5 Fakta di Balik Monumen Bersejarah Tembok Besar China

Travel | Selasa, 14 September 2021 15:00

Reporter : Sheila Fathin

Tembok Besar China merupakan monumen bersejerah ~

Tembok Besar China merupakan bangunan yang masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia, menjadi salah satu monumen bersejarah yang paling ikonik dan diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Tembok ini dirancang untuk melindungi wilayah Tiongkok dari suku nomaden.

Dengan sejarah yang begitu panjang, ada begitu banyak hal yang bisa dipelajari tentang Tembok Besar China. Monumen ini dibangun dari rammed earth sederhana yang akhirnya dibuat di batu bata yang diletakkan oleh jutaan pekerja. Faktanya, diperkirakan bahwa 70% dari populasi Cina terlibat dalam pembangunan bagian awal Tembok Besar yang dibuat selama dinasti Qin.

Diazens, tertarik lebih lanjut tentang Tembok Besar China? Baca terus artikel ini dan kamu akan menemukan fakta lebih lanjut!

Tembok Besar China © Diadona

5 Fakta di Balik Monumen Bersejarah Tembok Besar China
2 dari 6 halaman

Struktur Bangunan Terpanjang yang Dibuat Manusia

Tembok Besar China ini dibuat oleh manusia dengan panjang 21.196 kilometer. Jelas ini merupakan bangunan terpanjang yang dibuat oleh manusia. Belum ada monumen terpanjang yang bisa mengalahkan Tembok Besar China.

3 dari 6 halaman

Para Narapidana Dibuat Bekerja

Membangun tembok sebesar dan sepanjang ini tentunya membutuhkan lebih dari 1.000.000 orang. Orang-orang yang turut andil dalam pembangunan ini tidak hanya warga sipil saja. Namun ada para tentara, tawanan perang hingga narapidana yang turut membangun monumen bersejarah ini. 

Narapidana tindak korupsi, pada dinasti Qin dan Han dipaksa bekerja sebagai buruh. Para prajurit akan mencukur kepala narapidana dan memaksa mereka untuk memakai cincin besi. Tanggung jawab mereka termasuk berjaga-jaga di siang hari dan membangun di malam hari.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Beras Ketan untuk Membangun Tembok

Glutinous rice atau bisa dibilang adalah beras ketan, merupakan bahan yang digunakan untuk menciptakan benteng yang lebih stabil. Para pembangun menambahkan nasi ke resep mortar dengan harapan membuatnya lebih kuat. Amilopektin dalam beras adalah salah satu alasan Tembok Besar China bertahan selama bertahun-tahun.

5 dari 6 halaman

Tembok Besar China Menjadi Kisah Legenda

Kita semua tahu kalau Tembok Besar China ini dibangun oleh banyak orang dan banyak orang pun yang harus meninggal karena harus membangun tembok terpanjang di dunia ini. Banyak juga kisah-kisah yang terinspirasi dari sejarah di balik pembangunan Tembok Besar China. Seperti misalnya Tembok Besar China menjadi budaya dalam sebuah cerita yang berjudul ‘Meng Jiangnu’s Bitter Weeping’.

‘Meng Jiangnu’s Bitter Weeping’ mengisahkan tentang suami Jiangnu yang sekarat saat membangun tembok. Dia adalah salah satu dari sekitar 400.000 orang yang meninggal saat proses pembangunan tembok. Air matanya begitu pahit sehingga saat dia menangisi suaminya, sebagian dinding runtuh dan dia bisa mengambil tulang suaminya untuk memberinya penguburan yang layak.

6 dari 6 halaman

Masuk ke Dalam 7 Keajaiban Dunia

Pada tahun 2007, Tembok Besar China terpilih sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Ini menempatkannya di perusahaan terhormat dari monumen ikonik lainnya seperti Machu Picchu, Taj Mahal, dan Colosseum. Daftar tersebut, yang dimulai oleh Yayasan 7 Keajaiban Baru, adalah konsep ulang dari Tujuh Keajaiban Dunia yang asli, daftar sorotan yang harus dilihat yang dibuat oleh orang Yunani kuno.

Nah, kira-kira itu adalah fakta di balik Tembok Besar China yang sangat iconic di China hingga banyak orang yang ingin mengunjunginya.

Join Diadona.id