5 Fakta Menarik di Balik Agung dan Megahnya Taj Mahal

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 18 September 2021 09:40
5 Fakta Menarik di Balik Agung dan Megahnya Taj Mahal
Kita semua tahu kalau Taj Mahal merupakan bangunan termegah dan terindah di dunia

Taj Mahal merupakan monumen paling bersejarah di India. Taj Mahal dikenal dunia sebagai salah satu 7 keajaiban dunia yang perlu dilestarikan dan dipahami sejarahnya. Di kompleks Taj Mahal ini terdiri dari kolam refleksi dan taman yang rimbun. 

Banyak orang yang tahu jika Taj Mahal dibangun dari kisah cinta seorang Raja terhadap Istrinya. Taj Mahal dibangun mulai 1632 hingga 1653 oleh Kaisar Mughal Kelima Shah Jahan. Taj Mahal sendiri merupakan makam yang diperuntukkan untuk istri ketiganya, Mumtaz Mahal.

Taj Mahal sendiri memiliki dekorasi yang rumit dan desain yang harmonis. Desain Taj Mahal tak hanya menjadi sorotan para arsitektur dunia, namun juga bisa digunakan oleh para arsitektur secara umum. Nah, mari kita lihat beberapa fakta menarik mengenai bangunan terkenal di dunia ini. Simak artikel ini baik-baik, ya!

1 dari 5 halaman

Bangunan yang Dibangun Penuh Cinta

Taj Mahal © Diadona

Kaisar Mughal Shah Jahan membangun Taj Mahal untuk menampung makam istri tercintanya Mumtaz Mahal. Dia merupakan istri ketiganya walau sebelumnya mereka telah bertunangan ketika Kaisar Mughal Shah berusia 15 tahun dan Mumtaz Mahal berusia 14 tahun. Pada usia seperti itu mereka harus menunggu lima tahun menikah. Sementara itu, Shah Jahan menikahi wanita lain. Dia juga akan mengambil istri ketiga setelah pernikahan mereka. Namun, ini terutama karena alasan politik dan Mumtaz Mahal akan tetap menjadi permaisuri utamanya setelah mereka menikah.

2 dari 5 halaman

Butuh Ribuan Orang

Butuh ribuan orang untuk membangun Taj Mahal karena harus sesuai dengan kehadiran Mumtaz Mahal yang setiap detail bangunan perlu dieksekusi dengan cermat. Sekitar 22.000 pekerja dipekerjakan untuk membangun Taj Mahal di setiap aspek. Hal ini juga termasuk menggali dan meratakan tiga hektar tanah yang dibangunnya serta membangun perancah batu bata yang rumit.

3 dari 5 halaman

Bangunan yang Mahal

Taj Mahal © Diadona

Mengingat tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat Taj Mahal menjadi hidup, tidak diragukan lagi bangunan ini sangat mahal. Bahan-bahan mewah didatangkan dari seluruh Asia dan India. Ini termasuk sejumlah besar marmer putih yang didatangkan dari Makrana, serta 28 jenis batu mulia dan semi mulia yang diletakkan di dalam marmer. Giok dari China, pirus dari Tibet, safir dari Sri Lanka, dan lapis lazuli dari Afganistan hanyalah beberapa dari batu yang dimasukkan ke dalam Taj Mahal. Awalnya, penutup akhir kubah makam terbuat dari emas, namun sudah diganti dengan perunggu.

4 dari 5 halaman

Sudut yang Simetri adalah Kunci

Taj Mahal © Diadona

Taj Mahal merupakan bangunan yang paling simetris di dunia. Arsitektur yang dibuat diatur dalam simetri bilateral yang membentang di sepanjang poros tengah. 

Taj Mahal menggunakan konsep arsitektur di bawah pemerintahan Shah Jahan berkat denahnya yang seimbang dan simetris. Mausoleum, dengan marmer putihnya, adalah fitur utama kompleks ini dan diapit oleh dua struktur batu pasir merah—masjid dan wisma.

5 dari 5 halaman

Hukum Khusus untuk Melindungi Taj Mahal

Mengingat pentingnya Taj Mahal, tidak mengherankan jika pemerintah India sangat melindungi monumen bersejarah ini. Sepanjang sejarah, telah diambil langkah-langkah khusus untuk memastikan keamanannya dari ancaman buatan manusia dan alam.

Untuk membantu menjaga terhadap pencemaran lingkungan, yang mengubah Taj Mahal dari putih menjadi kuning-coklat, area seluas 4.000 mil persegi yang dikenal sebagai Zona Trapesium Taj (TTZ) didirikan. Area tersebut memiliki standar emisi yang ketat dan keputusan Mahkamah Agung India tahun 1996 melarang penggunaan batubara di industri yang berlokasi di dalam TTZ. Perusahaan-perusahaan ini diminta untuk beralih ke gas alam atau pindah dari kawasan lindung.

Berikut itu adalah fakta dari Taj Mahal yang bisa kalian ketahui. Bangunan bersejarah ini memiliki makna dan cerita di dalamnya. Tentunya bangunan ini juga bisa menginspirasi banyak orang tentang ketulusan cinta seorang suami kepada istrinya.

Beri Komentar