari wisata budaya di Pulau Dewata Bali, wisata budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sampai dengan wisata budaya di Toraja Sulawesi Selatan. Tentunya selain itu, masih banyak banget deretan wisata budaya di Indonesia.

Nah ini dia deretan rekomendasi wisata budaya Indonesia terpopuler yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

20 Wisata Budaya Indonesia Terpopuler dengan Daya Tarik Memukau
2 dari 8 halaman

Wisata Budaya Indonesia

Keindahan alam di Indonesia memang sudah terseohor ke seluruh dunia, namun Wisata Budaya Indonesia sendiri juga tak kalah memesona dan mampu menarik turis mancanegara. Ini dia deretan rekomendasi wisata budaya Indonesia yang musti kamu kunjungi :

1. Pura Luhur Uluwatu

Wisata Budaya Indonesia - Pura Luhur UluwatuWisata Budaya Indonesia - Pura Luhur Uluwatu © 2021 ayotravelling.com

Rekomendasi pertama wisata budaya Indonesia ada Pura Luhur Uluwatu. Berjenis, Pura Sad Kayangan, pura yang satu ini dipercaya sebagai penyangga dari 9 mata angin oleh masyarakat Hindu Bali. Pantai di sekitar pure ini juga dikenal berkat deburan ombak pantainya yang pas bagi para pecinta olah raga surfing.

Lokasi : Desa Pecatu, Kec Kuta, Badung, Bali.

3 dari 8 halaman

2. Festival Lembah Baliem, Papua

Wisata Budaya Indonesia - Festival Lembah Baliem PapuaWisata Budaya Indonesia - Festival Lembah Baliem Papua © 2021 pesonaindo.com

Selanjutnya, ada Festival Lembah Baliem di Papua yang juga masuk dalam deretan rekomendasi wisata budaya Indonesia. Festival Lembah Baliem ini merupakan tradisi perang yang dipercaya sebagai simbol kemakmuran dan kesuburan. Sekitar 20 tahun belakangan, untuk menggantikan perang tersebut, pemerintah menggelar festival.

Sejak saat itu, tradisi perang antar suku di sana berubah menjadi fesvital yang penuh dengan kesenian unik yang indah.

Lokasi : Distrik Walesi, Lembah Baliem, Kota Wamena, Jayawijaya

4 dari 8 halaman

3. Toraja, Tana Toraja

Wisata Budaya Indonesia - Toraja, Tana TorajaWisata Budaya Indonesia - Toraja, Tana Toraja © 2021 mooremissadventure.com

Wisata Budaya Indonesia yang berikutnya, ada di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Toraja dihuni oleh Suku Toraja yang masih mempertahankan gaya hidup peninggalan nenek moyang mereka yakni gaya Austronesia yang dekat dengan alam. Di sana, kamu juga bisa mendapati rumah adat tradisional suku setempat yang unik dan khas.

Lokasi : Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

5 dari 8 halaman

4. Candi Prambanan, Jawa Tengah

Wisata Budaya Indonesia - Candi Prambanan, Jawa TengahWisata Budaya Indonesia - Candi Prambanan, Jawa Tengah © 2021 visitingjogja.com

Kamu juga bisa mengunjung Candi Prambanan yang juga populer dengan sebutan Candi Roro Jonggrang. Candi yang juga sering dijadikan sebagai latar beragam event seni budaya kelas dunia ini juga disebut sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia.

Lokasi : Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

6 dari 8 halaman

5. Pura Tirta Empul, Bali

Wisata Budaya Indonesia - Pura Tirta Empul, BaliWisata Budaya Indonesia - Pura Tirta Empul, Bali © 2021 balicabservice.com

Kemudian, kamu juga bisa berkunjung ke Pura Tirta Empul di Bali yang merupakan lokasi untuk melakukan ritual melukat, yang merupakan ritual pembersihan yang dilakukan pada 30 pancuran air suci. Ritual melukat ini juga jadi salah satu ritual menarik bagi para turis manca negara.

Lokasi : Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali

7 dari 8 halaman

Wisata Budaya Adalah

Wisata Budaya - Wisata Budaya AdalahWisata Budaya - Wisata Budaya Adalah © 2021 yooreka.id

Wisata budaya adalah kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting. Artinya, bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Pengertian wisata budaya tersebut dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedang secara singkatnya, wisata budaya adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi.

Kemudian juga pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik budaya dengan memanfaatkan potensi budaya dari tempat yang dikunjungi tersebut. Wisata budaya tentu juga memiliki beragam tujuan seperti dikutip dari laman Kanal Pengetahuan berikut ini :

  • Melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya
  • Memajukan kebudayaan
  • Mengangkat citra bangsa
  • Memupuk rasa cinta tanah air
  • Memperkukuh jadi diri dan kesatuang bangsa
  • Mempererat persahabatan antar bangsa
8 dari 8 halaman

Rekomendasi Wisata Budaya Indonesia

Wisata Budaya Indonesia - Rekomendasi Wisata Budaya IndonesiaWisata Budaya Indonesia - Rekomendasi Wisata Budaya Indonesia © 2021 duaistanto.com

Lebih lanjut, kamu juga bisa coba berkunjung ke deretan rekomendasi wisata budaya Indonesia berikut ini nih. Selain bisa menambah pengetahuan kamu soal tradisi dan budaya masyarakat setempat, kamu juga bisa sekaligus berwisata untuk melepas penat dari rutinitas keseharian :

6. Candi Borobudur, Jawa Tengah
7. Pura Tanah Lot, Bali
8. Istana Tirta Gangga, Bali
9. Kapal Karam USS Liberty, Bali
10. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh
11. Pura Besakih, Bali
12. Istana Maimum, Medan
13. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta
14. Keraton Yogyakarta, DIY
15. Festival Krakatau, Lampung
16. Gunung Bromo, Probolinggo
17. Pulau Komodo, NTT
18. Kota Tua, Semarang Jateng
19. Kota Tua Jakarta, DKI Jakarta
20. Sianjur Mula-Mula, Sumatera Utara

Itu dia deretan rekomendasi Wisata Budaya yang terdiri dari Wisata Budaya Indonesia, Wisata Budaya Adalah, hingga Rekomendasi Wisata Budaya di Indonesia yang sudah Diadona hadirkan. Nah, kalau sempat, jangan lupa berkunjung ke deretan wisata tersebut ya.

Join Diadona.id